Di jaman serba canggih seperti sekarang, prospek dunia kerja sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi. Bekerja di bidang teknologi menjanjikan peluang karir yang sangat bagus di masa yang akan datang. Tak heran, jika jurusan Information Technology menjadi salah satu jurusan yang cukup sering diminati dalam beberapa tahun terakhir.

Information Technology sendiri adalah ilmu yang mempelajari pengolahan data dengan menggunakan teknologi yang berkaitan dengan komputer. Para mahasiswa di jurusan ini akan mempelajari, menganalisis dan menerapkan pengolahan data dengan prinsip matematika dan logika yang sangat kuat.

Mengenal Jurusan Information Technology

Information technology dikenal sebagai jurusan yang mampu menghasilkan para lulusan yang mampu bekerja secara efektif dalam merencanakan, mengimplementasikan, mengkonfigurasi dan merawat infrastruktur teknologi informasi dalam organisasi.

Para siswa di jurusan ini akan banyak mempelajari perencanaan, implementasi, konfigurasi, hingga maintance peralatan yang berkaitan dengan teknologi serta pengembangan software.

Apa Saja yang Dipelajari?

Information Technology mempelajari berbagai komponen penyusun hardware, software serta brainware. Para lulusan dari jurusan ini nantinya akan mendapatkan gelar S.TI di belakang namanya ketika lulus kuliah.

Namun, perlu dicatat bahwa mahasiswa jurusan ini tidak hanya belajar mata kuliah yang berkaitan dengan matematika, namun juga hal-hal lain terkait manajemen dan bisnis dunia IT. Mata kuliah berupa administrasi, manajemen bahkan bisnis tetap akan kamu dapatkan di jurusan ini.

Mengapa Information Technology?

Jika kamu mengira para lulusan Information Technology hanya bisa bekerja di sebuah perusahaan, maka kamu salah. Mereka yang lulus dari jurusan ini sangat mampu untuk membuat bisnis sendiri.

Meski begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa lulusan Information Technology sangat dicari oleh banyak perusahaan besar. Hal ini guna mendorong perkembangan perusahaan terutama dalam bidang digital.

Di luar itu, era digital seperti sekarang membutuhkan sistem informasi dan teknologi informasi yang merupakan unsur penting dalam kehidupan. Keduanya tidak bisa dipisahkan dari segala aspek kehidupan termasuk sosial, ekonomi dan politik.

Karena alasan tersebut, ilmu ini akan sangat bermanfaat di masa mendatang, bahkan di masa sekarang.

Perkuliahan

Komposisi mata kuliah yang diterima di jurusan Information Technology umumnya dirancang untuk dapat memberikan bekal keahlian yang menyeluruh bagi mahasiswa sehingga mereka memiliki kompetensi dasar untuk semua bidang teknologi.

Secara umum, mata kuliah yang akan didapatkan dari bidang ilmu ini mencakup Matematika, Sistem Digital & Mikroprosesor, Pemodelan Basis Data, Algoritma dan Struktur Data, Jaringan Komputer, Sistem & Arsitektur Komputer, Sistem Multimedia, Pemrograman Integratif, Rekayasa Perangkat Lunak dan masih banyak lainnya.

Prospek Kerja dan Karir

Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa Information Technology sangat dibutuhkan di berbagai bidang bisnis, maka ada banyak peluang kerja menjanjikan untuk kamu yang lulus dari jurusan ini.

  • Web Developer
  • Web Designer
  • Mobile Application Developer
  • System Analyst
  • Software Tester
  • Network Administrator
  • IT Consultant

Kesimpulan

Era digital membuat ilmu komputer semakin berkembang dan menjadi daya tarik yang cukup kuat untuk banyak pelajar. Information Technology sendiri adalah ilmu yang mempelajari pengolahan data dengan menggunakan teknologi yang berkaitan dengan komputer.

Untuk kamu yang memiliki karakter kuat dalam berhitung, observasi, teliti, dan memiliki jiwa analisa yang kuat, maka jurusan ini menjadi jurusan yang sangat tepat.

Karena era komputer akan semakin berkembang, prospek kerja di jurusan ini tidak akan pernah surut. Kamu bisa mencoba peluang kerja di berbagai bidang komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *