Berkuliah di luar negeri dengan beasiswa akan menjadi kebanggan tersendiri untuk para pelajar. Berbagai universitas terkemuka di seluruh dunia dan instansi pemerintahan berlomba membuka beasiswa untuk para pelajar internasional. Dengan begitu, kamu memiliki kesempatan besar untuk kuliah di luar negeri dengan beasiswa.

Berbagai jenis pembiayaan juga tersedia untuk para pelajar yang berhasil menerima beasiswa. Namun, mengingat banyak pelamar yang mendaftarkan diri pada beasiswa di luar negeri, maka kamu perlu mempersiapkan diri semaksimal mungkin agar bisa mendapatkan beasiswa yang kamu inginkan. Berikut cara terbaik untuk mendapatkan beasiswa tujuan.

Lakukan Riset

Semakin sering kamu melakukan riset, maka semakin banyak kamu mendapatkan informasi beasiswa dari seluruh dunia.

Kamu juga bisa mengajukan beasiswa di beberapa penyedia, agar peluang mendapatkannya semakin besar. Nah, berikut ini adalah beberapa beasiswa luar negeri yang tersedia untuk siswa asal Indonesia.

  • Eiffel Scholarship in France for International Students
  • Chalmers IPOET Scholarships for International Students
  • Radboud Scholarship Programme for International Students
  • Warwick Chancellor’s International Scholarships

Hubungi Pemberi Beasiswa

Jika kamu sudah menemukan beasiswa yang akan dituju, maka kamu bisa langsung menghubungi pemberi beasiswa tersebut. Tanyakan semua rindican penting dari beasiswa yang akan kamu ajukan.

Dengan menghubungi pemberi beasiswa, maka kamu akan mendapatkan semua informasi yang tepat dan penting. Kamu juga akan memberi kesan yang berani dan tidak takut untuk mengambil inisiatif sendiri untuk mengejar beasiswa tujuan.

Artikel Terkait:

Info Beasiswa Kuliah di Dalam dan Luar Negeri

Lengkapi Persyaratan

Setelah mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan, kamu bisa langsung mempersiapkan berbagai persyaratannya. Kamu bisa memulainya dengan mempersiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan, sehingga proses pendaftaran dapat berjalan lancar.

Umumnya, dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti CV, surat referensi dan motivation letter adalah dokumen-dokumen yang wajib disertakan.

Kamu perlu meyakinkan pihak pemberi beasiswa dengan motivation letter yang menarik dan berisi alasan yang kuat. Sertifikasi bahasa Inggris, seperti TOEFL juga menjadi dokumen wajib yang harus kamu sertakan. Jadi, tingkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu, ya.

Ajukan Lamaran

Kamu bisa mengirimkan lamaran beasiswa untuk kuliah di luar negeri selengkap mungkin. Jangan lupa, untuk mengirimkannya di tanggal yang tepat dan jauh hari sebelum tenggat waktu yang ditentukan.

Cek semua kelengkapan dokumen agar tidak ada masalah dalam proses pendaftaran. Pastikan kamu mengirimkan aplikasi lamaran dan berbagai dokumen yang dibutuhkan lainnya.

Persiapkan Diri

Ada beberapa pemberi beasiswa yang mengadakan tes kepada para kandidatnya. Untuk hal ini, kamu perlu memiliki persiapan yang matang untuk menghadapi berbagai tes tersebut.

Kamu juga bisa mempersiapkan diri untuk melakukan wawancara yang akan diadakan. Sebelum wawancara di lakukan, kamu bisa melakukan latihan beberapa kali, termasuk dalam melatih kemampuan bahasa Inggris. Dengan begitu, kamu akan lebih tenang saat menghadapi sesi wawancara nantinya.

Dengan beberapa cara di atas, kamu memiliki kesempatan yang lebih besar untuk kuliah di luar negeri dengan beasiswa. Bahkan, kamu bisa masuk ke universitas tujuan dengan beasiswa tersebut. Pastikan sebelum mendaftarkan diri, kamu telah mempersiapkan semuanya dengan lengkap, agar memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *