Seperti apa peluang kerja administrasi bisnis dan karir apa saja yang bisa kamu kejar setelah lulus nanti? Ilmu administrasi bisnis merupakan cabang ilmu yang mempelajari kegiatan operasional dalam perusahaan atau bisnis.

Beberapa kegiatan yang akan kamu pelajari berhubungan dengan pengelolaan keuangan, marketing, pemasaran, produksi, hingga pengelolaan personalia.

Tidak hanya tentang operasi bisnis, tetapi administrasi bisnis juga mengajarkan tentang bagaimana membuat produk baru. Setelah lulus nanti, ada beberapa peluang kerja yang akan dimiliki.

Staf Administrasi

Lulus administrasi bisnis dapat membuatmu bekerja bagian staf administrasi perusahaan. Posisi tersebut sangat bervariasi, seperti bagian gudang, perpajakan, administrasi umum, dan lainnya.

Kamu harus merekapitulasi data, termasuk surat bukti transaksi, domisili, dan aset perusahaan dalam bentuk surat. Kamu juga punya tanggung jawab untuk membuat berbagai surat resmi sesuai kebutuhan perusahaan. Contohnya, surat pembelian, surat domisili, dan lainnya.

Kamu juga diharuskan untuk menjadwal kegiatan perusahaan secara universal, seperti meeting dengan investor, atau lainnya.

Manajemen Perusahaan

Kompetensi bidang manajemen juga menjadi salah satu hal penting bagi lulusan administrasi bisnis. Sehingga, harus paham tentang administrasi, proses memimpin, dan mengarahkan perusahaan.

Dalam posisi ini kamu memiliki beberapa tugas, yaitu mengambil keputusan, memberi motivasi, ahli berkomunikasi, delegasi, dan mengembangkan sumber daya dengan training, saran, dan penilaian.

Sebagai manajer, kamu juga harus membuat perencanaan dan berhati-hati dengan berbagai kegiatan perusahaan dan mengawasi implementasinya.

Staf Bagian Sumber Daya Alam

Dikenal juga dengan istilah Human Resource Development (HRD), kamu punya tanggungjawab mengatur sumber daya, dari persiapan hingga perekrutan dan kontrak kerja pegawai.

HRD juga bekerja untuk memetakan serta menyaring SDM perusahaan. Kalau kamu lulusan Administrasi Bisnis dan tertarik bekerja sebagai seorang HRD, maka kamu harus punya skill komunikasi, teamwork, dan mengembangkan orang lain.

Staf Pemasaran

Jurusan Administrasi Bisnis juga memberikan mata kuliah seperti marketing, strategi pemasaran, dan kebijakan. Itulah mengapa, lulusan di bidang ini memiliki peluang besar menjadi staf pemasaran dalam perusahaan tertentu.

Divisi pemasaran perusahaan berperan meningkatkan penjualan produk barang atau jasa. Mereka bekerja membuat strategi promosi, melakukan tugas-tugas dalam administrasi dan membantu manajer agar dapat memenuhi divisi pemasaran.

Untuk para lulusan yang bekerja pada bidang divisi pemasaran juga dapat menjadi seorang manajer.

Fungsi manajer pemasaran adalah untuk mengatur wawancara, merekrut, serta mengatur seluruh staf pemasaran. Kamu juga dituntut untuk membuat berbagai proyek atau program guna mencapai kepentingan pemasaran perusahaan.

Itu artinya, kamu harus berpikir kreatif, apalagi dengan adanya internet marketing dan persaingan yang semakin ketat.

Entrepreneur

Apakah peluang kerja administrasi bisnis selalu berhubungan dengan pekerjaan di kantor? Bagaimana jika kamu ingin membangun usaha?

Ada banyak ilmu yang kamu pelajari selama kuliah, seperti komunikasi, ketenagakerjaan, pemasaran, sumber daya manusia, dan akuntansi yang bisa kamu terapkan dalam mengatur bisnis sendiri.

Konsultan Bisnis

Ada berbagai ilmu bidang bisnis yang dapat kamu pelajari, dan tentunya menjadi konsultan bisnis menjadi prospek kerja yang bagus.

Konsultan berperan memberi nasihat untuk segala macam bisnis dalam perusahaan orang lain. Namun, kamu tidak boleh menerapkan kebijakan atau implementasi apapun, hanya sebatas memberikan nasihat.

Sebagai konsultan internal, berarti kamu bekerja dalam perusahaan, sedangkan konsultan eksternal adalah kamu bekerja di luar perusahaan tersebut.

Dosen

Jika kamu masih ingin terus belajar setelah lulus jurusan administrasi bisnis, maka kamu bisa menjadi seorang dosen. Profesi ini menuntut para lulusan untuk memiliki pengetahuan dan keahlian mumpuni.

Sehingga, syarat untuk menjadi seorang dosen adalah sudah berpendidikan minimal S2 atau juga S3.

Itulah informasi tentang peluang kerja administrasi bisnis. Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang mencari prospek kerja lebih dari sekedar mengatur dokumen-dokumen perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *