Salah satu pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah adalah prospek kerjanya di masa depan. Meski semua jurusan terbilang dibutuhkan, tapi ada beberapa jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja.

Ada banyak jurusan yang bisa kamu pilih, tapi jurusan apa saja yang paling dibutuhkan didunia kerja? Bahkan, beberapa jurusan memiliki peminat yang cukup banyak karena dianggap memiliki peluang kerja yang cukup tinggi. Nah, apa saja jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja?

Teknologi Informasi

Jurusan ini termasuk yang paling diminati dalam beberapa tahun belakangan. Teknologi Informasi adalah bidang yang menjadi kunci perkembangan teknologi dan memberikan dampak pada aspek penting lainnya di dalam sebuah perusahaan.

Ketika memutuskan untuk masuk ke jurusan ini, kamu perlu banyak belajar dan mengembangkan pengetahuan di bidang yang lebih spesifik. Jika memungkinkan, kamu bisa memilih bidang studi yang lebih spesifik, seperti cyber security.

Pemasaran atau Marketing

Banyak orang yang menganggap ilmu marketing cukup mudah dan tidak perlu dipelajari secara mendalam. Padahal, marketing atau pemasaran ini mencakup berbagai aspek dan strategi yang perlu dipelajari.

Pemasaran juga menjadi jurusan yang paling dibutuhkan di industri kerja. Hampir semua perusahaan dalam bidang apapun membutuhkan tim pemasaran yang mampu menjalankan strategi marketing dengan tepat.

Strategi marketing yang berjalan sukses akan berpengaruh terhadap penjualan produk atau pemakaian jasa oleh konsumen. Lebih jauh dari sekadar memasarakan, jurusan ini akan mempelajari strategi marketing yang lebih mendalam.

Ilmu Komunikasi

Jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja selanjutnya adalah Ilmu Komunikasi. Kamu akan belajar berbagai aspek penting dalam komunikasi, seperti misalnya public speaking hingga penyiaran.

Ilmu Komunikasi belajar mengenai berbagai hal di luar komunikasi itu sendiri. Meski kebanyakan para lulusannya bekerja di bidang public speaking dalam perusahaan, namun tak jarang juga yang bekerja di bidang kreatif.

Artikel terkait, baca juga:

Data Science

Jurusan Data Science merupakan gabungan dari berbagai disiplin ilmu, seperti misalnya statistika, matematika, ilmu komputer dan teknologi informasi. Bidang industri dan ekonomi adalah bidang yang sangat bergantung pada teknologi dan data adalah satu hal yang berharga.

Seorang data scientist akan mengumpulkan dan mengolah data dengan metodologi tertentu agar bisa dianalisa oleh perangkat lunak komputer. Dengan begitu, perusahaan akan mendapatkan gambaran mengenai kondisi bisnis maupun peluang yang ada.

Nah, hanya sedikit orang yang tertarik dengan profesi ini meski kebutuhan di perusahaan semakin meningkat. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan peluang kerja yang lebih besar.

Ilmu Bisnis

Ilmu Bisnis adalah jurusan yang paling dibutuhkan dan bisa menjadi pelaku utama didunia kerja. Hampir semua perusahaan membutuhkan para lulusan di bidang ini untuk bisa mengambil peluang bisnis yang tepat.

Bahkan, jika lulus dengan baik dari jurusan ini, kamu bisa membuka peluang kerja bagi banyak orang. Cukup menarik, bukan?

Lima jurusan yang disebutkan di atas hanya beberapa dari banyaknya jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja. Apa pun jurusan yang kamu pilih, kamu perlu maksimal memperdalam ilmu di bidang tersebut agar mampu lulus sesuai waktunya.

Sebelum memilih jurusan, akan sangat disarankan untuk mencari tahu prospek kerja jurusan tersebut. Sebab, ada beberapa jurusan yang memiliki peluang kerja sangat baik, begitu pun sebaliknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *