Jika ingin memperoleh beasiswa di IAIN jember, ada berbagai macam jenis beasiswa tersedia baik dari lembaga kampus itu sendiri atau di luar institusi termasuk dari Bank Indonesia dan Pemkab Jember.

Beasiswa di IAIN Jember adalah program bantuan bagi para mahasiswa baru yang memilih lembaga pendidikan tersebut untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Institut Agama Islam Negeri Jember memiliki banyak pilihan jurusan, yang tersebar pada beberapa fakultas berikut:

  • Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Syariah
  • Dakwah
  • Ekonomi Dan Bisnis Islam
  • Ushuluddin, Adab Dan Humaniora

Ketika memilih IAIN Jember, tersedia dua jalur seleksi pendaftaran. Jalur pertama yaitu melalui UM-PTKIN

Tahap yang harus kamu lakukan yaitu mengisi biodata secara online, membayar administrasi, mengurus ID pendaftar serta PIN, memilih jurusan, mencetak kartu peserta seleksi, serta mengikuti ujian CBT, lalu menunggu hasil pengumuman.

Waktu pelaksanaan biasanya jatuh pada bulan April sampai Mei dengan biaya pendaftaran mencapai Rp 200.000

Seleksi masuk berikutnya yaitu melalui jalur mandiri. IAIN Jember membuka gelombang 1 dan gelombang 2 untuk jalur mandiri dengan tahapan yang sama.

Calon mahasiswa baru harus mengisi biodata secara online dan membayar biaya administrasi sampai mengurus pencetakan kartu peserta. Tahap tambahan yaitu mengikuti tes BTQ dan wawancara sebelum akhirnya mengikuti tahap ujian CBT dan menunggu hasil pengumuman.

Jika kamu ingin mencari beasiswa di IAIN Jember berikut adalah beberapa jenis program bantuan kuliah yang tersedia:

1. Beasiswa prestasi

Beasiswa tersebut diberikan pada mahasiswa yang berprestasi terutama pada bidang akademik institut Agama Islam Negeri Jember. Besaran beasiswa yang diterima yaitu mencapai Rp 2.000.000 dengan waktu pendaftaran bulan Juli.

2. Beasiswa Yayasan Baitul Maal BRI

Beasiswa di IAIN Jember berikutnya yaitu dari lembaga perbankan, BRI.

Bantuan kuliah tersebut adalah dana zakat dari para pekerja BRI yang kemudian  gunakan untuk program pendidikan, ekonomi, sosial dan dakwah, serta kesehatan. IAIN Jember menawarkan beasiswa tersebut pada bulan Juli sebagai waktu pendaftaran dan penerima beasiswa berhak memperoleh sebesar Rp 500.000.

3. Beasiswa Tahfidz 30 Juz

Jika kamu ingin memperoleh keuntungan bebas biaya perkuliahan ketika mendaftar di IAIN Jember, maka kamu dapat mengincar beasiswa Tahfidz 30 juz.

Beasiswa tersebut tersedia bagi para mahasiswa baru yang hafal sebanyak 30 juz Alquran sebagai bentuk apresiasi IAIN Jember. Program beasiswa ini biasanya tersedia pada bulan April sampai Juli.

4. Beasiswa Tahfidz 15 Juz

Institut Islam Negeri Jember tidak hanya memberikan beasiswa bebas biaya perkuliahan bagi para mahasiswa baru yang menghafal 30 juz Alquran, tapi juga memberikan beasiswa bagi para mahasiswa baru yang masih menghafal 15 Juz Alquran. Beasiswa tersebut dibuka Pada bulan April sampai Juli dengan keuntungan pemberian UKT terendah sebesar Rp 400.000 setiap semester.

5. Beasiswa Cendekia Baznas

Baznas merupakan salah satu organisasi yang turut berkontribusi dalam mendukung pendidikan dengan cara memberikan beasiswa pada mahasiswa berprestasi, sudah memiliki usaha, serta aktif di kampus.

Pendaftaran dibuka Pada bulan April sampai Mei dengan beberapa keuntungan menarik.

Mahasiswa IAIN Jember yang memperoleh beasiswa Cendekia baznas maka akan memperoleh bantuan uang SPP sebesar Rp 4.000.000 per semester. Selain itu kamu juga berhak memperoleh uang saku hingga Rp 400.000 ditambah uang pembinaan bersama dengan mentor atau lembaga beasiswa Baznas.

Itulah informasi tentang apa saja beasiswa di IAIN Jember yang dapat kamu manfaatkan sebagai mahasiswa baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *