Punya rencana kuliah di Universitas Negeri Makassar? Manfaatkan peluang beasiswa kuliah di UNM dengan beberapa pilihan yang sesuai dengan kebutuhan pembiayaan kuliah.

Dengan misi untuk memajukan pendidikan di Indonesia, Universitas Negeri Makassar menyediakan 3 jenis beasiswa bagi para mahasiswa baru antara lain: Bidikmisi, beasiswa PPA dan BBM, data beasiswa pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

1. Beasiswa Bidikmisi di UNM

Tujuan beasiswa ini adalah untuk menyediakan program beasiswa Bidikmisi bagi para mahasiswa baru yang merupakan bantuan dari pemerintah melalui Direktorat pendidikan tinggi.

Beasiswa tersebut akan membantu seluruh mahasiswa kurang mampu yang memenuhi persyaratan dan ketentuan sehingga dapat meringankan biaya pendidikan.

Jika kamu mengajukan beasiswa tersebut dan berhasil menjadi salah satu penerimanya, maka berhak memperoleh pembebasan biaya penyelenggaraan pendidikan yang harus kamu bayar pada awal pendaftaran (BPPM) serta biaya perkuliahan 8 semester untuk calon mahasiswa program studi S1 dan diploma.

Jika kamu mengambil Diploma 3 dan merupakan penerima beasiswa, maka akan memperoleh pembebasan biaya kuliah sampai 6 semester.

Program beasiswa dari Ditjen Dikti ini memang sudah ada sejak 2010 dan terbukti ratusan ribu beasiswa telah diberikan pada seluruh mahasiswa perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta.

Ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan jika ingin memperoleh beasiswa Bidikmisi Saat kuliah di Universitas Negeri Makassar. Kriteria utama yaitu memiliki kondisi ekonomi terbatas namun berprestasi.

Dengan mendapatkan beasiswa maka akan memperoleh bantuan biaya penyelenggaraan perguruan tinggi hingga 40% dari beasiswa Bidikmisi yaitu sebesar Rp 400.000 setiap bulan. Kamu juga akan memperoleh biaya hidup sebesar Rp 600.000 setiap bulan. Beasiswa di UNM tersebut tersedia untuk 300 mahasiswa.

Syarat beasiswa di UNM, Bidikmisi:

  • Mencetak kartu peserta juga formulir pendaftaran program beasiswa Bidikmisi langsung dari sistem Bidikmisi.
  • Surat keterangan Lulus SMA asli dari kepala sekolah
  • Fotokopi ijazah legalisir kepala sekolah
  • Fotokopi nilai ujian akhir nasional legalisir kepala sekolah
  • Surat keterangan peringkat atau prestasi di kelas bersama dengan bukti pendukung prestasi lain pada ekstrakurikuler atau ko-kurikuler legalisir kepala sekolah
  • Fotokopi rapor legalisir kepala sekolah, semester 1 sampai semester 6
  • Kartu pengaman sosial jika penerima beasiswa BSM, disertai surat keterangan tidak mampu atau surat keterangan penghasilan orang tua diketahui kepala desa atau tokoh masyarakat atau perusahaan tempat orang tua bekerja.
  • Fotocopy surat keterangan susunan keluarga atau kartu keluarga
  • Fotocopy rekening listrik terakhir atau bukti pembayaran pajak pembangunan.

Beasiswa PPA dan BBM

Jika kamu berhasil diterima oleh Universitas Negeri Makassar, kamu berhak memperoleh beasiswa di UNM, yaitu beasiswa PPA atau BBM.

Kedua jenis beasiswa merupakan upaya pemerintah bagi para mahasiswa melalui Direktorat Jenderal pendidikan tinggi.

Persyaratan beasiswa PPA dan BBM antara lain:

  • Surat permohonan mahasiswa kepada Rektor/ direktur/ ketua
  • Fotocopy buku rekening aktif
  • Surat keterangan memiliki kelakuan baik, sehat serta aktif dalam kegiatan kampus sesuai dari pimpinan perguruan tinggi swasta atau negeri
  • Surat pernyataan mahasiswa bukan karyawan PNS, TNI, POLRI
  • Fotokopi KTM, IPK semester lalu, KRS, transkrip nilai sementara sebagai bukti mahasiswa aktif
  • Fotokopi KK
  • Surat pernyataan belum menikah
  • Surat pernyataan tidak menerima bantuan beasiswa dari sumber lain

Skema beasiswa yaitu kamu berhak memperoleh anggaran bantuan pendidikan sebagai mahasiswa kurang mampu supaya dapat meringankan pendidikan namun syaratnya yaitu memiliki prestasi dalam bentuk ekstrakurikuler atau intrakurikuler.

Beasiswa Pemerintah provinsi Sulawesi Selatan

Jika kamu merupakan mahasiswa aktif yang mencari beasiswa di UNM, kamu dapat memanfaatkan biasiswa dari pemerintah provinsi Sulawesi Utara untuk membiayai kuliah.

Itulah informasi tentang biaya siswa yang tersedia di Universitas Negeri Makassar yang sangat membantu supaya kamu dapat membantu beban biaya kuliah bagi orang tua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *