Beasiswa di UNY menjadi salah satu incaran para calon mahasiswa. Universitas Negeri Yogyakarta ini cukup populer di kalangan para pelajar, tidak heran jika banyak yang ingin mencoba melakukan pendaftaran di kampus tersebut. Terlebih lagi saat melihat adanya beberapa jenis beasiswa yang cukup menggiurkan.

Biasanya beasiswa diincar oleh calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu. Namun, tidak selamanya beasiswa ditujukan untuk kalangan tersebut, melainkan juga membantu para calon mahasiswa yang pintar. Alhasil, biaya kuliahnya pun bisa terbantu. Bagi kamu yang ingin mendaftar di UNY, berikut daftar beasiswa yang harus kamu tahu.

Beasiswa di UNY Berupa Bidikmisi

Bidikmisi, salah satu incaran para mahasiswa kurang mampu. Beasiswa ini ditujukan sebagai bantuan biaya pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah. Calon mahasiswa lulusan SMA dan sederajat yang mempunyai potensi bagus dalam akademik dan berasal dari keluarga kurang mampu bisa mendapatkan beasiswa tersebut.

Biasanya, pendaftaran untuk bidikmisi akan dibuka saat calon pendaftar masih berada di kelas 12. Kamu bisa meminta bantuan kepada guru BK untuk membantu kamu dalam mendapatkan beasiswa tersebut. Terlebih saat sudah menjadi mahasiswa baru di UNY, pihak kampus akan melakukan survei ke rumah.

Dari sanalah bakal ditentukan apakah kamu layak mendapat beasiswa bidikmisi UNY atau tidaknya. Jika kamu berhasil mendapatkannya, maka kamu akan mendapat uang sebesar Rp 650.000 setiap bulannya. Selain itu, penerima beasiswa juga akan terbebas dari UKT sampai mahasiswa lulus sesuai waktunya.

Jenis Beasiswa UNY Berupa PPA

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik sering disingkat menjadi PPA. Jenis beasiswa ini sangat terbuka untuk semua kalangan mahasiswa tanpa terkecuali. Dengan catatan, calon pendaftar harus mempunyai nilai IPK sesuai syarat.

Selain melihat dari besaran IPK, pihak universitas UNY akan memperhatikan sertifikat, surat rekomendasi, surat tanda sehat, dan lainnya. Akan tetapi, beasiswa di UNY ini biasanya sudah dipilih mahasiswanya sebagai orang yang berhak menerima beasiswa.

Namun, tidak ada salahnya untuk mendaftar jika kamu memenuhi syarat. Biasanya, jenis beasiswa ini dibuka saat awal tahun ajaran baru.

Jenis Beasiswa UNY Berupa Afirmasi

Afirmasi merupakan salah satu beasiswa yang disediakan oleh UNY. Jenis beasiswa tersebut didapatkan untuk calon pendaftar yang berasal dari daerah Terdepan, Terluar, dan Terbelakang, anak TKI, atau daerah Papua. Penerima beasiswa terpilih akan mendapat biaya hidup Rp 6.000.000 setiap semester dan bebas biaya daftar.

Beasiswa Unggulan Kemdikbud

Selain beasiswa di atas, ada lagi beasiswa yang bisa kamu incar lainnya. Info beasiswa UNY 2021 bisa kamu lihat di website atau majalah dinding kampus yang tersedia. Kamu harus rajin melihat dan mencari berbagai jenis beasiswa.

Hal ini karena masih banyak mahasiswa yang belum tahu tentang beasiswa yang diselenggarakan Kemdikbud. Padahal, jenis beasiswa ini bisa dibidik siapa pun tanpa mengenal kalangan.

Namun, kamu harus bisa memenuhi semua persyaratan yang cukup rumit di dalamnya. Tenang saja, perjuangan yang kamu lakukan akan terbayar dengan nominal yang besar. Selain memenuhi syarat-syarat yang diberikan, calon pendaftar juga harus menyiapkan seleksi administrasi dan wawancara.

Kamu bisa mempersiapkan diri untuk belajar menulis esai dan proposal studi. Jika lolos, kamu akan mendapat dana untuk biaya kuliah, biaya hidup, sampai biaya membeli buku.

Beasiswa Bakti Nusa

Ada lagi beasiswa lainnya yang bisa kamu coba lakukan pendaftaran, yakni beasiswa Bakti Nusa. Beasiswa ini diberikan pada kamu yang beragam muslim dan ingin sekali menjadi seorang aktivis muslim. Terlebih jika kamu mempunyai kemampuan menjadi seorang leadership. Tentunya hal ini tidak boleh dilewatkan sama sekali.

Seorang pendaftar beasiswa Bakti Nusa akan diberikan dana pendidikan jika lolos. Tidak hanya itu saja, penerima beasiswa akan dibina menjadi seorang pemimpin muslim integritas. Alhasil, tujuan dari beasiswa ini tidak semata memberikan dana, tapi menyiapkan mahasiswa menjadi pemimpin yang memberikan manfaat pada masyarakat.

Beasiswa dari BI

Salah satu beasiswa di UNY yang banyak diincar adalah program beasiswa dari Bank sentral atau Bank Indonesia. Pendaftaran beasiswa ini cocok bagi kamu yang ingin bekerja di bank atau sesuai dengan jurusan yang dipilih. Dalam beasiswa tersebut, terdapat dua jenis, yakni beasiswa reguler dan beasiswa unggulan Bank Indonesia.

Bagi kamu yang berasal dari keluarga pra-sejahtera, maka cobalah untuk mendaftar beasiswa reguler di Bank Indonesia. Sementara jika kamu tidak berasal dari keluarga pra-sejahtera, maka beasiswa yang kamu pilih adalah beasiswa unggulan.

Penerima beasiswa yang biasa disebut sebagai GENBI akan mendapatkan dana dalam hal pendidikan. Kamu juga bisa mendapatkan kesempatan untuk ikut dalam berbagai kegiatan sosial yang diselenggarakan Bank Indonesia. Tentunya hal ini bisa membantu kamu yang ingin membangun relasi lebih jauh.

Itulah beberapa jenis beasiswa di UNY yang bisa kamu incar dan lihat pengumuman pendaftarannya. Atau kamu bisa mendapatkan informasi lanjut pada masing-masing kantor jurusan atau guru BK bagi calon mahasiswa. Jadi, beasiswa mana yang berhasil membuatmu tertarik dan ingin mencobanya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *