Memilih jurusan kuliah memang sedikit menyulitkan. Ada beberapa jurusan yang cocok untuk sebagian pelajar, dan begitu pun sebaliknya. Sekolah menengah yang terbagi menjadi IPA dan IPS semakin menyulitkan proses pemilihan jurusan. Beberapa jurusan kuliah untuk anak ips, belum tentu sesuai dengan anak IPA.

Setiap pelajar harus benar-benar memahami minat dan kemampuan mereka untuk bisa mendapatkan jurusan yang sesuai. Nah, apa saja sebenarnya jurusan kuliah yang tepat untuk anak IPS?

1. Keuangan

Anak IPS cukup banyak yang minat terhadap jurusan ini. Setiap siswa akan mempelajari keuangan, namun dengan pendekatan yang berbeda. Pendekatan ini biasanya mencakup ekonomi, akuntansi, perpajakan, statistika, dan sebagainya.

Jurusan keuangan ini akan sangat cocok untuk kamu yang menyukai matematika, statistika, dan bisnis. Prospek kerja di jurusan ini pun cukup bagus. Kamu bisa menjadi pegawai bank, perencana keuangan, penasihat keuangan, dan lain sebagainya.

2. Ilmu Komunikasi

Meski sering dianggap sepele, kamu akan belajar mengenai berbagai bidang lainnya di luar komunikasi. Bidang yang biasanya dipelajari adalah public speaking, menulis berita, desain dan animasi, fotografi, animasi dan lainnya.

Bahkan, kamu juga akan belajar membuat iklan dan film loh.

Secara garis besar, kamu akan belajar secara lebih dalam mengenai aspek komunikasi, baik secara teori dan praktik. Kesempatan kerja lulusan Ilmu Komunikasi cukup banyak, mulai dari public relation, Jurnalis, Fotografer, Spesialis Hubungan Masyarakat, dan lainnya.

3. Psikologi

Sesuai namanya, jurusan ini mempelajari psikologi seseorang, mulai dari mental, pikiran dan perilaku manusia. Jurusan ini pada dasarnya meneliti pemikiran dan alasan di balik perilaku tertentu.

Di luar itu, kamu akan mempelajari pengakuan kognitif, hubungan interpersonal hingga pemikiran persepsi. Kamu bisa menjadi seorang Psikolog Konseling, Terapis Pernikahan, Psikolog Klinis, dan Psikolog Industri.

4. Accounting

Accounting adalah salah satu jurusan kuliah favorit anak IPS, loh. Kamu akan belajar mengenai hal yang mencakup keuangan. Jika kamu memiliki keahlian dalam keuangan, statistika dan matematika jurusan ini akan sangat tepat untuk kamu.

Sebagai lulusan Accounting, kamu bisa bekerja di sebagai internal auditor, analis keuangan, akuntan dan yang lainnya.

5. Perpajakan

Sesuai dengan namanya, jurusan ini mempelajari bidang perpajakan dari segala macam perspektif dari sisi hukum, ekonomi dan akuntansi. Lulus dari jurusan ini, maka kamu harus bida menyusun laporan pajak sesuai dengan peraturan dan ketentuan pajak

Kesempatan kerja di jurusan ini cukup menjanjikan, kamu bisa menjadi seorang konsultan bea cukai, penilai pajak dan keuangan, serta ahli perencanaan pajak.

Artikel terkait, baca juga:

Rekomendasi Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPA

Pilih yang Paling Tepat Untukmu

Setelah mengetahui beberapa jurusan kuliah untuk anak ips, kamu perlu memilih jurusan yang paling tepat untukmu. Pilih sesuai minat dan kemampuan dirimu. Perlu dicatat, bahwa daftar jurusan di atas belum tentu tepat untuk sebagian orang, jadi benar-benar harus disesuaikan dengan diri kamu sendiri.

Jurusan yang mencakup bisnis dan keuangan memang cukup menjanjikan, namun kamu harus mempertimbangkan jurusan lain yang lebih sesuai dengan minat kamu. Proses pemilihan jurusan juga harus dilakukan dengan hati-hati, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *