Jurusan untuk introvert tidak selamanya membosankan. Bahkan, beberapa di antaranya terlihat keren dan menarik. Seorang introvert biasanya menghindari interaksi sosial. Meski manusia tidak bisa hidup sendiri, tapi mereka meminimalisir adanya interaksi sosial. Tidak heran jika orang introvert terbiasa untuk bekerja sendiri.

Banyak yang menganggap menjadi seorang introvert itu membosankan. Padahal, seorang introvert nyatanya mempunyai kelebihan yang tidak ditemui orang biasa. Beberapa orang menganggap bahwa introvert akan menyusahkan, terutama saat sekolah atau kuliah. Bagi kamu yang pribadinya introvert, ada beberapa jurusan kuliah yang menarik untuk dipilih.

Teknik Informatika

Salah satu jurusan yang bisa kamu pilih adalah teknik informatika. Jurusan ini akan sangat cocok bagi kamu yang suka dalam bidang teknologi. Terlebih jika kamu suka memgotak-atik komputer. Jurusan ini pun tidak akan membutuhkan banyak interaksi dengan orang lain. Karena kamu akan dituntut untuk fokus terhadap pekerjaan.

Contoh dari pekerjaan jurusan ini adalah belajar coding, membuat program, dan memperbaiki teknis lain berkaitan dengan komputer. Selain itu, profesi dari lulusan ini sangat banyak dicari, apalagi di masa sekarang yang semakin canggih dan digital.

Jurusan Sastra

Jurusan kedua yang banyak diambil oleh orang introvert adalah sastra. Selain itu, jurusan sastra dikenal sebagai jurusan untuk orang yang mudah bosan. Jurusan sastra berkaitan dengan hal kepenulisan. Ditambah lagi ada banyak bidang sastra yang menarik untuk kamu pilih. Contohnya sastra Indonesia, sastra Inggris, sastra asing, sastra daerah, dan sebagainya.

Selain itu, lulusan jurusan sastra tidak hanya bisa menjadi penulis. Akan tetapi, kamu bisa menjadi novelis, penulis puisi, content writer, dan copywriter. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menjadi penerjemah dokumen dan film jika mengambil sastra asing atau bahasa tertentu.

Jurusan Desain Grafis

Jurusan ini tidak kalah populernya dengan jurusan sastra. Beberapa orang introvert biasanya suka menggambar. Nah, jika kamu salah satunya, maka kamu bisa memilih jurusan desain grafis. Kamu bisa mengasah bakat dan skill agar bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Di jurusan ini, kamu bisa belajar penguasaan program, belajar teknik, dan hal grafis.

Biasanya, orang yang berada di jurusan desain grafis akan banyak menghabiskan waktu secara sendiri. Mereka cenderung mampu mengekspor ide baru yang berkaitan dengan grafis. Meski di beberapa momen, kamu harus bekerja secara tim, tapi kebanyakan kamu akan kerja sendiri setelah lulus.

Ilmu Perpustakaan

Jurusan kuliah yang paling santai dan bisa kamu coba adalah ilmu perpustakaan. Jurusan ini mempunyai prospek kerja yang terus meningkat. Terlebih saat ini segala informasi terus mengalami perkembangan. Biasanya, orang introvert banyak yang mempunyai hobi membaca buku.

Keuntungan dari hobi tersebut adalah kuliah di jurusan ilmu perpustakaan. Kamu juga membutuhkan keahlian dalam bidang informasi dan manajemen. Jurusan ini akan sangat cocok untuk kamu yang pendiam tapi ingin membangun komunikasi yang baik.

Jurusan Seni

Apakah kamu tertarik untuk kuliah di jurusan seni? Jurusan ini sangat cocok untuk kaum introvert seperti kamu, lho. Jurusan seni bisa berupa seni tari, seni rupa, seni musik, dan lainnya. Biasanya, orang yang kuliah di jurusan ini membutuhkan banyak waktu dalam menghasilkan karya seni dengan menyendiri.

Namun, kamu juga bisa keluar untuk mencari inspirasi. Biasanya, orang yang suka seni mempunyai imajinasi yang kuat dalam berkarya. Mereka akan fokus terhadap tujuan sesuai rancangan imajinasinya.

Jurusan Farmasi

Ternyata, farmasi menjadi salah satu jurusan kuliah untuk introvert. Jurusan ini akan membuat waktumu tersita dengan teori atau melakukan praktik di laboratorium. Di jurusan farmasi, kamu bisa belajar tentang membuat dan meracik formula. Selain itu, kamu juga bisa mencampur dan melakukan kombinasi terhadap obat-obatan.

Meski terlihat susah, tapi jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang suka tentang hal berbau kesehatan. Kamu bisa menjadi front-liner agar lebih profesional. Tugasnya adalah memberikan informasi tentang pengobatan terhadap pasien.

Jurusan Akuntansi

Akuntansi termasuk jurusan yang banyak diambil oleh orang introvert atau pendiam. Hal ini karena akuntansi mempelajari metode menyusun transaksi keuangan. Pembelajaran tersebut membutuhkan ketelitian dibandingkan dengan keterampilan komunikasi. Namun, bagi kamu yang tidak menyukai angka, jurusan ini kurang cocok untukmu.

Jurusan Sains

Jurusan untuk introvert yang cocok untukmu adalah jurusan sains. Di jurusan ini, kamu akan banyak melakukan penelitian. Tidak heran jika jurusan sains atau ilmu pengetahuan alam ini cocok untuk orang yang tidak suka interaksi. Kamu bisa melakukan penelitian untuk menemukan hal baru agar bisa mengembangkan kemajuan ilmu pengetahuan.

Itulah beberapa jurusan kuliah untuk introvert yang bisa kamu pilih. Meski secara keseluruhan kamu bekerja sendiri, tapi ada kalanya kamu harus melakukan interaksi terkait pekerjaan. Jadi, mana jurusan yang menarik dan terlihat keren untukmu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *