Dalam memilih jurusan, banyak pelajar yang berharap dapat menemukan jurusan kuliah paling mudah dan tentunya menjanjikan prospek karir yang baik. Namun, dari banyaknya jurusan kuliah yang ada, mana saja jurusan yang paling menjanjikan dan mudah dipelajari?

Meski beberapa jurusan terkesan bisa dipelajari oleh banyak orang, namun jurusan-jurusan tersebut belum tentu cocok untuk beberapa orang mengingat karakter dan tujuan karir yang berbeda. Namun, apa saja sebenarnya jurusan yang menjanjikan dan paling mudah dipelajari?

Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi akan sangat tepat untuk kamu yang ingin memiliki kemampuan public speaking. Bidang studi yang satu ini juga dikenal sebagai jurusan yang mudah dipelajari. Di sini, kamu tak akan bertemu banyak angka dan menghitung berbagai hal.

Meski mudah untuk dipelajari, ilmu ini ternyata menjanjikan prospek karir yang cukup baik. Kamu bisa bekerja di media kreatif yang saat ini semakin berkembang. Di bidang lain, kamu bisa masuk dalam bidang hubungan masyarakat, jurnalistik, periklanan dan lainnya.

Agribisnis

Meski jurusan ini terbilang masih jarang di Indonesia, namun lulusan dari jurusan ini sangat dibutuhkan untuk industri pertanian. Setiap mahasiswanya akan mempelajari semua hal yang berhubungan dengan pertanian, mulai dari langkah awal proses Bertani hingga memperoleh keuntungan.

Di sini, kamu akan bertemu dengan beberapa mata kuliah, seperti Biologi Umum, Sosiologi Umum, Fisika Umum, Kimia Umum, Pemberdayaan Masyarakat dan sebagainya. Indonesia sendiri memiliki industri pangan yang luas sehingga peluang kerjanya sangat besar.

Animasi

Untuk para siswa yang memiliki sisi kreatif cukup tinggi, jurusan ini bisa menjadi pilihan. Selain mata kuliah yang mudah, jurusan ini juga sangat dibutuhkan di dunia kreatif.

Mahasiswa di jurusan ini diharapkan mampu menyampaikan ide, pesan serta kesan dalam sebuah animasi. Perkembangan dunia game juga semakin meningkat, sehingga kamu bisa memiliki peluang kerja yang cukup luas.

Biologi

Untuk kamu yang tertarik membahas mahluk hidup hingga mikroba, jurusan ini akan sangat menarik untuk dipilih. Kamu akan memahami awal mula perkembangan mahluk hidup hingga beragam spesies yang ada.

Prospek kerja di bidang ini pun cukup baik, kamu bisa bekerja sebagai tenaga pendidik, peneliti laboratorium hingga analis.

Kepariwisataan

Jika ingin masuk ke jurusan kuliah yang cukup menarik dan suka jalan-jalan, maka Kepariwisataan adalah jurusan yang tepat. Di jurusan ini, ada 10 jenis program, termasuk Studi Wilayah, Tourism Law, Ekowisata, hingga Budaya.

Dengan prospek kerja yang luas dan menjanjikan, kamu bisa bekerja di bidang tourism, baik domestik maupun internasional.

Administrasi Bisnis

Jika memilih jurusan ini, maka kamu akan mempelajari banyak hal mengenai kegiatan operasional bisnis dan perusahaan. Kamu akan banyak belajar mengenai pengelolaan keuangan, pemasaran, sumber daya manusia dan lainnya.

Meski bidang studi ini masih jarang ditemui di institusi pendidikan tinggi Indonesia, namun peluang kerja di jurusan ini cukup menjanjikan. Kamu bisa bekerja di bidang sumber daya manusia, pusat bisnis dan lainnya.

Setelah memahami jurusan kuliah paling mudah, namun menjanjikan, kamu diharapkan bisa memilih satu jurusan kuliah yang paling tepat untukmu. Dengan begitu, kamu bisa menjalani masa kuliah dengan lebih baik dan tidak merasa terbebani dengan mata kuliah yang akan kamu dapatkan.

Kamu juga harus pintar dalam memilih universitas yang telah terakreditasi dan memiliki reputasi cukup baik. Akreditasi sebuah universitas menjadi hal penting karena semakin baik akreditasi yang diterima sebuah universitas, maka semakin kredibel universitas tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *