Apa yang menjadi pertimbanganmu saat memilih jurusan kuliah? Karir di masa mendatang seringnya menjadi hal yang dipertimbangkan dalam pemilihan jurusan kuliah. Tak bisa dipungkiri bahwa jurusan akan berpengaruh terhadap pemilihan dan prospek karir nantinya. Maka, memilih jurusan kuliah yang menjanjikan harus kamu lakukan sebelum memasuki masa perkuliahan.

Seiring berjalannya waktu, beberapa jurusan kuliah akan sulit mendapatkan pekerjaan di masa mendatang. Namun, beberapa jurusan lainnya justru mendapatkan kesempatan kerja yang cukup baik beberapa tahun kemudian. Untuk itu, memilih jurusan kuliah menjadi hal yang cukup penting. Namun, apa saja sebenarnya jurusan kuliah yang menjanjikan untuk karir di masa depan? Berikut informasinya!

Ilmu Komputer dan Teknik Komputer

Seiring dengan berkembangnya telnologi, membuat banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga IT dan membuat dua jurusan ini menjadi sangat dibutuhkan di masa depan. Banyak perusahaan yang membuat website hingga aplikasi untuk mempermudah layanan terhadap konsumen yang tentunya membutuhkan para lulusan dari dua jurusan ini.

Proses pembuatan website dan aplikasi memiliki banyak komponen yang harus diperhatikan, karena hal inilah lulusan IT banyak dicari oleh perusahaan. Kesempatan kerja untuk posisi ini umumnya mencakup Web Developer dan iOS/Android Developer.

Ilmu Komunikasi

Beberapa tahun ini, Ilmu Komunikasi sepertinya menjadi jurusan yang cukup populer. Seperti yang kita tahu bahwa industri kreatif sedang berkembang sangat pesat dan dan banyak bisnis yang melakukan penyesuaian terhadap industri ini.

Sejumlah perusahaan akan membutuhkan para individu yang mahir dalam desain, fotografi, membuat iklan, public speaking bahkan menulis artikel. Ilmu komunikasi merupakan bidang ilmu yang memberikan pengetahuan cukup lengkap tentang hal-hal tersebut dan tentunya memiliki karir yang cukup menjanjikan di masa depan.

Keperawatan

Tenaga medis adalah bidang yang masih banyak dicari hingga beberapa tahun ke depan. Jurusan ini menjadi salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan untuk karir di masa depan. Di bidang ini, jurusan keperawatan paling banyak dicari. Semua orang tahu bahwa tidak ada satupun manusia yang tidak bisa sakit, kebutuhan tenaga kesehatan akan selalu dibutuhkan bahkan mungkin hingga selamanya.

Keberadaan perawat menjadi hal penting karena dialah yang akan membantu dokter dalam merawat pasien. Seorang perawat banyak dibutuhkan di berbagai instansi kesehatan, mulai dari rumah sakit besar hingga klinik akan membutuhkan perawat dalam kegiatan operasionalnya.

Marketing

Meski banyak orang yang beranggapan bahwa pemasaran bisa dilakukan oleh semua orang, namun para siswa di jurusan ini akan diarahkan menjadi seorang marketer yang handal sehingga ilmu marketing yang dimiliki akan lebih dalam.

Bukan hanya memasarkan produk atau jasa, seorang marketer bertugas untuk membuat strategi pemasaran dan memaksimalkan pendapatan sebagai strategi marketing. Beberapa tahun terakhir, penjualan produk telah beralih ke online dan membutuhkan staf marketing yang ahli di bidang ini. Digital marketer menjadi profesi yang menjanjikan di beberapa tahun mendatang.

Psikologi

Para lulusan di bidang ini memiliki beragan pilihan karir yang cukup bagus. Di perusahaan, lulusan ini bisa menjadi bagian personalia atau HR. Di bidang kesehatan, para lulusan dari Psikologi memiliki kesempatan untuk menjadi seorang psikolog.

Bahkan, beberapa sekolah juga membutuhkan lulusan psikologi untuk menjadi bagian konseling siswa. Karena hal inilah, jurusan Psikologi memiliki peluang karir yang cukup baik di masa mendatang.

Pilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Semakin banyak pilihan jurusan yang tersedia, terkadang membuat siswa semakin sulit memilihnya. Kamu perlu mengenal minat dan kemampuan kamu terlebih dahulu agar bisa memilih jurusan yang tepat untukmu.

Di samping itu, kamu juga perlu mempertimbangkan jurusan kuliah yang menjanjikan untuk karir di masa depan. Prospek karir dan pekerjaan di masa mendatang juga menjadi aspek penting dalam memilih jurusan yang tepat demi kesuksesan karir di masa mendatang.

Namun, hal ini bukan menjadi satu-satunya factor yang menentukan kesuksesan di masa depan. Memilih jurusan sesuai passion juga memiliki keuntungan sendiri dalam hidupmu kelak. Jadi, sebelum memilih jurusan kuliah yang tepat, pastikan kamu telah mempertimbangkannya telebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *