Jurusan sistem informasi di Binus merupakan salah satu jurusan favorit di Indonesia. Hal ini tentu tidak lepas dari pesatnya perkembangan teknologi seperti saat ini. Ditambah prospek karier lulusan sistem informasi yang menjanjikan, menjadikan jurusan ini tidak pernah sepi peminat.

Setiap Mahasiswa yang mengambil jurusan sistem informasi akan diarahkan agar bisa mengembangkan, memanfaatkan dan mengelola hardware serta software dalam dunia bisnis. Program studi ini sangat cocok bagi Kamu yang ingin terjun ke bidang IT sekaligus mendapatkan ilmu bisnis dan manajemen.

Apa itu Jurusan Sistem Informasi?

Sistem informasi adalah bidang keilmuan yang menggabungkan ilmu komputer dengan ilmu bisnis dan manajemen. Jurusan sistem informasi Binus mengajarkan kepada mahasiswa mengenai landasan ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi informasi dalam suatu organisasi.

Setiap mahasiswa yang mengambil jurusan sistem informasi di Bina Nusantara (Binus) maka akan dibekali berbagai keterampilan. Keterampilan yang diajarkan antara lain pemrograman, basis data, jaringan komputer, dan lain sebagainya.

Selain itu, jika Kamu masuk jurusan ini, maka akan dibekali tentang ilmu manajemen dan bisnis. Misalnya administrasi bisnis, perilaku organisasi, sistem informasi akuntansi, serta pengembangan dan pemasaran produk.

Keuntungan Memilih Jurusan Sistem Informasi di Binus

Bina Nusantara atau disingkat Binus merupakan salah satu universitas bergengsi yang ada di Indonesia. Universitas Binus terletak di 3 wilayah, yaitu Tangerang, Jakarta, dan Bekasi. Universitas ini memiliki banyak program pendidikan, salah satunya sistem informasi. Terdapat banyak keuntungan jika memilih jurusan sistem informasi Binus, diantaranya sebagai berikut.

Prospek Kerja Menjanjikan

Prospek kerja menjanjikan merupakan salah satu keuntungan memilih jurusan sistem informasi di Binus. Di era digital seperti sekarang banyak orang lebih senang memanfaatkan teknologi untuk berbagai kebutuhan, termasuk dalam jual beli.  

Hal ini membuat banyak perusahaan mulai fokus dalam memaksimalkan teknologi. Sehingga banyak perusahaan memerlukan seorang lulusan sistem informasi yang bisa menjadi jembatan antara programmer dan user dalam membangun sistem.

Semakin banyak perusahaan yang memerlukan bantuan lulusan sistem informasi, maka semakin besar peluang mendapatkan pekerjaan. Selain bisa bergabung di perusahaan, seorang lulusan sistem informasi juga bisa bergabung dengan institusi pemerintah.

Ilmu yang Bisa Diaplikasikan di Dunia Kerja

Ketika duduk di bangku kuliah, Kamu akan diajarkan berbagai ilmu seputar teknologi, salah satunya mendesain website. Keterampilan mendesain website sangat diperlukan, apalagi di era digital seperti sekarang.

Adanya keterampilan yang Kamu miliki inilah bisa membuat banyak instansi memintamu untuk bergabung. Selain itu, Kamu juga bisa membuka bisnis sendiri dengan mendirikan usaha pengembangan website.

Bisa Mengembangkan Keterampilan

Bisa mengembangkan keterampilan juga menjadi keuntungan memilih kuliah di fakultas Binus. Hal ini karena Kamu akan diajarkan tentang bisnis, teknologi, dan manajemen. Sehingga Kamu bisa terus berkembang dan lebih berpikir kreatif dalam membuat program untuk perusahaan. Adanya pelajaran ini tentu bisa meningkatkan keterampilan yang Kamu miliki.

Prospek Kerja Lulusan Sistem Informasi

Setelah mengetahui keuntungan memilih jurusan sistem informasi di Binus, selanjutnya yaitu mengenai prospek kerja. Terdapat berbagai prospek kerja menjanjikan bagi lulusan sistem informasi, 4 diantaranya sebagai berikut:

Analis Sistem

Prospek kerja jurusan sistem informasi yaitu sebagai analis sistem. Seorang analis sistem bertanggung jawab memeriksa sistem yang telah tersedia, kemudian menganalisanya. Setelah itu, seorang analis sistem akan melakukan pengembangan produk, mengatur, dan menguji solusinya dalam suatu sistem.

Bagi Kamu yang ingin bekerja sebagai analis sistem, maka bisa bergabung dengan perusahaan otomotif, layanan keuangan, pabrik, dan layanan masyarakat.

Analis Keamanan Informasi

Analis Keamanan Informasi atau dikenal dengan information security analyst merupakan salah satu prospek kerja bagi lulusan sistem informasi. Seorang yang berprofesi sebagai analis keamanan informasi bertanggung jawab mendesain dan melakukan usaha pengamanan teknologi.

Pengamanan ini bertujuan untuk melindungi berbagai macam fasilitas teknologi informasi, mulai dari data yang tersimpan hingga jaringan komputer. Selain itu, profesi ini juga diperlukan untuk mengembangkan ide sistem pemulihan jika terjadi kesalahan pada program.

Pengembang Perangkat Lunak

Prospek kerja bagi lulusan Binus sistem informasi yaitu sebagai pengembang perangkat lunak atau dikenal software developer. Seorang pengembang perangkat lunak bertugas membuat, mengembangkan, dan menguji program-program perangkat lunak komputer.

Seorang pengembang perangkat lunak juga bisa membuat berbagai software seperti sistem operasi dan distribusi jaringan. Jika Kamu memilih profesi ini, maka bisa bekerja di berbagai bidang bisnis, mulai dari sektor kesehatan, layanan keuangan, media, hingga industri pariwisata dan hiburan.

Administrator Jaringan

Prospek kerja bagi lulusan sistem informasi yaitu sebagai administrator jaringan atau dikenal network administrator. Lingkup kerja seorang administrator jaringan sangat luas, mulai dari desain hingga mengembangkan sistem informasi baru. Jika berminat memilih profesi ini, maka mulailah mengasah keterampilan matematika dan problem solving yang Kamu miliki.

Terdapat berbagai keuntungan memilih jurusan sistem informasi terutama di Binus University, diantaranya seperti yang disebutkan di atas. Selain itu, jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang menjanjikan mulai dari analis sistem hingga administrator jaringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *