Jurusan yang berhubungan dengan komputer saat ini cukup banyak. Terlebih jika mengingat prospeknya di masa depan yang sangat dibutuhkan. Banyak orang yang salah tangkap mengenai jurusan komputer. Hal ini karena jurusan dan mata kuliahnya berbeda. Selain itu, profesi kerjanya pun berbeda.

Jadi, jangan anggap jurusan komputer itu mempunyai job desk yang sama, ya. Bagi kamu yang tertarik ingin kuliah di bidang komputer, berikut ini beberapa jurusan yang bisa dipilih. Kamu bisa menentukan jurusan yang lebih kamu minati dan sekiranya mudah untuk dikuasai. Selain itu, perhatikan juga prospeknya di masa depan.

Teknik Informatika

Salah satu jurusan yang berkaitan dengan komputer adalah teknik informatika. Beberapa mahasiswa akan mengenalnya dengan jurusan informatic engineering. Jurusan ini akan mempelajari cara merancang desain dan melakukan implementasi pada sistem komputer.

Seseorang yang memilih jurusan ini mempunyai prospek yang tinggi. Mulai dari menjadi Konsultan IT, SEO Specialist, Desainer Grafis, sampai Cyber Security Analyst. Tidak heran jika jurusan ini masuk sebagai salah satu jurusan favorit.

Rekayasa Perangkat Lunak

Salah satu jurusan komputer SMK yang banyak diincar adalah rekayasa perangkat lunak. Jurusan ini hampir sama dengan jurusan Teknik Informatika. Biasanya, lulusan jurusan rekayasa perangkat lunak akan mempelajari cara mengelola aktivitas pengembangan. Selain itu, skala yang dimainkan skalanya cukup besar.

Teknik Komputer

Bagi kamu yang menyukai dunia komputer, kamu bisa memilih jurusan teknik komputer. Jurusan ini juga disebut sebagai sistem komputer yang tugasnya desain dan implementasi sistem. Secara umum, topik yang dipelajari di jurusan ini mencakup perangkat keras, software, dan sistem komunikasi.

Jurusan teknik komputer mempunyai fokus pada perancangan dan membangun sistem dengan basis komputer. Melalui jurusan ini juga membantu kamu dalam mempelajari cara merancang sistem perangkat keras. Dengan kata lain, kamu bisa membuat komputer, robot, gadget, dan lain sebagainya.

Manajemen Informatika

Manajemen informatika adalah salah satu jurusan yang berhubungan dengan komputer. Jurusan ini akan mempelajari tentang analisis kebutuhan dalam bisnis. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa belajar tentang proses bisnis dan melakukan desain berdasarkan tujuan organisasi.

Alhasil, lulusan ini diharapkan bisa menjadi jembatan antara kerjaan orang teknis dengan klien. Seseorang yang mempelajari jurusan ini harus mempunyai niat dan memperluas pengetahuan. Kamu juga harus tahu tentang perkembangan teknologi di masa sekarang.

Animasi

Pernahkah kamu mendengar jurusan animasi? Jurusan ini sangat berhubungan dengan komputer. Karena seseorang membutuhkan komputer untuk belajar dan mempraktikkannya. Selain itu, jurusan ini membutuhkan banyak aplikasi untuk membuat animasi tersebut. Biasanya, kamu bisa belajar cara gambar bergerak dua atau tiga dimensi.

Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang suka menggambar, terlebih jika kamu orang introvert. Karena kamu bisa bekerja secara sendiri. Akan tetapi, kamu tetap akan melakukan komunikasi untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh klien.

Jurusan Ilmu Komputer

Ilmu komputer atau dalam istilahnya computer science adalah jurusan yang cukup banyak diminati. Melalui jurusan tersebut, kamu bisa mempelajari teori tentang konsep dalam ilmu komputer. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari cara mengembangkan software. Tidak heran jika cakupan ilmu ini sangat luas.

Alhasil, prospek kerjanya pun juga luas. Kamu bisa menjadi seorang Konsultan IT, seorang System Analyst, Desktop Programmer, dan lain sebagainya. Kamu bebas memilih prospek kerja yang paling menguntungkan untukmu. Tentunya masing-masing mempunyai risikonya tersendiri.

Jurusan Film

Jurusan selanjutnya yang berhubungan dengan komputer adalah jurusan film. Hal ini karena kamu akan menggunakan komputer untuk melakukan editing film. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan perangkat komputer dengan software khusus editing. Seorang yang terjun dalam jurusan ini harus pandai mengetahui mana film yang menarik.

Selain menjadi seorang editor film, kamu juga bisa menjadi seorang sutradara, teknisi penyiaran, operator kamera, dan lain sebagainya. Tentunya semua profesi tersebut sangat menarik untuk kamu coba. Penghasilannya pun tidak main-main saat kamu menekuni profesi tersebut.

Jurusan Fotografi

Jurusan ini juga memiliki hubungan dengan komputer. Bagi kamu yang menyukai foto-foto, tentu saja jurusan tersebut sangat cocok. Terlebih di era digital, profesi ini akan terus dibutuhkan. Kamu akan membutuhkan komputer untuk melakukan proses editing agar hasilnya terasa lebih bagus. Jangan lupa juga cek kampus dengan jurusan fotografi terbaik.

Desain Komunikasi Visual

Kamu menyukai desain? Jika iya, maka kamu bisa memilih untuk berada di jurusan desain komunikasi visual. Jurusan ini juga dikenal sebagai DKV yang terus menggunakan komputer sebagai alat kerja. Akan ada beberapa aplikasi khusus yang bisa kamu gunakan untuk membuat desain grafis menggunakan software.

Itulah beberapa jurusan yang berhubungan dengan komputer yang bisa menjadi referensi kamu kuliah nanti. Jadi, apakah kamu sudah menentukan ingin kuliah di jurusan apa?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *