Saat berencana melanjutkan pendidikan, sangat penting memilih jurusan yang cocok untuk kamu khusus yang introvert. Hal ini karena seorang berkepribadian introvert lebih senang menyendiri dan cenderung menghindari kontak mata dengan orang yang belum dikenal.  Sehingga jika tidak bisa memilih jurusan yang tepat, tentu bisa membuat suasana belajar menjadi tidak nyaman.

Selain itu, seorang introvert juga lebih senang mengerjakan berbagai hal dengan teliti ketimbang sibuk berbicara dengan banyak orang. Sehingga sangat penting memilih jurusan yang sesuai dengan kepribadiannya. Jika kamu seorang introvert, inilah jurusan yang bisa dijadikan pilihan.

Jurusan Ilmu Perpustakaan

Ilmu perpustakaan merupakan salah satu jurusan yang cocok untuk introvert. Jurusan ini melibatkan banyak keahlian di bidang manajemen, teknologi, dan pendidikan. Selain itu, kamu juga diajarkan tentang bagaimana merapikan, menyimpan, dan mengumpulkan data.

Jika senang pada bidang penyimpanan data, maka jurusan ini sangat cocok buat kamu. Jurusan ilmu perpustakaan juga memiliki prospek kerja yang menjanjikan, antara lain spesialis informasi, instansi pemerintah, administrasi, dan pustakawan.

Jurusan Sastra

Selain ilmu perpustakaan, jurusan sastra juga sangat cocok bagi seorang introvert. Hal ini karena jurusan sastra sangat erat dengan hal yang berbau kepenulisan. Sehingga diperlukan suasana tenang agar bisa memunculkan ide dan imajinasi saat menulis. Jurusan ini memiliki bidang beragam, mulai dari sastra Indonesia, sastra Inggris, hingga sastra daerah.

Prospek kerja lulusan sastra bisa menjadi seorang penulis. Bukan hanya sebagai penulis buku, namun kamu bisa bekerja menjadi jurnalis, copywriter atau content writer. Selain berprofesi sebagai penulis, lulusan sarjana Sastra juga bisa menjadi pengajar.

Jurusan Seni

Selain sastra, jurusan seni termasuk jurusan yang cocok untuk kepribadian introvert. Jurusan seni terdiri atas beberapa jenis, seperti seni rupa, seni musik, seni tari, dan berbagai jenis seni lainnya. Kuliah di jurusan seni biasanya memerlukan banyak waktu untuk menghasilkan karya.

Sehingga jarang melakukan interaksi dengan orang lain dalam jangka waktu yang lama. Sama seperti jurusan lain, jurusan seni juga memiliki prospek kerja menjanjikan. Ada pun prospek kerjanya antara lain ilustrator, kurator seni, fotografer, penari di studio TV, dan lain sebagainya.

Jurusan Desain Grafis

Jurusan yang cocok untuk introvert selanjutnya yaitu desain grafis. Jurusan ini sangat cocok bagi kamu yang senang menggambar dan senang menghabiskan waktu untuk menghasilkan karya. Di jurusan desain grafis, kamu akan diajari tentang teknik dan penguasaan program tertentu yang berkaitan dengan grafis. Terdapat banyak prospek kerja menjanjikan bagi seorang lulusan desain grafis, salah satunya sebagai desainer grafis di perusahaan media.

Profesi pekerjaan ini juga sangat cocok bagi seorang introvert, karena lebih banyak menghabiskan waktu sendiri untuk mengeksplor ide dalam pekerjaan. Meskipun kamu tetap perlu berinteraksi dengan teman kerja atau klien saat mengerjakan proyek, namun kebanyakan waktu kerja akan dihabiskan sendiri.

Jurusan Teknik Informatika

Jurusan teknik informatika sangat cocok buat kamu yang senang dengan bidang teknologi. Jurusan ini sangat cocok untuk introvert karena tidak memerlukan banyak interaksi dengan orang lain dalam proses pembelajarannya. Di jurusan ini, setiap mahasiswa akan diajarkan hal yang berkaitan dengan komputer dan cara pengoperasiannya, misalnya membuat coding dan program.

Sedangkan untuk prospek kerjanya, jurusan ini memiliki prospek kerja menjanjikan. Ada pun prospek kerjanya antara lain web desainer, cyber security analyst, data scientiest, software tester, dan lain sebagainya.

Jurusan Akuntansi

Salah satu jurusan yang cocok untuk introvert yaitu akuntansi. Jurusan ini sangat berkaitan dengan perhitungan dan ketelitian, sehingga sangat cocok bagi seorang yang senang menghitung. Dalam proses pembelajarannya, jurusan akuntansi tidak memerlukan banyak interaksi dengan orang lain, namun harus bisa teliti dan disiplin.

Saat masuk ke jurusan akuntansi, kamu akan belajar cara menyiapkan laporan keuangan yang akurat. Selain itu, kamu juga akan belajar memanfaatkan keuangan dengan baik. Jurusan ini memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Ada pun prospek kerjanya antara lain auditor, analis keuangan, manajer akuntansi, manajer analisis kredit, dan lain sebagainya.

Jurusan Sains

Jurusan sains seperti matematika, fisika, kimia, dan biologi termasuk jurusan yang cocok untuk seorang introvert. Hal ini karena dalam proses pembelajarannya banyak menghabiskan waktu untuk meneliti.

Selain itu, di jurusan sains kamu akan lebih fokus dengan penelitian dan eksperimen, sehingga sangat jarang berinteraksi dengan orang lain. Jurusan ini memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Ada pun prospek kerjanya antara lain ahli biokimia, konservasionis, ilmuwan lingkungan, ilmuwan forensik, ilmuwan medis, dan lain sebagainya.

Dalam memilih jurusan kuliah, sangat penting untuk mempertimbangkan kepribadian introvert. Pemilihan jurusan yang cocok dengan kepribadian, tentu membuat suasana kuliah lebih menyenangkan. Terdapat 7 pilihan jurusan yang cocok untuk introvert, mulai dari jurusan ilmu perpustakaan hingga jurusan sains.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *