Beasiswa kuliah di Jogja tersedia dalam berbagai pilihan. Yogyakarta menjadi pilihan favorit pelajar untuk meneruskan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Sebagai kota kampus, ratusan jurusan kuliah tersedia dalam 116 kampus negeri dan swasta.

Kamu juga bisa kuliah di Sekolah Tinggi, sekolah Akademi, Universitas, atau Politeknik dengan kualitas alumni yang berprestasi. Biaya hidup di kota ini juga terjangkau. Kamu bisa menikmati harga makanan, biaya transportasi, biaya kos, dan angkringan murah. Berikut adalah informasi tentang beasiswa kuliah yang ada di Jogja.

Beasiswa Universitas Gadjah Mada

Program Beasiswa Teladan sudah dibuka oleh UGM untuk tahun 2021. Beasiswa ini mewajibkan para pelajar untuk mengisi formulir permohonan yang harus kamu download terlebih dahulu. Kemudian, kamu juga harus melengkapi berbagai berkas syarat pada Tanoto Teladan 2020.

Beasiswa tersebut hanya tersedia bagi pelajar WNI dan sudah mendaftar aktif sebagai mahasiswa semester 1 program studi Sarjana S1. Selain itu, terdapat syarat bahasa yaitu menggunakan Bahasa Inggris atau Bahasa Asing lain.

Dalam beasiswa ini, mahasiswa akan melalui tiga tahap seleksi. Pertama, yaitu melalui pendaftaran daring, disusul tes daring dalam potensi kepemimpian serta wawancara daring.

Program Tanoto Scholar ini punya banyak manfaat bagi mahasiswa. Selain bantuan keuangan untuk bayar kuliah penuh sampai semester 8 ditambah tunjangan bulanan, kamu juga bisa mendapatkan dukungan mengembangkan potensi kepemimpinan.

Pendaftaran beasiswa ini dibuka pada tanggal 24 Agustus 2020 sampai 30 September 2020.

Beasiswa Universitas Aisyiyah Yogyakarta

Tujuan beasiswa ini adalah untuk membantu mahasiswa  yang memiliki masalah finansial, meningkatkan GPA, serta membantu mahasiswa agar dapat lulus tepat waktu. Untuk memperoleh beasiswa ini, maka kamu harus menjadi mahasiswa di universitas tersebut.

Ada banyak program beasiswa yang ditawarkan oleh UNISA Yogyakarta. Beasiswa Bantuan Studi Mahasiswa atau dikenal program BSM tersedia untuk memberikan motivasi mahasiswa supaya tepat waktu menyelesaikan studi. Juga, menjadi solusi putus kuliah bagi mahasiswa dengan kendala finansial. Bentuk beasiswa ini adalah SPP gratis selama satu tahun.

Beasiswa Peningkatan Prestasi Studi atau PPS yang ditujukan untuk memberi motivasi mahasiswa supaya menyelesaikan studi tepat waktu, memotivasi mahasiswa agar memiliki indeks prestasi kumulatif tinggi. Beasiswa ini juga memberikan gratis SPP dalam satu tahun.

Kalau kamu suka lomba dan memiliki prestasi akademik, universitas ini dan universitas lainnya memberikan beasiswa Penghargaan prestasi. Bentuk beasiswa tersebut yaitu dengan memberikan uang pembinaan untuk lebih mengembangkan minat di bidang yang sedang digeluti.

Sedangkan untuk beasiswa pertukaran mahasiswa ke luar negeri ditawarkan khsusus bagi mahasiswa yang suka mengikkuti pelatihan, konferensi dan lainnya di luar negeri.

Beasiswa Kartu Indonesia Pintar/KIP

Kamu juga bisa memperoleh beasiswa kuliah di Jogja dengan menggunakan program Beasiswa Kartu Indonesia Pintar. Salah satu universitas yang menyediakan beasiswa ini adalah AMIKOM. Dengan sumber biaya dari pemerintah, kamu akan mendapatkan bantuan berikut:

  • UKT/ Uang Kuliah Tunggal Sebesar Rp. 2.400.000 Rupiah langsung dari pemerintah.
  • Biaya Hidup 700.000 tiap bulan
  • Biaya sarana
  • Subsidi Biaya SPP Tetap serta Variabel

Beasiswa Pendidikan Dari Pemkot Yogya

Tidak hanya lembaga kampus, tapi Pemerintah Kota Yogya juga membuat program beasiswa pendidikan, termasuk untuk perguruan tinggi. Tujuan beasiswa tersebut adalah untuk memajukan kualitas bangsa.

Beasiswa ini disalurkan langsung oleh Pemkot untuk 100 mahasiswa unggul yang memegang Kartu Menuju Sejahtera, atau KMS. Tiap penerima akan memperoleh dana hingga Rp2 juta.

Sekarang, kamu sudah tahu dimana dan bagaimana memperoleh beasiswa kuliah di Jogja. Seluruh beasiswa memberikan syarat dan ketentuan yang berlaku. Jadi, persiapkan dirimu mulai sekarang, agar peluang menerima beasiswa menjadi lebih besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *