Berbagai macam beasiswa di Indonesia sangat beragam, tentu menjadi peluang besar bagi calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan. Dengan mendapatkan beasiswa, maka beban biaya untuk membayar kuliah menjadi semakin berkurang. Bahkan ada juga beasiswa penuh yang menanggung semua keperluan mahasiswa hingga lulus.

Banyaknya jenis beasiswa, tentu membuat kamu harus memilih beasiswa yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Agar tepat saat memilih dan mendaftar beasiswa, yuk simak macam-macam beasiswa yang ada di Indonesia.

Macam-macam Beasiswa

Macam beasiswa di Indonesia terbagi atas 3, yaitu berdasarkan bentuk pembiayaan, cakupan pembiayaan, dan sumber pembiayaan. Dalam 3 macam tersebut, kemudian dibagi menjadi beberapa macam beasiswa. Berikut ini macam beasiswa yang ada di Indonesia berdasarkan pembiayaannya.

Macam Beasiswa yang Ditawarkan Berdasarkan Bentuk Pembiayaan

Beasiswa Penelitian

Salah satu beasiswa yang ada di Indonesia yaitu beasiswa penelitian. Beasiswa ini akan menawarkan dana untuk penerima beasiswa yang akan melakukan penelitian tentang bidang studi. Sumber atau sponsor beasiswa jenis ini bisa berasal dari universitas, lembaga pemerintahan, atau perusahaan.

Sumber tersebut biasanya memiliki proyek penelitian dan memerlukan tenaga akademis berkualitas. Jumlah dana yang ditawarkan biasanya bergantung pada banyaknya biaya selama penelitian dan lamanya waktu penelitian.

Beasiswa Bantuan

Beasiswa bantuan merupakan salah satu macam beasiswa di Indonesia. Beasiswa bantuan biasanya ditawarkan atau diberikan kepada mahasiswa yang dinilai memiliki kekurangan dalam ekonomi namun berprestasi dalam bidang akademik.

Biasanya pihak beasiswa akan meninjau kemampuan finansial calon penerima beasiswa berdasarkan beberapa faktor. Faktor tersebut antara lain pendapatan orang tua, biaya hidup, dan lain sebagainya.

Beasiswa Kompetisi

Beasiswa kompetisi merupakan penawaran beasiswa kepada mahasiswa yang ingin mengikuti kompetisi. Kompetisi dalam hal ini yaitu kompetisi berskala nasional dan internasional. Bantuan yang disediakan oleh pemberi beasiswa biasanya mencakup kebutuhan selama kompetisi, seperti pendaftaran, transportasi, dan lain sebagainya.

Beasiswa Non-akademik

Jenis beasiswa di Indonesia selanjutnya yaitu beasiswa non-akademik. Beasiswa jenis ini sangat cocok buat Kamu yang memiliki prestasi di luar bidang akademik. Misalnya mendapatkan prestasi di bidang olahraga.

Beasiswa Ikatan Dinas

Beasiswa ikatan dinas merupakan salah satu jenis beasiswa yang memberi syarat kepada penerima beasiswa untuk “mengikat diri” pada pihak sponsor. Sehingga ada hubungan timbal balik yang saling menguntungkan antara sponsor dengan penerima beasiswa.

Beasiswa Penghargaan

Beasiswa penghargaan merupakan salah satu jenis beasiswa yang ada di Indonesia. Beasiswa penghargaan biasanya menawarkan dana kepada mahasiswa berprestasi dengan pencapaian akademik terbaik.

Indikator dari beasiswa penghargaan ini berdasarkan IPK (Indeks Prestasi Komulatif). Selain itu, buat Kamu yang berprestasi di bidang non-akademik juga memiliki peluang mendapatkan beasiswa jenis ini. 

Macam Beasiswa yang Ditawarkan Berdasarkan Cakupan Pembiayaan

Beasiswa Full Scholarship (Penuh)

Beasiswa penuh termasuk dalam jenis beasiswa berdasarkan cakupan pembiayaan. Beasiswa jenis ini tidak hanya memberikan biaya pendidikan, namun juga memberi dana pendukung bagi penerima beasiswa. Dana pendukung mencakup biaya hidup, transportasi, asuransi, hingga sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran.

Beasiswa Partial Scholarship (Sebagian)

Macam-macam beasiswa S1 di Indonesia selanjutnya yaitu beasiswa sebagian. Berbeda dengan beasiswa penuh, beasiswa sebagian hanya menanggung sebagian dari biaya total yang Kamu perlukan selama masa studi. Biasanya beasiswa sebagian akan memberikan dana untuk biaya kuliah atau akomodasi saja.

Macam Beasiswa yang Ditawarkan Berdasarkan Sumber Pembiayaan

Beasiswa yang Berasal dari Negara Maju

Beasiswa yang berasal dari negara maju merupakan bentuk kerjasama antara negara maju dengan negara berkembang. Kerjasama ini biasanya bergerak dalam bidang pendidikan dan kesejahteraan sosial.

Selain memberikan fasilitas bagi pelajar untuk mendapatkan pendidikan terbaik, beasiswa ini juga bertujuan memperbanyak pusat penelitian di negara berkembang. Contoh beasiswa yang berasal dari negara maju sangat beragam, salah satunya yaitu beasiswa Fulbright dari pemerintah Amerika Serikat.

Beasiswa dari Swasta

Macam beasiswa di Indonesia selanjutnya yaitu beasiswa yang ditawarkan oleh perusahaan besar. Biasanya beasiswa yang ditawarkan merupakan bentuk dari program CSR (Corporate Social Responsibility) perusahaan pada lingkungan. Contoh beasiswa yang berasal dari pihak swasta sangat beragam, salah satunya yaitu beasiswa Djarum plus.

Beasiswa dari Pemerintah

Beasiswa dari pemerintah termasuk jenis beasiswa berdasarkan sumber pembiayaan. Beasiswa jenis ini ditawarkan oleh pihak pemerintah, seperti kementrian. Beasiswa dari pemerintah ini biasanya terbuka untuk umum, sehingga bukan hanya karyawan saja yang bisa mendaftar.

Beasiswa Perguruan Tinggi

Di Indonesia, banyak perguruan tinggi yang memiliki program beasiswa dengan memberikan bantuan dana akademik. Biasanya beasiswa ini ditujukan kepada mahasiswanya sendiri. Selain itu, ada juga perguruan tinggi yang menawarkan beasiswa untuk mahasiswa luar negeri.

Itulah berbagai macam beasiswa yang ada di Indonesia, mulai dari beasiswa penelitian hingga beasiswa perguruan tinggi. Agar bisa mendapatkan beasiswa, tentu Kamu harus mempertahankan prestasi yang dimiliki, baik akademik maupun non-akademik. Selain itu, pastikan juga untuk membaca dengan teliti syarat saat mendaftar beasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *