Kuliah dengan beasiswa pasti menjadi kebanggan tersendiri bagi banyak orang. Namun, proses pencarian beasiswa cukup rumit. Untuk itu, kamu perlu mengenai berbagai macam beasiswa kuliah sebelum memilih yang paling tepat.

Beasiswa kuliah sendiri memiliki banyak macam. Kamu perlu mengetahui kebutuhan dan kualifikasi yang kamu miliki sebelum memutuskan satu beasiswa kuliah yang tepat. Nah, sebenarnya apa saja macam-macam beasiswa kuliah yang bisa kamu dapatkan? Menurut cakupannya, ada dua beasiswa yang tersedia.

Beasiswa Penuh

Sesuai namanya, beasiswa ini tidak hanya mencakup biaya pendidikan. Beasiswa jenis ini juga mencakup kebutuhan pendukung lain yang akan digunakan oleh siswa.

Beasiswa ini umumnya mencakup biaya hidup, akomodasi, perjalanan, asuransi hingga sarana dan prasarana pendukung belajar. Bahkan, ada beberapa beasiswa penuh yang mencakup pembiayaan hidup keluarga si penerima beasiswa. Dengan syarat bahwa si penerima memang benar-benar berasal dari keluarga tidak mampu. Menarik, bukan?

Beasiswa Parsial

Berbanding terbalik dengan sebelumnya, beasiswa ini hanya mencakup sebagian dari total biaya yang kamu butuhkan selama masa studi. Tentunya, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Pemberi beasiswa umumnya akan menanggung biaya studi prioritas yang tidak bisa kamu tanggung. Dana yang diberikan biasanya mencakup biaya kuliah, akomodasi atau short course saja.

Selain cakupan, beasiswa juga terbagi dalam sumber pembiayaannya. Apa saja beasiswa menurut sumber pembiayaan yang dimaksud?

Beasiswa Universitas

Banyak universitas yang memiliki program beasiswa untuk bantuan dana akademik. Beasiswa diberikan untuk mahasiswa di dalam atau luar universitas tersebut.

Untuk mendapatkan beasiswa ini, kamu perlu mempertahankan prestasi terbaik. Prestasi ini tak hanya dalam akademik, namun juga non-akademik.

Beasiswa Pemerintah

Pihak pemerintahan seperti kementerian atau lembaga lainnya juga sering membuka beasiswa. Beasiswa dari pemerintah biasanya berlaku untuk umum, dan bukan hanya untuk karyawan. Beberapa beasiswa yang diberikan oleh pihak pemerintahan adalah LDPD, BAPPENAS dan LIPI.

Beasiswa Pihak Swasta

Jenis beasiswa ini biasanya ditawarkan oleh perusahaan besar atau korporat dalam bentuk program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan tersebut kepada lingkungannya.

Beasiswa Negara

Macam pembiayaan ini hadir sebagai bentuk kerjama antara negara maju dan berkembang dalam bidang pendidikan. Beasiswa ini bertujuan untuk memberikan fasilitas agar pelajar mendapatkan pendidikan yang lebih baik.

Selain itu, beasiswa ini juga diharapkan mampu memperbanyak pusay penelitian di negara berkembang.

Beasiswa Yayasan, Organisasi, dan Komunitas

Sesuai namanya, beasiswa ini disediakan oleh komunitas, organisasi dan Yayasan dengan latar belakar sosial, akademik atau juga keagamaan. Ada cukup banyak Yayasan, organisasi atau komunitas yang memberikan kesempatan beasiswa setiap tahunnya.

Beasiswa Apa yang Tepat Untuk Saya?

Sebelum mendaftarkan ke satu beasiswa, kamu perlu mengetahui apa yang kamu butuhkan. Macam macam beasiswa kuliah tersebut juga perlu kamu ketahui.

Kamu juga perlu mengenal kualifikasi dirimu sendiri, apakah sudah sesuai dengan syarat yang diberikan.

Tentukan universitas yang ingin kamu tuju. Cek apakah universitas tersebut memberikan kesempatan beasiswa atau tidak. Jika universitas yang kamu tuju menyediakannya, maka beasiswa tersebut mungkin akan sesuai untukmu.

Perlu dicatat bahwa ada beberapa beasiswa yang dikhususkan untuk jurusan kuliah tertentu. Hal ini perlu kamu cek ulang karena bisa saja beasiswa yang diberikan tidak mencakup jurusan kuliah yang dituju.

Kenali juga keadaan finansial yang kamu miliki. Jika kamu masih memiliki dana untuk biaya lainnya, maka kamu bisa mengambil beasiswa parsial. Jika biaya kuliah terlalu berat, kamu bisa mengambil beasiswa penuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *