Melanjutkan kuliah di luar negeri memang membutuhkan banyak persiapan. Mulai dari berbagai dokumen yang harus dipersiapkan, hingga beasiswa yang bisa dipilih. Beasiswa memang manjadi salah satu upaya untuk berkuliah di luar negeri. Di Italia sendiri, program beasiswa Italia tersedia dan diperuntukan untuk para siswa internasional.

Kini, impian untuk kuliah di Italia bukan lagi menjadi mimpi. Kamu bisa melanjutkan studi di Italia dengan mendaftarkan diri ke program beasiswa yang diberikan oleh beberapa pihak atau lembaga pemerintahan Italia. Berikut beberapa program beasiswa Italia yang bisa kamu pilih.

Italian Government Scholarship

Pemerintah Italia menawarkan sejumlah program beasiswa kepada mahasiswa internasional dan mahasiswa atal Italia sendiri. Program beasiswa ini dikhususkan untuk para siswa yang memilih gelar sarjana dan pascasarjana.

Terdapat pula, beasiswa untuk para siswa yang mengambil pendidikan tinggi di bidang Seni, Dance dan Musik. Dana yang diberikan oleh program beasiswa Italia bervariasi. Beberapa di antaranya dapat diperbaharui, sehingga kamu bisa menerima beasiswa tersebut selama beberapa tahun masa studi.

Pendaftaran untuk beasiswa ini biasanya dimulai pada awal April setiap tahunnya.

Invest Your Talent

Program yang satu ini diberikan oleh pemerintah Italia untuk para siswa. Pilihan tujuan pendidikan di program ini adalah 24 universitas negeri dan 2 universitas swasta.

Program yang satu ini juga hanya diberikan untuk beberapa jurusan, seperti misalnya Engineering, Economy & Business, Hospitality, Design dan Advanced Technology. Batas usia maksimal untuk program beasiswa ini adalah 26 tahun dan hanya berlaku untuk kamu yang mengambil program S2 dan S3.

Beasiswa ini sendiri hanya berlaku untuk para siswa dari Kolombia, Mesir, Indonesia, Vietnam, Meksiko dan beberapa negara lainya.

Bocconi Scholarship

Bocconi Scholarship menawarkan beasiswa untuk para siswa internasional dalam tingkat sarjana dan pascasarjana. Beasiswa ini diberikna untuk para siswa yang mendaftarkan diri di Discover your Talent, Musim Dingin atau Musim Semi.

Beasiswa ini mencakup pendanaan biaya kuliah penuh satu tahun, atau sekitar €11,000. Jumlah ini bisa saja diperharui.

Pendaftaran yang dilakukan untuk beasiswa ini harus diserahkan beserta pendaftaran program studi.

University of Pavia Fund for Cooperation and Knowledge

Salah satu beasiswa kuliah di Italia yang bisa kamu pilih selanjutnya adalah University of Pavia Fund for Cooperation and Knowledge. Program ini terbuka untuk mahasiswa yang berasal dari negara-negara yang telah diakui dan ingin berpartisipasi dalam program pertukaran satu tahun di universitas ini.

Dana yang diberikan sebesar €8,000 dan dapat mencukupi biaya kuliah selama satu tahun lamanya. Biasanya, pendaftaran untuk beasiswa ini dimulai pada bulan Mei setiap tahunnya.

Beasiswa Maeci

Beasiswa yang dikeluarkan oleh MAECI atau Kedutaan Luar Negeri Italia ini bisa kamu pilih. Salah satu beasiswa Italia ini hanya berlaku untuk pendaftar di program S2 dan S3.

Batas usia maksimal di program beasiswa ini adalah 28 tahun. Uniknya, beasiswa ini hanya berlaku untuk semua jurusan di universitas yang ada di Italia.

Sebagai pendaftar, kamu bebas memilih di universitas mana yang akan kamu tuju.

DSU Allertie

Program beasiswa yang satu ini berbeda dengan yang lainnya. Hal ini karena DSU Allertie hanya berlaku untuk mahassiwa internasional yang sudah menetap atau tinggal di Italia.

Ini akan memudahkan para siswa internasional yang sudah berada di Italia. Hal ini karena mereka tidak perlu pulang ke negara asal untuk mengurus proses pendidikan dari awal lagi.

Tips Pendaftaran Beasiswa Italia

Untuk bisa memperluas kesempatan kamu mendapatkan beasiswa Italia, kamu perlu mengetahui beberapa tahap.

Kamu perlu menghubungi international office terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kamu telah memenuhi semua syarat yang berlaku untuk mendaftarkan diri.

Kamu juga perlu memperhatikan batas akhir pendaftaran. Hal ini untuk meminimalisir keterlambatan penyerahan dokumen dan formulir beasiswa yang diminta oleh pihak penyedia beasiswa.

Setelah itu, kamu perlu mencari informasi sebanyak-banyaknya seputar beasiswa Italia. Ada banyak program beasiswa di negara ini yang bisa kamu pilih. Kamu hanya perlu mencari dan menemukan satu program beasiswa yang sangat tepat untukmu.

Kamu juga bisa mendaftarkan diri di lebih dari satu program beasiswa, karena kemungkinan kamu ditawarkan beasiswa akan semakin besar. Jangan malas untuk membuat daftar beasiswa apa saja yang tersedia.

Pastikan kamu memilih dan mencari informasi beasiswa di sumber-sumber resmi dan terpercaya.

Selain itu, kamu juga perlu memiliki LoA atau Letter of Acceptance dari universitas yang dituju. Hal ini agar pihak kementerian yakin bahwa kamu bisa memenuhi syarat penerima beasiswa.

Mengapa Memilih Beasiswa Italia?

Kuliah di Italia akan membuat kamu memiliki pengalaman kuliah yang luar biasa. Universitas di negara ini biasanya akan memberikan pendidikan yang spesifik dan mendalam tentang jurusan yang kamu tuju.

Karena hal ini, universitas di Italia mampu melahirkan lulusan-lulusan yang mahir di bidangnya dan siap untuk bekerja.

Kamu juga dengan mudah menemukan universitas ternama di Italia, sebab universitasnya tersebar merata di beberapa kotanya.

Semua universitas di sini memberikan kualitas pendidikan yang sama. Tidak akan ada bedanya jika kamu kuliah di universitas negeri atau swasta dalam aspek kualitas pendidikannya.

Beasiswa Italia akan memberikan kesempatan untuk kamu yang berencana kuliah di Italia. Setelah lulus nanti, kamu akan dibekali dengan kemampuan dan ilmu yang spesifik dengan bidang yang kamu pilih.

Jika kamu cuku pberuntung, maka ada kesempatan untuk bekerja langsung di Italia sesuai dengan bidang yang kamu inginkan.

Di beberapa universitas Italia, bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Inggris. Sehingga kamu tak perlu kesulitan untuk berkomunikasi dan memahami perkuliahan.

Jika program kuliah kamu menggunakan bahasa Italia, kamu perlu menyerahkan sertifikat CILF sebagai bukti kemahiran berbahasa Italia.

Karena biaya hidup yang cukup mahal di negara ini, maka beasiswa yang diberikan akan sangat membantu kondisi finansial kamu. Sebab, beberapa program beasiswa juga memberikan bantuan dana penuh selama masa studi.

Untuk bisa mendapatkan beasiswa Italia, kamu perlu mencari banyak informasi dan mendaftarkan diri segera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *