Selain sebagai menambah wawasan, kuliah dibutuhkan untuk masa depan. Apakah kamu satu diantaranya yang sedang cari beasiswa? Berikut info beasiswa di UHAMKA yang bisa kamu simak agar bisa memiliki masa depan cerah.

Meski banyak universitas lain yang juga memberikan beasiswa, tapi buat kamu yang dekat lokasi dengan Universitas ini bisa menjadikannya solusi terbaik. Selain memiliki kualitas yang bagus, UHAMKA juga punya beberapa jurusan yang bisa kamu pilih.

Jenis Beasiswa di UHAMKA

Berikut info beasiswa di UHAMKA yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan study.  Ada 4 jalur beasiswa yang ditawarkan. Pertama, beasiswa khusus, beasiswa Bidik Kader Prestasi, beasiswa prestasi, dan yang terakhir beasiswa hafiz Quran.

1. Beasiswa Khusus

Untuk kamu yang ingin mendaftar beasiswa ini dibuka hanya untuk gelombang I hingga IV saja. Menariknya beasiswa ini tidak berlaku untuk pilihan Fakultas Farmasi dan Fakultas Kedokteran. Adapun ketentuannya yaitu:

Pertama bisa melalui Jalur Tanpa Tes. dengan syarat nilai rata-rata raport semester 5 atau 6 rata-rata >= 8,0. Untuk biaya yang diberikan senilai Rp1.000.000 berlaku untuk gelombang I – II dan Rp750.000 untuk gelombang III – IV.

Bagi kamu yang ingin melalui jalur nilai rata-rata raport semester 5 atau 6 juga bisa dengan rata-rata nilai >= 7,5. Maka Biaya Rp500.000,- untuk gelombang I – IV

Bisa juga kamu menggunakan jalur siswa berprestasi di bidang ilmiah, keagamaan, olahraga serta seni minimal tingkat kabupaten/kota. biaya yang diberikan senilai Rp1.000.000 untuk gelombang I – II dan Rp500.000 untuk gelombang III – IV.

2. Beasiswa Bidik Kader Prestasi

Beasiswa Bidik Kader Prestasi diberikan kepada calon mahasiswa sebesar 30% dari Biaya Operasional Pendidikan (BOP). Sebagai catatan, beasiswa ini tidak berlaku untuk pilihan Program Studi Farmasi dan Program Studi Teknik Kardiovaskuler.

Mengenai info Beasiswa di UHAMKA yang berbasis Beasiswa Bidik Kader Prestasi hanya diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK Muhammadiyah atau siswa yang memiliki nilai rapot semester 1-5 dengan rata – rata minimal 7,5.

Berkas yang harus dilengkapi ialah dengan mengisi Formulir Pendaftaran dan melampirkan berkas sebagai persyaratan yang wajib dipenuhi.

Adapun berkasnya yaitu Fotokopi kartu pelajar/surat keterangan siswa, Fotokopi rapor semester 1 – 5 (dilegalisasir asli), Fotokopi ijazah (dilegalisasir asli), Surat berkelakuan baik dari Kepala Sekolah, dan Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah yang ditujukan kepada Rektor UHAMKA.

Apabila kuota sudah penuh, maka pendaftaran akan ditutup sebelum masa penerimaan mahasiswa baru berakhir.

3. Beasiswa Prestasi

Berikut info Beasiswa di UHAMKA  melalui jalur Beasiswa Prestasi yang ditujukan kepada calon mahasiswa dengan perolehan beasiswa sebesar 25% dari BOP selama 8 semester, potongan 50% untuk biaya formulir mahasiswa baru, dan bebas tes masuk kecuali pilihan program studi PGSD dan Bahasa Indonesia.

Untuk bisa mendapatkan beasiswa ini, calon mahasiswa harus dari Lulusan SMA/SMK/MA Negeri dan Swasta Umum tahun 2018-2021 yang mendapatkan peringkat 1 – 15 pada semester 5 atau 6 di kelasnya.

Calon penerima beasiswa ini cukup Mengisi formulir pendaftaran mahasiswa baru dan calon penerima beasiswa, selain  itu kamu juga harus mendapat surat rekomendasi dari kepala sekolah yang di tujukan kepada rektor UHAMKA, kemudian Fotokopi ijazah/Surat keterangan Lulus (sudah dilegalisasir asli), Surat keterangan peringkat dari kepala sekolah (asli), Fotokopi Rapor semester 5 atau 6 (dilegalisasir asli), dan Surat berkelakuan baik dari Kepala Sekolah.

Sebagai catatan penting bahwa beasiswa prestasi ini Tidak berlaku untuk pilihan Fakultas Farmasi dan Fakultas Kedokteran.

4. Beasiswa Hafiz Quran

Sajian selanjutnya terkait Info Beasiswa di UHAMKA yang terakhir yaitu khusus diberikan kepada calon mahasiswa yang mendaftar di Fakultas Agama Islam saja dengan mendapatkan kompensasi beasiswa berupa Bebas biaya pendidikan di UHAMKA dengan masa pendidikan paling lama 8 semester dan bebas biaya formulir mahasiswa baru

Untuk persyaratannya ada 2 yaitu persyaratan secara umum dan secara khusus. Adapun persyaratan umumnya sama dengan persyaratan beasiswa khusus, beasiswa bidik kader prestasi, dan beasiswa prestasi.

Persyaratan Khususnya yaitu berkemampuan menghafal Al Quran minimal 15 Juz serta memiliki kemampuan akademik tinggi, kemampuan menghafal Al Quran dibuktikan dengan syahadah dari pengasuh, menyerahkan rekomendasi dari pengasuh, lulus tes hafalan Al Quran dan seleksi wawancara yang dilakukan oleh tim penguji dari UHAMKA, dan tidak berstatus sebagai penerima beasiswa dari sumber lain.

Mahasiswa yang memperoleh beasiswa ini akan dievaluasi hafalan dan akademiknya tiap semester. Beasiswa ini dapat diperpanjang jika penerima beasiswa memenuhi kualifikasi evaluasi di tiap semester oleh tim penguji UHAMKA.

Demikian informasi mengenai Beasiswa di UHAMKA dengan empat jalur beasiswa untuk kamu supaya bisa mendapatkan beasiswa secara gratis. Persiapkan diri kalian dengan matang supaya memperoleh hasil yang memuaskan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *