Kuliah jurusan internet marketing menjadi pilihan tepat bagi Kamu yang senang dengan dunia digital. Adanya perkuliahan jurusan internet marketing tentu tidak lepas dari teknologi yang semakin berkembang setiap tahunnya. Jurusan internet marketing merupakan salah satu jurusan yang mempelajari strategi pemasaran dan periklanan.

Setiap mahasiswa yang mengambil jurusan internet marketing akan diarahkan untuk berpikir kreatif dan inovatif dengan tetap memperhatikan perkembangan tren. Bagi Kamu yang senang dengan dunia marketing dan digital, maka jurusan ini bisa dijadikan pilihan tepat.

Apa itu Internet Marketing?

Internet marketing adalah metode promosi produk dengan menggunakan media internet atau digital. Dibandingkan marketing konvensional, internet marketing lebih banyak dibutuhkan. Hal ini karena metode promosi dengan memanfaatkan internet memiliki jangkauan yang lebih luas dan tidak terbatas. Metode promosi yang digunakan antara lain online advertising, mobile marketing, dan lain sebagainya.

Seperti yang diketahui, sekarang banyak orang lebih senang menggunakan internet dibandingkan cara konvensional. Hal ini tentu bisa menjadi peluang tepat untuk mengembangkan karier.

Sehingga, memilih jurusan internet marketing menjadi pilihan tepat untuk mengembangkan karier di masa depan. Terdapat 3 keuntungan mengambil jurusan internet marketing, yaitu sebagai berikut.

Kemampuan Lebih Berkembang

Kemampuan lebih berkembang merupakan salah satu keuntungan mengambil kuliah jurusan internet marketing. Hal ini karena Kamu akan diajarkan berbagai hal tentang dunia marketing, mulai dari membuat iklan hingga strategi pemasaran produk.

Namun sebelum diajarkan tentang strategi pemasaran, sebelumnya setiap mahasiswa akan diajari materi digital umum. Materi digital umum yang diajarkan antara lain dasar akuntasi, ilmu komputer dan pemograman, manajemen bisnis, dan lain sebagainya.

Kemudian menginjak semester berikutnya, Kamu akan diajarkan materi seputar bisnis digital. Ada pun materi seputar bisnis digital antara lain pengembangan website, analisis data, pemrograman komputer, pemasaran digital, dan lain sebagainya.

Banyaknya materi yang diajarkan seputar internet dan pemasaran tentu bisa menambah kemampuan Kamu. Sehingga Kamu bisa terus mengasah pikiran agar lebih kreatif dan inovatif.

Banyaknya Pilihan Karier

Keutungan memilih kuliah jurusan internet marketing selanjutnya yaitu banyaknya pilihan karier. Seperti yang diketahui, internet menjadi kebutuhan banyak orang. Sehingga dengan memilih jurusan yang berhubungan dengan dunia digital, tentu memudahkanmu dalam menentukan karier di masa depan.

Bidang Pekerjaan Tidak Terbatas

Keuntungan mengambil kuliah S1 Digital marketing yaitu bidang pekerjaan yang tidak terbatas. Pekerjaan sebagai marketing sangat diperlukan di berbagai bidang perusahaan, apalagi di era serba digital seperti sekarang.

Hal ini tentu lebih memudahkanmu mendapatkan pekerjaan setelah lulus nantinya. Jika tidak senang bergabung dengan perusahaan, Kamu bisa mendirikan usaha sendiri dengan strategi marketing yang dimiliki.

Prospek Kerja

Bagi Kamu yang ingin kuliah jurusan internet marketing, tidak perlu ragu lagi untuk memilihnya. Hal ini karena prospek kerja jurusan ini sangat menjanjikan dan sangat beragam. Ada pun prospek kerja jurusan internet marketing, yaitu sebagai berikut.

Digital Marketing Analyst

Digital marketing analyst merupakan salah satu prospek kerja lulusan internet marketing. Profesi ini sangat dibutuhkan, terutama bagi perusahaan startup. Tugas seorang digital marketing analyst yaitu bertanggung jawab sepenuhnya terhadap semua kegiatan pemasaran yang dilakukan secara online.

Selain itu, seorang digital marketing analyst juga bertanggung jawab mengembangkan branding perusahaan, melakukan promosi konten melalui internet, dan lain sebagainya.

Entrepreneur

Prospek kerja jurusan internet marketing selanjutnya yaitu jadi seorang entrepreneur. Hal ini karena dalam materi kuliah digital marketing, Kamu akan mendapatkan ilmu dasar untuk mendirikan usaha.

Kamu akan diajari cara menganalisis pangsa pasar, cara menjalankan digital campaign, cara membuat grafis untuk kebutuhan media sosial, dan lain sebagainya. Adanya kemampuan inilah yang bisa mendorong Kamu untuk membangun bisnis sendiri.

Copywriter

Prospek kerja jurusan internet marketing yaitu sebagai copywriter. Pekerjaan ini sangat cocok bagi Kamu yang memiliki hobi menulis. Profesi copywriter bukan hanya sekadar menulis konten saja, namun lebih fokus ke pemasaran produk.

Seorang copywriter harus mampu menganalisis target pasar yang bisa dijadikan sebagai prospek pelanggan. Selain itu, seorang copywriter harus mampu membuat konten yang bisa menarik banyak pelanggan agar perusahaan semakin berkembang.

Media Planner

Prospek kerja jurusan internet marketing selanjutnya yaitu sebagai media planner. Tanggung jawab seorang media planner yaitu memilih dan menentukan platform media yang tepat untuk melakukan pemasaran. Agar bisa menjadi media planner berkualitas, maka diperlukan keterampilan riset dan analisis yang baik. Ilmu tentang keterampilan riset dan analisis bisa didapatkan saat masih kuliah.

Terdapat berbagai keuntungan jika mengambil kuliah jurusan internet marketing, mulai dari bisa mengembangkan pengetahuan hingga bidang pekerjaan yang tidak terbatas. Selain itu, prospek kerja jurusan internet marketing sangat beragam dan menjanjikan. Sehingga bagi Kamu yang bingung ingin mengambil jurusan apa saat kuliah nanti, maka jurusan internet marketing bisa dijadikan pilihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *