Kamu mungkin sedang bingung Apakah harus kuliah S2 atau langsung kerja, sehingga penting banget untuk mencari tahu apa sih keuntungan jika melanjutkan kuliah S2.  Banyak pelajar di Indonesia memilih langsung kerja setelah lulus program studi sarjana daripada harus melanjutkan pascasarjana. Namun jangan salah, karena ada banyak keuntungan melanjutkan studi hingga pascasarjana sebagaimana berikut.

1. Lulusan pascasarjana memiliki pengetahuan mendalam

Melanjutkan pendidikan pascasarjana membantu kemampuan akademis terus bertambah dan akan semakin banyak pengalaman belajar serta wawasan yang kamu tahu.

Saat lanjut, wawasan yang kamu terima jadi lebih mendalam dan bahkan bersifat kepakaran. Contohnya jika kamu mengambil pendidikan S1  jurusan komunikasi dan melanjutkan S2 dengan mengambil jurusan yang lebih spesifik sehingga kamu juga akan lebih dinilai pada dunia kerja karena posisi yang kamu lamar juga sangat spesifik.

2. Memiliki kemampuan riset serta analisis tinggi

Keuntungan kuliah S2 adalah karena banyak program pembelajaran langsung di lapangan dengan durasi lebih singkat, yaitu 2 tahun. Perkuliahan S2 lebih banyak melakukan analisis, riset, dan praktik langsung ke lapangan.

Artinya, kamu pasti punya skill riset dan analisis tinggi ketika sudah lulus kuliah S2 dan terjun pada dunia kerja. Kamu juga akan lebih terlihat bernilai di mata perusahaan, apalagi jika kamu ingin mengambil peluang pekerjaan manajer.

3. Koneksi luas

Setelah lulus S1 banyak sekali mahasiswa yang memilih berkarir. Setelah itu mereka akan melanjutkan program pendidikan pascasarjana. Ada juga yang sudah bekerja pada perusahaan ternama, namun masih ingin melanjutkan pendidikan sampai jenjang S2.

Itulah mengapa banyak mahasiswa pascasarjana yang kuliah dan ternyata sudah punya pengalaman kerja pada berbagai tempat. Disadari atau tidak, pendidikan pascasarjana terbilang penting karena untuk meningkatkan kualitas pendidikan seseorang.

Pendidikan S2 meningkatkan kapasitas untuk peluang kerja lebih baik, serta membangun koneksi lebih luas karena lingkungan pertemanan sudah mencapai ke berbagai perusahaan.

Kalaupun kamu belum sempat bekerja setelah lulus sarjana dan langsung mengambil program S2, kamu dapat bertemu dengan teman-teman yang sudah berpengalaman untuk membangun koneksi, dan tidak hanya sekedar belajar dari pengalaman atau teori dosen saja.

4. Kuliah pascasarjana menjanjikan karir lebih tinggi

Sampai saat ini, banyak perusahaan menetapkan syarat pelamar kerja harus memiliki pendidikan terakhir S2 untuk posisi penting. Alasannya karena lulusan S2 memiliki kapasitas, wawasan lebih mendalam terhadap bidang tertentu.

Jika kamu lulus kuliah S2, dapat kamu jadikan sebagai batu loncatan agar memperoleh posisi kerja lebih tinggi dan mendapatkan gaji lebih besar daripada lulusan S1. Apalagi jika kamu adalah lulusan S2 dari sebuah universitas bergengsi di dalam atau di luar negeri.

5. Lulusan pascasarjana memiliki pola pikir lebih matang

Keuntungan kuliah S2 yang sudah terbukti adalah memiliki pola pikir lebih matang. Selain faktor kedewasaan, pola pikir berkembang lebih matang karena faktor pendidikan. Apalagi jika  selama kuliah S2, para pendidik akan mengasah skill berpikir logis data terstruktur. Latar belakang dan umur mahasiswa S2 juga sangat bervariasi jika dibandingkan dengan mahasiswa S1 sehingga kamu dapat belajar banyak hal dari semua kalangan yang sudah dewasa dan lebih punya banyak pengalaman.

Dengan interaksi sosial bervariasi kamu dapat belajar menghadapi banyak orang dan meningkatkan pola pikir lebih matang serta lebih siap bekerja. 

Itulah informasi lengkap tentang Apa saja keuntungan kuliah S2 baik untuk perkembangan personal atau untuk membangun karir masa depan lebih baik.  Semoga dengan informasi tersebut kamu merasa lebih yakin dan mantap untuk mengambil program S2, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *