Apakah kamu pernah melihat para pelajar Indonesia yang berhasil mendapatkan beasiswa kuliah di Korea, dan seketika kamu penasaran dengan bagaimana cara mendapatkan beasiswa tersebut?

Kali ini, kamu dapat menyimak sebuah pengalaman yang dibagikan oleh pelajar yang sudah pernah mendapatkan beasiswa di Korea. Bahkan kamu bisa menggunakan tips ini untuk memperoleh beasiswa ke negara lain, karena memang sistem beasiswa pada dasarnya hampir sama di semua negara.

Sumber Beasiswa Kuliah Di Korea

Entah kamu ingin kuliah di Korea atau di negara lain, ada banyak sumber program beasiswa tersedia. Pertama, kamu dapat memperoleh beasiswa dari pemerintah Indonesia. Contohnya, beasiswa dari LPDP, Ristek, DIKTI, dan lainnya.

Sumber beasiswa kedua adalah dari pemerintah Korea. Kamu bisa menggunakan tawaran beasiswa GKS atau kgsp yang merupakan singkatan dari korean government scholarship program.

Sumber beasiswa ketiga dapat kamu peroleh dari universitas yang membuka research Assistant. Kamu bisa langsung membuka situs milik LPDP jika ingin mendapatkan informasi lebih lanjut. Karena, LPDP juga menawarkan beasiswa kuliah ke luar negeri.

Sementara itu,KGSP adalah program beasiswa full support. Artinya, penerima beasiswa ini akan mendapatkan dukungan pembuatan Visa, tiket pesawat, dana kedatangan, biaya hidup di Korea, uang kuliah, uang buku, uang untuk eksperimen, dan lainnya.

Ketika hendak mendaftar beasiswa kuliah di Korea, siapkan secara matang. Kamu bisa mengirim seluruh berkas pada panitia KGSP dengan menetapkan 3 Universitas pilihan di Korea. Atau, kamu bisa langsung menuju ke panitia KGSP yang sudah berada di lokasi Universitas yang kamu pilih.

Beasiswa Research Assistant adalah salah satu pilihan beasiswa yang sering digunakan oleh para pelajar Indonesia. Tidak hanya untuk kuliah di Korea, kamu juga bisa menggunakan program ini untuk kuliah di luar negeri lainnya.

Tetapkan Jurusan Dari Awal

Ketika hendak mencari program beasiswa, pikirkan secara matang Jurusan apa yang ingin kamu ambil. Setelah itu, kamu dapat mengumpulkan berbagai data profesor sesuai dengan minat yang kamu inginkan. Untuk memulainya, gunakan Google untuk mencari universitas terbaik di Korea.

Kemudian, akan muncul hasil daftar 100 universitas swasta dan negeri di Korea terbaik. Buka website yang kamu inginkan dan carilah link departement sesuai minat misalnya Business. Kamu juga akan menemukan berbagai jurusan yang ada pada Universitas tersebut. Lanjutkan pencarian website lap sesuai minat dan catat nomor telepon atau email kantor profesor.

Siapkan Berkas Persyaratan

Pastikan juga kamu telah menyiapkan seluruh berkas penting dalam format bahasa Inggris seperti ijazah, CV, study plan, transkrip, sertifikat TOEFL/TOEIC/IELTS, dan syarat lainnya. Masing-masing universitas di Korea pasti memiliki skor persyaratan yang berbeda.

Jika seluruh berkas sudah siap, mulailah mengirim email ke profesor. Beri tulisan prospective student pada bagian subjek email dan tambahkan penjelasan apakah prospektif tersebut adalah Master, PHD, atau Combined.

Hubungi Profesor Untuk Beasiswa Kuliah di Korea

Jangan lupa untuk menulis email dengan menarik, misalnya dengan memperkenalkan diri dan menyebut IPK. Sebaiknya lampirkan juga paper terbitan pada S1 dan sebutkan bahwa kamu telah membaca seluruh para Profesor tersebut dan menyatakan bahwa kamu tertarik untuk bergabung dan menjadi mahasiswa Profesor tersebut.

Seluruh paper yang sudah kamu baca tersebut akan kamu pertanggungjawabkan ketika di lab. Untuk itu, persiapkan diri dengan sebaik mungkin, dan pahami. Tampilkan juga seluruh berkas yang sudah kamu siapkan tadi. Jika sudah mengirimkan email, maka kamu dapat menunggu balasan dari profesor maksimal 48 jam.

Jika Profesor tersebut tidak menjawab dalam hitungan 2 hari kamu dapat menghubungi dan menyebutkan nama serta kata-kata bahwa kamu tertarik untuk bergabung dalam lab sebagai mahasiswa PHD. Katakan juga bahwa kamu telah mengirimkan seluruh dokumen agar Profesor dapat langsung memeriksanya.

Jika Profesor tertarik dengan CV serta email yang kamu kirimkan biasanya profesor akan melakukan interview secara online. Menyiapkan interview tersebut harus sebaik mungkin.

Jika kamu diterima, tanyakan pada profesor berapa biaya kuliah serta gaji yang akan kamu peroleh dengan menjadi mahasiswa di lab. Setelah itu, mengirimkan berbagai berkas ke Universitas tersebut dan tunggu informasi lainnya dari email. Beasiswa kuliah di Korea ini dapat kamu jadikan sebagai cara untuk memulai kuliah di negeri lain sesuai yang kamu inginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *