Bisa melanjutkan pendidikan jurusan Psikologi di luar negeri tentu menjadi keinginan setiap mahasiswa. Keinginan ini tentu didorong beberapa alasan positif, salah satunya bisa belajar lebih banyak tentang ilmu Psikologi. Selain itu, mendapatkan kesempatan belajar di luar negeri juga bisa memperluas jaringan pertemanan.

Seperti yang diketahui, Psikologi termasuk jurusan kuliah yang banyak diminati. Maka tak heran banyak universitas yang memiliki jurusan ini, baik dalam negeri maupun luar negeri. Terdapat banyak universitas yang menyediakan jurusan Psikologi. Berikut ini daftar Universitas dengan jurusan Psikologi terbaik yang bisa kamu pilih.

Harvard University    

Universitas yang memiliki jurusan psikologi yaitu Harvard University. Universitas yang terletak di Massachusetts, Amerika Serikat ini merupakan salah satu universitas terbaik di dunia, begitu pula dengan jurusan Psikologinya. Bagi kamu yang ingin kuliah jurusan Psikologi di luar negeri, maka universitas ini bisa dijadikan pilihan tepat.

Stanford University

Selain Harvard, Stanford University juga termasuk universitas yang memiliki jurusan Psikologi terbaik di dunia. Bahkan jurusan Psikologi merupakan salah satu departemen pertama yang didirikan di Stanford. Stanford University terletak di California, Amerika Serikat. Universitas ini bisa dijadikan pilihan buat kamu yang ingin kuliah jurusan Psikologi di kampus terbaik.

University of Cambridge

Universitas di luar negeri yang memiliki jurusan Psikologi terbaik yaitu University of Cambridge. Universitas ini terletak di bagian Britania Raya ini memiliki jurusan Psikologi sejak tahun 1897. Jika kuliah jurusan Psikologi di universitas ini, maka kamu bisa mendapatkan kesempatan menjadi sukarelawan di berbagai organisasi Psikologi bertaraf Internasional.

University of Oxford

Universitas yang memiliki jurusan Psikolog di luar negeri selanjutnya yaitu University of Oxford. Universitas ini memiliki Departemen Psikologi Eksperimental Oxford yang dianggap sebagai Departemen Psikologi terkemuka di Inggris. Bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah jurusan Psikologi, maka Kampus ini bisa dijadikan pilihan tepat.

University of California, Berkeley

Daftar universitas dengan jurusan Psikologi terbaik yaitu University of California, Berkeley. Bahkan jurusan Psikologi di University of California ini dikenal sebagai jurusan terbaik di dunia. Universitas yang berada di California, Amerika Serikat ini terkenal ketat dalam seleksi mahasiswanya.

Kelebihan Memilih Kuliah di Luar Negeri

Setelah mengetahui daftar universitas yang memiliki jurusan Psikologi, selanjutnya yaitu kelebihan kuliah di Luar negeri. Terdapat kelebihan yang kamu dapatkan jika memilih jurusan Psikologi di luar negeri, diantaranya sebagai berikut:

Fasilitas Lengkap

Kelebihan melanjutkan pendidikan di luar negeri yaitu mendapatkan fasilitas lengkap untuk mendukung mahasiswa dalam mendalami jurusan. Fasilitas yang didapatkan antara lain dukungan alat-alat canggih, laboratorium untuk kebutuhan penelitian, pengajar kompeten di bidangnya, dan lain sebagainya.

Kesempatan Magang

Selain fasilitas lengkap, kelebihan melanjutkan pendidikan di luar negeri yaitu memiliki kesempatan magang di perusahaan sesuai spesialisasi yang dipilih. Setiap mahasiswa bisa langsung melakukan praktek ilmu yang didapat saat kuliah. Hal ini tentu menjadi pengalaman tersendiri bagi mahasiswa, karena bisa langsung merasakan pekerjaan sesungguhnya. 

Karier Global

Bisa menempuh karier global merupakan salah satu kelebihan mengambil jurusan Psikologi terbaik di luar negeri. Sebagai lulusan dari universitas terbaik di luar negeri, tentu kamu memiliki kesempatan karier lebih luas. Misalnya bisa berkarier di negara asal, negara tempat kuliah, atau negara lain.

Prospek Kerja Lulusan Psikologi

Psikologi termasuk jurusan favorit yang banyak diminati. Hal ini tentu tidak lepas dari banyaknya peluang menjanjikan setelah lulus dari jurusan Psikologi. Terdapat banyak prospek kerja bagi lulusan Psikologi, 3 diantaranya sebagai berikut.

Psikolog Penerbangan

Psikolog penerbangan atau Aviation Psychologist termasuk prospek kerja bagi jurusan psikologi, baik jurusan psikologi di luar negeri atau dalam negeri. Seorang psikolog penerbangan bertugas memberikan layanan atau konseling kepada pilot dan kru penerbangan.

Adanya layanan konseling ini bertujuan untuk mengatasi masalah, kecemasan, dan stress yang bisa dialami kru penerbangan. Selain memberikan konseling di penerbangan umum, seorang psikolog penerbangan juga bisa bekerja pada bidang militer negara. Misalnya memberikan konseling kepada pilot pesawat tempur untuk mengatasi trauma yang terjadi akibat pertempuran.

Clinical Psychologist

Prospek pekerjaan bagi lulusan psikologi yaitu sebagai clinical psychologist atau dikenal sebagai psikolog klinis. Seorang psikolog klinis bertugas memberikan layanan secara langsung kepada klien yang memerlukan bantuan untuk mengatasi masalah mental. Selain itu, seorang psikolog klinis juga mengelola dan menafsirkan tes kepribadian, membuat rencana perawatan, serta melakukan psikoterapi.

Konselor

Prospek kerja lulusan psikologi selanjutnya yaitu sebagai konselor. Seorang yang berprofesi sebagai konselor bertugas memberikan layanan dukungan konseling maupun rehabilitasi. Seorang konselor bisa bekerja di berbagai tempat seperti lembaga hukum, lembaga pendidikan, rumah sakit, dan praktik pribadi.

Psikologi merupakan salah satu jurusan favorit karena memiliki prospek kerja menjanjikan. Bahkan jurusan ini juga terdapat di hampir seluruh universitas dunia. Terdapat 5 universitas terbaik yang memiliki jurusan Psikologi di luar negeri, mulai dari Harvard University hingga University of California, Berkeley. Dari 5 universitas di atas, manakah yang kamu inginkan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *