Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan salah satu lembaga beasiswa di Indonesia yaitu LPDP, lembaga pengelola dana pendidikan yang selalu memberikan beasiswa bagi ribuan mahasiswa pada jenjang pendidikan magister atau doktoral.

Jika kamu sedang berjuang untuk memperoleh beasiswa tersebut maka wajib menyelesaikan program studi sarjana atau sarjana terapan.

Syarat dan Ketentuan LPDP

Terdapat syarat atau ketentuan umum agar kamu dapat mengikuti beasiswa dari LPDP.

Program beasiswa reguler tersedia pada jenjang magister satu gelar atau dengan sebutan single degree, dengan studi paling lama 24 bulan sedangkan program doktoral single degree yaitu program paling lama 48 bulan.

Kedua, program beasiswa reguler pada jenjang magister tersedia dengan kemudahan memilih 3 universitas dalam atau luar negeri, tetapi harus mengambil jurusan sejenis.

Jika ingin mengambil program beasiswa Reguler dari lembaga beasiswa di Indonesia ini, maka harus memahami bahwa jika nanti terpilih sebagai penerima beasiswa kamu harus menyerahkan sebanyak 1 LoA Unconditional dari universitas yang sudah kamu pilih. Serta, penerima beasiswa tidak boleh pindah ke perguruan tinggi lain atau ke jurusan lain.

Sedangkan untuk program beasiswa reguler bagi mahasiswa yang ingin studi lanjut doktoral, maka harus memilih hanya satu perguruan tinggi serta program studi. Kamu juga tidak diperbolehkan untuk pindah dari pilihan semula.

Ada beberapa berkas yang wajib kamu Siapkan jika ingin mengurus beasiswa LPDP dari lembaga beasiswa di Indonesia ini yaitu:

  • Surat izin ikut seleksi bagi yang sedang bekerja
  • Surat Keterangan Sehat secara jasmani
  • Salinan ijazah juga transkrip nilai, sudah legalisir
  • Surat keterangan bukan pemakai narkoba
  • Surat keterangan bebas TBC
  • LoA perguruan tinggi
  • Surat rekomendasi dari pimpinan atau pakar
  • Syarat mahir berbahasa asing dengan sertifikat TOEFL/IELTS/TOAFL/TOEIC dengan skor tertentu
  • Rencana studi sesuai silabus atau kurikulum
  • Proposal penelitian untuk program doktoral
  • Proposal studi

Syarat Khusus dari Lembaga Beasiswa LPDP

Lembaga beasiswa LPDP juga memberikan syarat khusus bagi para pelamar beasiswa ini. Bagi pelamar beasiswa magister maka harus memiliki usia maksimal 35 tahun, sedangkan program doktoral batas usia maksimal yaitu 40 tahun.

Sementara, batas Indeks Prestasi Kumulatif bagi peserta magister yaitu 3,00 dan pada pelamar beasiswa program doktoral wajib memiliki IPK 3,25.

Beasiswa ini selalu ada sepanjang tahun. Lembaga beasiswa di Indonesia, LPDP selalu tersedia dalam beberapa gelombang sehingga sebaiknya persiapkan diri secara matang karena persaingan terbilang ketat. Kamu juga harus menyiapkan waktu hingga 5 bulan setelah pendaftaran untuk mengikuti proses hingga tahapan akhir.

Keuntungan Ikut LPDP Dari Lembaga Beasiswa Indonesia

Ada banyak keuntungan yang dapat kamu nikmati Jika kamu berhasil memperoleh beasiswa tersebut. LPDP akan menanggung biaya kuliah bahkan hingga 100%, sehingga sehingga kamu dapat kuliah gratis sampai lulus sesuai dengan waktu perkuliahan normal.

Keuntungan lainnya yaitu mendapatkan biaya hidup selama kuliah sesuai dengan lokasi perguruan tinggi yang kamu pilih.

Lembaga beasiswa di Indonesia, LPDP akan menyediakan dana transportasi, dana asuransi kesehatan, dana aplikasi visa, biaya hidup per bulan, dana darurat, berapa dana tunjangan keluarga bagi mahasiswa yang mengajukan beasiswa studi doktoral.

Pada proses seleksi, penyelenggara akan langsung melakukan tinjauan pada kelengkapan berkas dan persyaratan serta adanya verifikasi untuk memastikan bahwa berkas dokumen sudah cocok.

Jika dokumen tidak memenuhi persyaratan, maka kamu akan gagal lulus seleksi secara administrasi kemudian kamu harus mengikuti seleksi berbasis komputer.

Saat seleksi berbasis komputer maka kamu harus menyiapkan beberapa materi seperti tes potensi akademik, esai, berbagai karakter kepribadian dan tes wawancara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *