Ada beberapa alasan kenapa kamu wajib kuliah dan jadi lulusan Universitas Pertahanan. UNHAN merupakan salah satu kampus di Nusantara, khusus bagi mahasiswa pascasarjana.

Lembaga pendidikan ini beroperasi pertama kali pada tahun 2009, sedangkan kampus baru di Bogor sudah dibuka pada tahun 2014. Seluruh aktivitas perkuliahan ada di Bogor. Siapapun yang ingin kuliah di UNHAS sangat bisa, karena memang tidak ada batasan usia.

Mengapa Universitas Pertahanan

Berikut adalah alasan mengapa kamu wajib kuliah dan jadi lulusan Universitas Pertahanan.

1. Tersedia Beasiswa S2 Full

Kamu pasti bisa bahagia banget ketika memperoleh beasiswa S2, bahkan termasuk biaya hidup. Dengan kuliah di Universitas Pertahanan, kamu bisa memperoleh hal tersebut, mengapa?

Universitas Pertahanan Indonesia adalah kampus Bela Negara, selalu tersedia bagi masyarakat Umum, TNI, atau Polri. Berada di Jakarta, UNHAN juga memiliki kampus baru di Bogor.

Beasiswa tersedia untuk perkuliahan berupa SPP, biaya hidup dalam bentuk uang saku per bulan, sepatu olahraga, seragam Menwa dan Bela Negara, jaket, sepatu PDH, baju olahraga, dan terakhir adalah tas laptop. UNHAN membuka pendaftaran beasiswa rutin setiap akhir tahun, mulai Desember sampai Februari.

2. S2 Hanya 1.5 Tahun Saja

Seluruh lulusan Universitas Pertahanan (UNHAN) pasti telah mengenyam pendidikan S2 hanya dalam waktu 1.5 tahun, karena perkuliahan hanya empat semester. Selama setahun, seluruh mahasiswa melakukan pendidikan semester 1 hingga semester 3, jarak tiap semester 4 bulan. Namun, untuk semester 4, harus selesai dalam waktu 6 bulan.

Pada awal semester 1 hingga semester 3, kamu bakal sibuk dengan perkuliahan, seminar, kegiatan kampus. Sampai semester 3, kamu sudah harus mengikuti ujian proposal thesis. Ketika ikut semester 4, kamu harus mengikuti kegiatan penelitian sampai sidang.

3. Magister Ilmu Pertahanan

UNHAN juga menjadi satu-satunya PTN Indonesia, setara S2 jurusan Ilmu Pertahanan terakreditasi A. UNHAN berada di bawah naungan Kemenristek DIKTI dan Kemhan RI. Seluruh lulusan universitas pertahanan pasti memperoleh gelar Magister Ilmu Pertahanan.

Seluruh mahasiswa baik sipil dan militer pasti punya kemampuan serta wawasan baik berhubungan dengan Ilmu Pertahanan dan menjadi bagian dari agent of change, dalam membangun pertahanan nusantara. Terdapat 13 program studi tersedia di UNHAN yang dapat kamu pilih.

4. Fasilitas Lengkap Termasuk Mess

Tidak hanya gratis SPP selama kuliah, kamu juga bisa menggunakan berbagai fasilitas menarik, termasuk tempat tinggal atau mess. Jarak mess mahasiswa beda gender terbilang jauh.

Mess wanita ada pada area belakang kampus, sekitar 1 km jaraknya. Sedangkan mess pria ada di atas kampus, 500 meter dari gerbang masuk UNHAN.

Mahasiswa juga boleh bawa kendaraan, termasuk sepeda motor, mobil, sedangkan mahasiswa yang tidak punya kendaraan akan memperoleh layanan transport. UNHAN memiliki dua bus yang beroperasi sesuai jadwal.

Fasilitas lainnya yaitu ruang fitness untuk mahasiswa secara gratis, lapangan voli, lapangan basket, perpustakaan yang mudah diakses, makan gratis dari senin sampai jumat sebanyak tiga kali, dan lainnya.

5. KKLN & KKDN

Jadwal kuliah padat tidak membuat seluruh mahasiswa stress, karena diselingi kegiatan luar kampus. Contohnya, study visit ke perusahaan BUMN dengan fasilitas transport dan hotel.

Pada semester dua, kamu bisa memperoleh pengalaman Kuliah Kerja Dalam Negeri, selama beberapa hari pada beberapa kota Indonesia sesuai jurusan masing-masing. Kegiatan KKDN juga termasuk berkunjung ke beberapa tempat strategis untuk pemerintahan termasuk kantor Gubernur, atau lainnya.

Pada semester tiga, mahasiswa UNHAN wajib ikut Kuliah Kerja Luar Negeri dalam waktu lima hari. Kegiatan tersebut hanya pada wilayah Asia Pasifik. Semua biaya, dari hotel, transportasi, dan makan adalah tanggungan kampus. UNHAN menyediakan uang saku juga.

Dengan jadi lulusan Universitas Pertahanan, kamu pasti memiliki nasionalisme dan patriotism tinggi, menjunjung Pancasila dan merupakan kader bela negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *