Macam-macam beasiswa di Indonesia memberikan fasilitas berupa keringanan atau pembebasan biaya kuliah. Hal ini tentunya sangat membantu calon mahasiswa atau mahasiswa dalam mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya. Beasiswa biasanya ditawarkan oleh banyak sumber terpercaya.

Namun, kamu hanya bisa memilih satu beasiswa saja dari sekian banyak beasiswa tersebut. Hal ini karena syarat menjadi penerima beasiswa adalah tidak sedang menerima beasiswa lain. Bagi kamu yang ingin mencoba mendaftar beasiswa, berikut macam beasiswa yang harus kamu tahu.

  • Beasiswa Penghargaan, Salah Satu Beasiswa yang ada di Indonesia

Beasiswa terbagi menjadi beberapa jenis, salah satunya beasiswa berdasarkan bentuk pembiayaan. Beasiswa penghargaan termasuk ke dalam kategori tersebut dan akan diberikan pada mahasiswa yang mempunyai nilai bagus dalam akademik. Hal ini dibuktikan dalam IPK.

Selain itu, ada pertimbangan lainnya bagi mahasiswa yang mengincar beasiswa ini, yakni aktif dalam kegiatan non akademik. Bisa dikatakan, jika aktif dalam organisasi menjadi bahan pertimbangan dalam mendapatkan beasiswa ini.

  • Beasiswa Bantuan, Bidikmisi Salah Satu Contoh

Sesuai dengan namanya, beasiswa bantuan diberikan kepada mahasiswa yang berasal dari kalangan kurang mampu dalam segi ekonomi. Namun, beasiswa ini bukan hanya semata diberikan kepada mereka yang kurang mampu, tapi ada syarat lainnya. Seorang mahasiswa harus mempunyai prestasi yang gemilang dalam bidang akademik.

Jika memenuhi syarat tersebut, barulah mahasiswa bisa mendapatkan beasiswa bantuan. Salah satu contohnya adalah beasiswa jalur bidikmisi. Biasanya, pihak penyedia beasiswa akan menilai pendapatan orang tua, biaya hidup, tempat tinggal, dan jumlah saudara kandung.

  • Beasiswa Penelitian, Jenis Beasiswa dari Segi Pembiayaan

Salah satu beasiswa yang berdasarkan bentuk pembiayaan adalah beasiswa penelitian. Beasiswa tersebut ditujukan untuk penerima yang akan melakukan penelitian dalam bidang studi. Jumlah dana dan waktu biasanya bergantung pada lamanya penelitian dan biaya yang dibutuhkan.

  • Beasiswa untuk Non-Akademik

Tidak semua orang mempunyai keahlian dan bakat dalam bidang akademik. Ada kalanya orang mempunyai bakat dalam bidang non-akademik. Contohnya adalah olahraga. Nah, jika kamu termasuk ke kategori non-akademik, maka kamu bisa mendapatkan beasiswa.

  • Beasiswa Ikatan Dinas dengan Pihak Sponsor

Ada lagi jenis beasiswa yang memberikan persyaratan bahwa penerima akan memberikan timbal balik sebagai balasan. Salah satunya dalam bentuk ikatan dinas atau bekerja di instansi dalam jangka waktu tertentu. Jadi, jika kamu mempunyai instansi incaran dan dia menawarkan beasiswa ikatan dinas, maka kamu bisa mencoba untuk mendaftar.

  • Beasiswa Perguruan Tinggi

Jenis beasiswa perguruan tinggi masuk ke dalam kategori beasiswa berdasarkan pihak penyedia. Tidak sedikit perguruan tinggi yang menawarkan beasiswa berupa bantuan dana akademik. Selain itu, perguruan tinggi juga akan menawarkan beasiswa untuk mahasiswa luar negeri.

Namun, untuk mendapatkan beasiswa ini, kamu harus belajar dengan keras agar bisa mempertahankan IPK. Tidak hanya itu saja, tapi kamu juga harus mempunyai prestasi lain dalam bidang non-akademik.

  • Beasiswa Instansi Swasta

Jenis beasiswa yang ditawarkan di Indonesia dan bisa kamu coba adalah beasiswa instansi swasta. Ditawarkan oleh perusahaan besar atau korporat, mayoritas beasiswa yang ditawarkan adalah bentuk program CSR. Biasanya, jenis beasiswa akan menyesuaikan bidang studi dengan industri perusahaan.

  • Beasiswa dari Pemerintah

Macam-macam beasiswa dan cara mendapatkannya bisa kamu coba dengan mendaftar beasiswa dari pemerintah. Beasiswa ini ditujukan kepada karyawan dari lembaga tersebut dan juga terbuka untuk umum. Contoh beasiswa yang populer dan banyak diikuti adalah LPDP, LIPI, dan beasiswa Bappenas.

  • Beasiswa dari Internasional

Bagi kamu yang ingin mendapatkan pendidikan lebih baik dan memperbanyak pusat penelitian, maka beasiswa internasional bisa menjadi solusi. Beasiswa ini tersedia dengan tujuan kerja sama eksklusif antar negara maju dengan negara berkembang. Bidang yang terkait adalah bidang pendidikan dan kesejahteraan sosial.

  • Beasiswa dari Komunitas

Macam-macam beasiswa di Indonesia salah satunya berasal dari komunitas atau yayasan. Beasiswa yang ditawarkan biasanya selaras dengan nilai dalam organisasi tersebut. Contohnya adalah beasiswa Yayasan Orbit Hasri Ainun Habibie. Beasiswa itu akan membantu kamu yang terkendala biaya dalam mengejar pendidikan.

  • Beasiswa Secara Penuh

Bagi kamu yang ingin mendapatkan biaya bebas kuliah, biaya hidup, biaya perjalanan, sampai biasa asuransi, maka kamu harus mengincar beasiswa secara penuh. Contohnya bisa dilihat dari ADS, Chevening, dan Ford Foundation. Bahkan, beasiswa penuh juga mendukung biaya hidup keluarga penerima beasiswa, lho.

  • Beasiswa Secara Parsial

Salah satu beasiswa yang ada di Indonesia dan bisa kamu coba adalah beasiswa secara parsial. Beasiswa ini hanya menanggung sebagian biaya yang dibutuhkan selama kuliah. Biasanya, beasiswa ini diberikan dalam bentuk biaya kuliah atau akomodasi. Meski hanya menanggung sebagian, tapi setidaknya meringankan biaya kuliahmu.

Itulah macam-macam beasiswa di Indonesia berdasarkan bentuknya dari segi pembiayaan, lembaga penyedia, dan cakupan pembiayaan. Sebelum memilih jenis beasiswa di atas, kamu bisa mencari informasi terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *