Macam-macam beasiswa di perguruan tinggi, pernahkah kamu mencobanya? Secara umum, beasiswa memberikan keuntungan bagi penerimanya dari segi keuangan dalam meringankan biaya kuliah. Bahkan, jalurnya pun saat ini sudah banyak. Tidak hanya untuk keluarga yang kurang mampu, tapi ada juga yang berprestasi di akademik atau non akademik.

Saat ini sudah banyak beasiswa yang tersedia di perguruan tinggi. Masing-masing mempunyai kriteria dan ketentuannya sendiri. Bagi kamu yang ingin mencoba beasiswa di sini, berikut ini macam-macam beasiswanya yang tersedia.

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik

Salah satu macam atau jenis dari beasiswa yang bisa kamu temukan dalam perguruan tinggi adalah Peningkatan Prestasi Akademik. Beasiswa tersebut ditujukan kepada mahasiswa yang aktif berkuliah di jenjang S1 sampai D4 atau mahasiswa D3. Jika kamu berhasil mendapatkan beasiswa ini, maka kamu akan mendapat setiap bulannya Rp 400.000.

Pertama kalinya, beasiswa PPA diberikan di periode tahun anggaran berjalan selama 6 bulan. Cara untuk melakukan pendaftarannya pun sangat mudah. Kamu bisa langsung mendaftar di kampusmu sendiri. Sementara itu, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi, antara lain:

  • Minimal untuk semester 2
  • Memenuhi syarat nilai IPK sebesar 3,0
  • Melampirkan bukti fotokopi transkrip nilai yang sudah disahkan
  • Melampirkan bukti fotokopi KRS, KTM, Pajak Bumi dan Bangunan, dan rekening listrik
  • Melampirkan bukti surat keterangan penghasilan orang tua dan disahkan
  • Melampirkan bukti berupa surat bahwa kamu tidak menerima beasiswa lain

Beasiswa Berupa Bidikmisi

Beasiswa kuliah yang banyak diincar oleh para mahasiswa adalah bidikmisi. Jenis beasiswa ini merupakan bantuan biaya pendidikan yang didapat dari pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Beasiswa tersebut dikhususkan kepada mahasiswa yang tidak mampu dalam segi ekonominya.

Namun, mahasiswa tersebut harus mempunyai nilai akademik yang bagus untuk menempuh pendidikan pada program studi unggulan. Biasanya, beasiswa bidikmisi akan menanggung biaya kuliah sampai lulus. Syaratnya adalah mahasiswa harus lulus dengan tepat waktu atau sesuai waktu normal untuk lulus.

Beasiswa KIP Kuliah

Macam-macam beasiswa yang bisa kamu coba daftarkan dan tersedia dalam perguruan tinggi adalah KIP Kuliah. Beasiswa tersebut merupakan program baru yang dibuat oleh pemerintah. Tujuannya adalah untuk menggantikan beasiswa bidikmisi dengan anggaran yang lebih besar. Tidak heran jika syarat dan targetnya sama dengan beasiswa untuk bidikmisi.

Biasanya, pendaftaran KIP Kuliah bersamaan dengan pendaftaran dalam SNMPTN. Jika kamu mendapatkan beasiswa tersebut, maka kamu bisa mendapat biaya hidup sebesar Rp 700.000 setiap semester. Sementara biaya pendidikan mencapai Rp 2.400.000 setiap semester yang dilakukan selama 4 tahun.

Beasiswa Berupa Bantuan Biaya Mahasiswa

Macam-macam beasiswa di perguruan tinggi yang bisa kamu coba adalah Bantuan Biaya Mahasiswa. Jenis beasiswa ini berasal dari Dirjen Dikti Kemdiknas dengan tujuan membantu ekonomi para mahasiswanya. Syarat yang dibutuhkan dalam beasiswa ini hampir sama dengan beasiswa PPA. Namun, ada beberapa syarat khusus lainnya, antara lain:

  • Mempunyai nilai IPK minimal 2,5
  • Melampirkan bukti surat keterangan tanda tidak mampu dari kepala desa atau lurah

Sampoerna Foundation, Beasiswa dari Instansi Besar

Pernahkah kamu mendengar beasiswa Sampoerna Foundation? Jenis beasiswa tersebut diberikan oleh PT HM Sampoerna Tbk dengan tujuan membantu pelajar di seluruh Indonesia dengan prestasi yang tinggi. Beasiswa tersebut akan memberikan biaya kuliah penuh selama 4 tahun, memberikan uang saku, tunjangan, biaya internet, dan buku.

Cara mendapatkan beasiswa yang tersedia di perguruan tinggi ini adalah dengan melengkapi persyaratannya. Salah satu syaratnya adalah mempunyai semangat yang tinggi dalam membangun negeri.

Beasiswa dari BCA Finance

Jenis beasiswa yang terdapat di perguruan tinggi adalah beasiswa BCA Finance. Jenis beasiswa tersebut adalah beasiswa Peduli Anak Bangsa dengan target mahasiswa kuliah S1 di PTN atau PTS.

Biaya yang akan kamu dapatkan jika lolos beasiswa ini adalah Rp 3.000.000 untuk di setiap semester. Nantinya uang tersebut akan diberikan sampai mahasiswa mencapai semester 8 dalam perkuliahan. Syarat untuk mendapatkan beasiswa BCA Finance adalah IPK minimal 3,0 untuk PTN dan minimal 3,40 untuk PTS.

Djarum Beasiswa Plus, Beasiswa Populer di Indonesia

Macam-macam beasiswa di perguruan tinggi, salah satunya adalah Djarum Beasiswa Plus. Beasiswa ini cukup populer di Indonesia di mana targetnya adalah mahasiswa dengan prestasi tinggi di Indonesia. Biasanya, penerima beasiswa ini memiliki nama atau sebutan sebagai Beswan Djarum.

Dari beasiswa tersebut, dana yang bisa didapatkan selama satu tahun mencapai Rp 750.000 setiap bulan. Ditambah lagi dengan berbagai macam pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan soft skill.

Itulah macam macam beasiswa yang ada di perguruan tinggi Indonesia yang menarik untuk kamu coba daftarkan. Kamu bisa melihat masing-masing informasi melalui kampusmu. Manakah beasiswa yang paling menarik bagimu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *