Sejak lama, pemasaran atau marketing memegang peranan penting dalam perekonomian. Seringkali, banyak orang mengira bahwa bidang ini hanya berfokus pada menjual barang atau jasa. Padahal, ilm yang satu ini mencakup berbagai hal yang berhubungan dengan pemasaran.

Marketing memiliki bidang ilmu yang luas, mulai dari perkenalan produk atau jasa, pengembangan serta menganalisa pasar, metode periklanan dan promosi, serta masih banyak yang lainnya.

Mengenal Jurusan Marketing

Jurusan Marketing sendiri mempelajari bagaimana cara mempromosikan barang dan jasa kepada pelanggan. Jurusan ini akan berfokus pada strategi pemasaran dan periklanan.

Bahkan, dengan perkembangan teknologi saat ini, media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube membuat dunia marketing mengalami perubahan yang drastis sejalan dengan adanya digital marketing.

Dalam jurusan ini, kamu akan dipandu untuk berpikir secara kreatif dan inovatif, serta tetap memperhatikan perkembangan tren dan teknologi.

Strategi marketing bisa dikatakan sebagai ujung tombak sebuah perusahaan karena berhubungan dengan operasional perusahaan dalam memasarkan produk dan jasa kepada konsumen.

Apa Saja yang Dipelajari?

Umumnya, jurusan ini akan mempelajari strategi pemasaran, memahami dan memecahkan masalah dalam penjualan, perilaku konsumen, penetapan harga dan komunikasi seperti apa yang harus dilakukan kepada konsumen.

Para siswa di jurusan ini akan bertemu dengan beberapa mata kuliah yan berhubungan dengan pemasaran, seperti Manajemen, Komunikasi, Agribisnis, Bisnis Internasional dan Periklanan.

Kamu juga dituntut untuk memiliki kemampuan yang cukup bagus dalam sosial media. Sebab, sosial media kini menjadi salah satu media pemasaran yang paling efektif.

Mengapa Marketing?

Tak bisa dipungkiri, bahwa tujuan mempelajari satu bidang adalah untuk mendapatkan pekerjaan di bidang tersebut, bidang ini sendiri menawarkan pilihan karir yang beragam. Para lulusan Marketing bisa bekerja di bidang yang berbeda.

Kamu bisa saja bekerja di bidang yang berhubungan dengan analisis data dan riset, atau bisa juga masuk ke bidang yang lebih interaktif tentang penjualan dan promosi sebuah layanan atau produk.

Jurusan marketing juga menawarkan point honours atau gelar ganda yang memungkinkan para siswa untuk mengembangkan kemampuan pemadaran dalam bidang studi lainnya. Misalnya, pemilihan jurusan psikologi yang berkaitan erat dengan perilaku konsumen.

Gelar dalam jurusan ini cukup terbuka sehingga kamu bisa menyesuaikan karirmu dengan bidang yang kamu sukai.

Perkuliahan

Jurusan ini akan sangat tepat untuk para siswa yang ingin bekerja dalam bidang promosi atau tertarik pada dampak yang dimiliki kampanye pemasaran terhadap pola pembelian konsumen.

Jika memutuskan untuk masuk jurusan ini, maka kamu harus siap untuk terlibat dalam penempatan kerja di dunia industri, dan melakukan penelitian ekstra pada waktu luang mereka. Karena itu, kamu dituntut untuk bisa mengatur waktu secara efisien.

Kamu juga dituntut kreatif untuk membuat strategi pemasaran dan kampanye yang kira-kira akan berhasil dan tepat sasaran. Sebab, behavior dan demografi  setiap konsumen berbeda, maka kamu perlu menganalisa efisiensi gaya kampanye yang harus dilakukan.

Prospek Kerja & Karir

Hampir semua bidang membutuhkan pemasaran yang tepat. Maka, jangan heran jika di setiap perusahaan membutuhkan bagian Marketing yang mampu memenuhi tujuan pemasaran mereka. Ada beberapa prospek kerja yang bisa dipilih dalam jurusan yang satu ini.

  • Marketing Communication
  • Manajer Pemasaran
  • Digital Marketing
  • Social Media Marketing
  • Public Relation
  • Asisten Marketing
  • Konsultan Bisnis
  • Konsultan Marketing
  • Sales Executive
  • Promotor
  • Entrepreneur

Kesimpulan

Lebih jauh dari sekadar menjual produk, Marketing memiliki tugas yang lebih banyak. Di sini, kamu harus mampu membuat strategi pemasaran yang tepat, menganalisa pasar dan masih banyak lagi.

Perkembangan teknologi juga menuntut orang-orang dalam bidang ini untuk terus up to date terhadap perkembangan dan tren masa kini. Membuat kampanye atau beriklan di media sosial juga harus kamu kuasai demi menjadi ahli dalam bidang ini.

Kesempatan kerja yang akan kamu dapatkan juga lebih luas mengingat semua bidang bisnis membutuhkan strategi pemasaran yang tepat sasaran. Bahkan, para lulusan dari jurusan ini bisa bekerja di hampir semua industri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *