Mata kuliah jurusan administrasi bisnis di setiap kampusnya belum tentu sama. Meski begitu, kebanyakan kampus atau universitas akan menyajikan mata kuliah yang banyak diincar. Administrasi bisnis sering kali disebut sebagai administrasi niaga yang mempelajari cara menjalankan bisnis, melakukan marketing, sampai cara mendapatkan keuntungan.

Bagi kamu yang tertarik dalam bidang urusan dokumen atau menyukai dunia bisnis, maka kamu bisa memilih jurusan administrasi bisnis. Selain itu, jurusan ini dianggap mempunyai prospek yang bagus. Terlebih beberapa profesinya mampu menghasilkan banyak uang. Bagi kamu yang ingin kuliah di jurusan ini, ada beberapa mata kuliah pilihan untukmu.

Jurusan Administrasi Bisnis: Psikologi Umum

Salah satu mata kuliah yang banyak diincar dalam administrasi bisnis adalah psikologi umum. Jurusan ini cukup menarik buat kamu yang menyukai tantangan. Seperti yang diketahui, jurusan psikologi biasanya mempelajari manusia. Mereka akan mencari solusi atas masalah yang berkaitan dengan manusia.

Selain itu, psikologi sangat dibutuhkan dalam bidang administrasi bisnis. Dengan mempelajari mata kuliah tersebut, kamu bisa mempelajari cara mencari karyawan yang berkualitas. Tidak hanya itu saja, kamu bisa mempelajari dan membantu klien dalam menemukan kelemahan kompetitor.

Manajemen Pemasaran Strategis

Mata kuliah yang berkaitan dengan jurusan administrasi bisnis adalah manajemen pemasaran strategis. Seseorang yang memilih jurusan administrasi bisnis bisa bekerja di perusahaan besar atau instansi tertentu. Mata kuliah ini sangat membantu kamu yang ingin menjadi seorang sales.

Karena seorang sales membutuhkan pemasaran yang strategis agar produknya bisa laku keras. Selain itu, kamu juga bisa menjadi seorang manajer produksi industri atau perencana bisnis berkelanjutan. Semakin kamu mempunyai strategi yang bagus, akan banyak perusahaan yang akan memilihmu.

Asas-asas Manajemen

Mata kuliah jurusan administrasi bisnis adalah asas-asas manajemen. Mata kuliah ini cocok untuk kamu yang suka dengan filosofi atau berbagai macam teori. Terlebih jika kamu mempunyai niat atau cita-cita menjadi guru dan dosen. Mempelajari teori tersebut bisa membantu kamu memecahkan masalah melalui perencanaan.

Banyak sekali asas yang bisa kamu temukan dalam mata kuliah ini. Mulai dari asas waktu, asas mengkomunikasikan perencanaan, asas kebijaksanaan pola kerja, dan lain sebagainya. Selain itu, mempelajari mata kuliah ini bisa membantu kamu untuk mendapatkan profesi lain yang berhubungan dalam dunia bisnis.

Kebijakan dan Strategi Pemasaran

Salah satu administrasi bisnis yang mata kuliahnya berkaitan adalah kebijakan dan strategi pemasaran. Mata kuliah ini biasanya sangat cocok untuk kamu yang ingin menjadi pengajar bisnis. Akan lebih cocok lagi jika menjadi seorang manager atau agen penjualan. Mata kuliah ini bisa memberikan pengetahuan tentang manajemen bisnis, branding, atau ilmu ekonomi.

Strategi pemasaran juga sangat dibutuhkan dalam banyak aspek. Hal ini karena bisnis menjadi nomor satu dalam mendapatkan keuntungan. Tidak heran jika keuntungan dari bidang ini sangat besar.

Perilaku Konsumen

Materi administrasi bisnis yang bisa kamu pelajari adalah perilaku konsumen. Sekilas, mata kuliah ini hampir sama dengan psikologi. Namun, tugasnya tentu berbeda. Mata kuliah ini hanya mempelajari bagaimana cara mendapatkan hati para konsumen. Selain itu, mata kuliah ini juga membantu kamu mengetahui kelemahan dari produkmu.

Jika kamu memilih mata kuliah tersebut, kamu bisa bekerja di perusahaan dengan beberapa profesi. Seperti agen penjualan, manager, dan lain sebagainya. Atau kamu juga bisa memantau setiap klien yang berhubungan denganmu dalam bisnis.

Keuangan Bisnis

Salah satu mata kuliah jurusan administrasi bisnis adalah keuangan bisnis. Mata kuliah ini sangat penting bagi kamu yang ingin bekerja di perusahaan bagian intern. Biasanya, keuangan bisnis bisa membuatmu bekerja di beberapa profesi, seperti di bagian pajak, keuangan, atau akuntansi.

Ketiga profesi ini banyak diincar karena banyaknya penghasilan yang bisa didapatkan. Selain itu, prospek kerja di bidang tersebut juga bagus. Meski kamu berfokus dalam soal keuangan, tapi hal ini berhubungan dengan bisnis. Karena kamu harus bisa merencanakan keuangan agar tidak rugi. Kamu juga harus memastikan agar pajak yang dilaporkan sama.

Hukum Bisnis

Mata kuliah yang terdapat dalam administrasi bisnis adalah hukum bisnis. Hukum bisnis mempelajari tentang mekanisme pasar agar menjadi efisien dan lancar. Tentu saja ini bisa membantu kamu dalam menyelesaikan masalah dalam bisnis. Terlebih jika klien kamu membutuhkan solusi yang membuatnya tetap berada di posisi aman.

Hukum bisnis pun mempunyai ruang lingkup yang luas. Mulai dari badan usaha, investasi, pembiayaan, surat berharga, dan lainnya. Melihat ruang lingkup tersebut, tidak heran jika mata kuliah ini cukup diminati. Terlebih jika kamu menyukai dunia hukum, tapi tidak ingin berkaitan dengan masalah yang berat.

Itulah beberapa mata kuliah jurusan administrasi bisnis yang bisa kamu temui nantinya. Beberapa di antaranya mungkin menjadi mata kuliah wajib. Jika tidak, kamu bisa memilih mata kuliah yang diminati atau mempunyai prospek tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *