Mengajar lebih dari sekedar karir mulia, namun menurut Bureau of Labor Statistics atau BLS, dari tahun 2016 ke 2026, kebutuhan tenaga pendidik di jenjang SMA bakalan meningkat sebanyak 8% di atas karir lain. Tahun 2017, guru mendapatkan gaji rata-rata $59,170. Lantas kenapa harus mengambil jurusan Mathematics Education?

Literasi Matematika merupakan skill hidup yang sangat penting, karena dapat memperluas horizon mahasiswa dalam berbagai bidang inovatif termasuk di bidang pembangunan dan komputer. Untuk memulai karir yang sangat bagus secara personal dan profesional, jurusan ini adalah pilihan ideal.

Mengenal Jurusan Mathematics Education

Untuk kamu yang memiliki minat dalam bidang Matematika dan suka mengajar, maka sudah jadi pilihan tepat untuk mengambil jurusan S1 pada pendidikan Matematika.

Jurusan ini juga sangat sesuai bagi mahasiswa yang ingin menghabiskan waktu mengajar sehari-hari di kelas, mendidik anak-anak usia lima tahun sampai anak-anak remaja dan yang lebih suka memiliki peran penting di bidang perkembangan generasi muda. Keuntungan mengambil jurusan ini dan kemudian menjadi guru adalah menikmati liburan saat musim panas, atau libur jeda semester.

Apa Saja yang Dipelajari?

Program pengajaran Matematika ada banyak hal, seperti tentang Paedogogik, Teori Pembelajaran, serta berbagai topik penting di bidang Matematika yaitu Geometri, Aljabar, Kalkulus, dan Trigonometri.

Selain itu, kamu juga akan mempelajari topik dasar sampai ke level yang lebih sulit dengan pembelajaran dalam tata cara mengajar, seperti: manajemen kelas, desain pembelajaran, dan teori pembelajaran.

Program-program pembelajaran ilmu Matematika menyediakan mahasisaw dengan berbagai peluang untuk membangun jaringan dengan fakultas, mahasiswa lain, dan bahkan mengikuti program internship untuk menambah pengalaman.

Dengan kemampuan yang diperoleh dari pengalaman kuliah jurusan ini, maka kamu juga menjadi lebih kompetitif untuk bekerja di level tingkat SD, SMP, dan SMA.

Mengapa Mathematics Education

Alasan utama mengambil jurusan ini adalah karena kebutuhan lulusan Matematika terus meningkat. Dalam segi pekerjaan, kesempatan menjadi guru cukup banyak, bahkan ada banyak pekerjaan baru yang sangat membutuhkan kemampuan analisa, menyelesaikan masalah, dan lainnya yang dapat ditemukan pada lulusan jurusan pendidikan Matematika.

Peningkatan pekerjaan mencapai hingga 8% , dan bahkan terdapat 104. 100 lapangan pekerjaan baru untuk guru sekolah dasar, 47.300 lapangan baru untuk guru SMP, dan 76.800 lowongan pekerjaan baru untuk guru SMA.

Perkuliahan

Tertarik kuliah jurusan Mathematics Education? Pastikan untuk mengetahui bahwa perkuliahan membutuhkan hingga 4 tahun. Namun, bagi mahasiswa yang kuliah sambil kerja, pasti membutuhkan waktu lebih lama. Beberapa program studi juga tidak menyediakan mata kuliah secara spesifik.

Ada juga program Internship dengan syarat dan ketentuan yang bisa berbeda, misalnya dengan membuat thesis atau  melakukan praktikum. Kamu juga harus memilih lembaga pendidikan yang punya akreditasi bagus. Karena, hal tersebut menunjukkan seperti apa kualitas program perkuliahan yang ditawarkan.

Prospek Kerja dan Karir

Apa yang bisa kamu dapatkan dengan memperoleh Sarjana Ilmu Pendidikan Matematika? Seluruh lulusan pasti akan dibekali kemampuan untuk mengajar murid di level SMA. Namun, masing-masing wilayah pasti punya syarat guru, namun kebanyakan memberikan peluang besar bagi lulusan S1.

Namun, mahasiswa yang ingin mengajar dengan atmosfir kelas anak-anak juga dapat mengajar di sekolah dasar.  Profesi atau pekerjaan lainnya yang dapat kamu nikmati adalah berikut:

  • Guru SMA
  • Guru SD/ TK
  • Asisten Guru
  • Ahli biostatistik
  • Analis bisnis
  • Analis data
  • Teknisi software
  • Asisten riset
  • Peneliti

Kesimpulan

Mathematics Education merupakan jurusan yang sesuai untuk mahasiswa yang ingin belajar tentang metode pengajaran serta ilmu matematika. Kamu bisa belajar pendidikan inklusif, pendidikan sosio-kultural, metode pengajaran yang efektif, perkembangan anak-anak dan remaja, teknologi instruksional, dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *