Matematika dari dulu sampai sekarang menjadi alat untuk mengatur dan memahami ilmu Fisika. Saat ini, Matematika juga bahkan digunakan untuk ilmu lain, termasuk Biologi, Manajemen, Medis, Linguistik, dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Apa itu jurusan kuliah Mathematics-Interdisciplinary?

Interdisciplinary berarti adanya kombinasi dua atau lebih disiplin ilmu dalam satu kegiatan. Awalnya, Matematika di luar ilmu pengetahuan Fisika adalah digunakan untuk Statistik karena berguna dalam kegiatan analisis data.

Mengenal Jurusan Mathematics-Interdisciplinary

Karena minat dalam bidang Matematika begitu besar di berbagai aspek, maka muncul banyak kombinasi seperti Econometriciants, yaitu pakar Ekonomi yang lebih tertarik di bidang Statistik di bidang Ekonomi. Inilah yang membuat jurusan tersebut muncul.

Beberapa kampus juga menyediakan jurusan seperti Matematika-Psikologi, Matematika-Biologi, dan lainnya sebagai ilmu kombinasi. Sehingga, maksudnya adalah untuk menyuguhkan paduan ilmu Matematika dengan minat pada disiplin ilmu lain yang spesifik.

Apa Saja yang Dipelajari?

Kurikulum yang dibuat pada jurusan ini membuat kamu bisa mempelajari banyak hal, termasuk Kalkulus, Statistik, Aljabar, dan kombinasi disiplin ilmu yang kamu pilih seperti Fisika, Kimia, IT, dan lainnya.

Dengan jurusan ini, kamu memiliki kesempatan belajar mengeksplor rasa ingin tahu, terutama jika kamu berminat pada dua bidang sekaligus. Kamu juga akan mendapatkan gelar dengan associate minor atau second major. Bidang kedua nantinya akan membantu kamu menerapkan skill Matematika di bidang yang relevan.

Beberapa contoh jurusan ini adalah berikut:

  • Akuntansi
  • Biologi
  • Kimia
  • Teknik Komputer
  • Ilmu Pengetahuan Komputer
  • Ekonomi
  • Ilmu Lingkungan
  • Keuangan
  • Fisika

Mengapa Mathematics-Interdisciplinary?

Lulusan jurusan ini memiliki peluang besar untuk meningkatkan pengetahuan Matematika dan Teknik, sehingga kamu bisa langsung terjun pada karir yang kamu mau. Kurikulum jurusan juga sangat fokus pada kemampuan menyelesaikan masalah dan memahami bagaimana berbagai hal sangat berhubungan.

Konsep pendidikan yang kamu pelajari di bidang Matematika, termasuk penguasaan berbagai alat perhitungan akan meningkatkan kemampuanmu dalam memahami hal-hal di sekitar, menganalisa situasi, serta menyelesaikan masalah. Matematika dasar juga mengajarkan tentang mata pelajaran dasar dan level tinggi.

Program ini sangat fleksibel sehingga kamu bisa memulai karir di bidang pengetahuan, data, finansial, akuntansi, dan bidang lainnya.

Perkuliahan

Selama kuliah, banyak universitas yang menyediakan jurusan Mathematics-Interdisciplinary, akan memfasilitasi mahasiswa dengan para instruktor dari berbagai departemen untuk bekerjasama mendidik mahasiswa dan menyediakan konsep pembelajaran yang sesuai.

Program jurusan ini juga tersedia untuk mahasiswa yang ingin mengambil prodi Pascasarjana. Untuk mengambil gelar S2, maka kamu harus memiliki riwayat pendidikan S1 Matematika. Umumnya, unviersitas menawarkan program Matematika-Biologi, atau disebut dengan Bio-Matematika, Finansial-Matematika, dan lainnya.

Mengambil jurusan ini berarti kamu akan dilatih dalam beberapa skill. Pertama, adalah bersikap objektif dan statistik dalam mengidentifikasi masalah, menggunakan teknik analitik untuk menyediakan solusi, mampu merumuskan teori dan melakukan berbagai eksperimen.

Prospek Kerja dan Karir

Mahasiwa yang memiliki gelar di jurusan ini dapat bekerja sebagai konsultan pada bidang riset atau industri. Semua juga tergantung dari jurusan yang kamu ambil.

Misalnya, mahasiswa yang mengambil jurusan Finansial-Matematik memiliki kesempatan untuk berkarir di bidang agrikultur atau bisnis karena fokusnya adalah mempelajari finansial pasar global, statistik investasi, atau manajemen resiko.

Pekerjaan lain yang menjanjikan adalah berikut:

  • Banker
  • Agen pemerintah
  • Operator komputer
  • Peneliti di bidang Biologi
  • Konsultan
  • PNS

Dengan skill yang kamu miliki, kamu punya peluang untuk bekerja di berbagai bidang.

Kesimpulan

Mathematics-Interdisciplinary merupakan bidang matematika yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya, seperti teknik, pengetahuan, bisnis, atau medis. Kamu bisa mengambil jurusan ini jika ingin memiliki skill matematika yang kuat, namun punya peluang karir yang lebih besar dibandingkan jurusan matematika tradisional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *