Dalam sistem pendidikan di seluruh dunia, mulai dari Sekolah Dasar sampai pada lembaga pendidikan lebih tinggi, salah satu mata pelajaran yang selalu ada adalah Matematika atau Mathematics.

Jurusan ini juga dikenal sebagai Maths, atau Math, merupakan pendidikan ilmu pengetahuan di bidang angka, dengan menggunakan berbagai pendekatan berbeda termasuk Kalkulus, Aljabar, dan Aritmatika dasar.

Pengenalan Jurusan Mathematics

Matematika merupakan dasar untuk mempelajari ilmu lainnya, seperti ilmu Ekonomi, Fisika, dan lainnya. Kuliah jurusan Matematika berarti kamu akan mempelajari ilmu yang memahami dan menguji berbagi teori dalam jurnal atau karya illmiah atau Matematika.

Jurusan ini sangat mungkin untuk mempelajari bangunan, misalnya dengan menggunakan ilmu Quantum Mekanik. Kamu juga dapat belajar tentang teori dan konsep abstrak, beberapa skill yang dapat diterapkan di berbagai bidang profesional.

Apa Saja yang Dipelajari?

Matematika tidak hanya sebagai mata kuliah yang ideal, namun bagi dunia pembelajaran juga merupakan dasar untuk mempelajari ilmu pengetahuan komputer, teknik, serta statistik. Saat ini, perkuliahan dalam jurusan Matematika juga terus meningkat, dalam bentuk lebih modern, bahkan dengan dukungan illmu pengetahuan, digital, dan komputasi simbolik.

Mengapa Mathematics?

Matematika terdiri dari berbagai angka, symbol, formula, dan lainnya untuk mengukur atau mengidentifikasi berbagai masalah spesifik, seperti jarak, kecepatan, waktu, ruang, perubahan, tekanan, dan kuantitas.

Dengan mempelajari Matematika, maka kamu mampu menemukan membuat grafik, perkiraan harga, dan lainnya dalam kehidupan sehari-hari.

Matematika juga merupakan ilmu yang sangat dibutuhkan untuk mempelajari pengetahuan komputer, kimia, biologi, keperawatan, bisnis, studi manajemen, dan lainnya.

Setelah lulus, ada banyak peluang karir dan pekerjaan yang sesuai untuk lulusan Matematika. Mahasiswa dengan gelar Sarjana Matematika memiliki kemampuan dan keahlian yang sangat baik, sehingga pasti berguna di berbagai bidang.

Perkuliahan

Mengambil jurusan Matematika, maka pada tahun pertama perkuliahan, kamu akan mempelajari lebih banyak metode ceramah. Hal ini karena dosen akan menjelaskan semua hal untuk memastikan bahwa mahasiswa dapat mengerti seluruh modul utama serta konsep pembelajaran. Selain metode ceramah, kamu juga akan belajar dalam bentuk seminar.

Mathematics bagi mahasiswa S1 akan dikenalkan dengan ilmu Aljabar, atau juga Non-linear. Setelah masuk di semester lebih jauh, kamu juga dapat memilih modul yang lebih jauh untuk mempelajari bidang matematika sesuai minat. Mengambil jurusan S1 berarti kamu akan menempuh pendidikan selama tiga sampai empat tahun.

Setelah lulus S1, kamu juga bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Sehingga, semakin bagus riwayat pendidikan dan pengalaman yang kamu miliki, semakin besar peluang untuk bekerja di bidang yang lebih profesional lagi.

Prospek Kerja dan Karir

Setelah lulus perkuliahan, kamu pasti membutuhkan waktu untuk mengeksplor karir atau bahkan mengajar di bidang yang relevan. Namun, ada peluang besar untuk bekerja di bidang profesional lain.

Banyak pemilik perusahaan yang sangat menghargai kemampuan Sarjana Matematika, yaitu dengan menawarkan bidang pekerjaan analisis data. Lulusan matematika juga memiliki kemampuan berinovasi, kemampuan berpikir yang juga sesuai untuk sektor finansial termasuk sebagai penasehat pajak atau pakar investasi.

Tentunya, dibutuhkan pengalaman atau kualifikasi lainnya, sehingga kamu harus terus mampu meningkatkan kualitas diri agar mendapatkan pekerjaan yang lebih layak. Matematika juga punya hubungan erat dengan analisis statistic. Sehingga, kamu bisa bekerja di bidang survey dan data poling, penelitian di bidang statistic medis atau geografi.

Kesimpulan

Mathematics adalah program jurusan yang akan mengembangkan kemampuan memecahkan masalah, meneliti, dan menganalisa. Bahkan, kamu juga dapat menggunakan jurusan ini untuk mempelajari ilmu lain, termasuk bidang ilmu pengetahuan, mekanik, coding, dan problem lainnya.

Sehingga, sangat bagus untuk berkarir di bidang perencanaan proyek, perencanaan anggaran, dan lainnya. Dengan gelar yang kamu miliki, kamu bisa bekerja di bidang keuangan, kesehatan, bisnis, konsultasi, pengembang game, Teknik Informatika, dan masih banyak lagi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *