Kuliah di luar negeri pasti menjadi impian banyak pelajar. Belanda menjadi salah satu negara yang sering dijadikan tujuan pendidikan. Sejumlah pelajar mencari informasi mengenai beasiswa kuliah di Belanda.

Untungnya, Pemerintah Belanda menawarkan banyak beasiswa untuk para pelajar internasional, termasuk Indonesia. Belanda memberikan dana pendidikan yang cukup tinggi untuk para penerima beasiswa. Lantas, apa saja program beasiswa kuliah di Belanda?

Netherlands Fellowship Programmes (NFP)

NFP memberikan pelatihan dan pendidikan di 50 negara. Tenggat waktu untuk pengumpulan berkas dan seleksi jatuh pada November setiap tahunnya.

NFP memberikan dana pendidikan yang berupa biaya hidup, visa, perjalanan, asuransi dan biaya tesis. Beasiswa ini hanya menerima sedikit siswa, dari ribuan pelamar yang mendaftarkan diri.

Jika kamu memiliki pengalaman bekerja selama tiga tahun, maka peluang untuk menerima beasiswa ini juga semakin besar.

Huygens Scholarship

Keduataan Belanda menyelenggarakan beasiswa ini dan bekerja sama dengan Nuffic. Sebanyak 1,500 mahasiswa berhasil mendapat beasiswa ini, sejak dibuka beberapa tahun lalu. Penerima beasiswa dari Eropa sebanyak 45%, Asia 30%, dan campuran 25%.

Beasiswa ini memberikan dana sebesar EUR29,000. Hingga saat ini, ada 10% mahasiswa lulus di jenjang Sarjana dan 90% lulus di jenjang Pascasarjana.

Studeren in Nederland

Beasiswa ini adalah program bilateral khusus untuk Indonesia. Studeren in Nederland memiliki tujuan untuk menguatkan hubungan kerja sama antara dua negara dan menguatkan sumber daya manusia di Indonesia.

Nuffic Neso Indonesia dan Kedutaan Belanda membiayai program ini. Ada lebih dari 200 orang Indonesia yang mendapat beasiswa ini setiap tahunnya. Studeren in Nederland memberikan dana pendidikan dalam jenjang Master, kursus tingkat dan pelatihan.

Holland Scholarship

Kementerian Pendidikan, Budaya dan Ilmu Pengetahuan Belanda membiaya program ini dengan bekerja sama dengan universitas riset dan universitas ilmu terapan Belanda.

Holland Scholarship hadir untuk para pelajar internasional dari luar Area Ekonomi Eropa (EEA) yang ingin menempuh program Sarjana dan Pascasarjana di Belanda. Sekitar EUR5,000 disediakan untuk program ini.

Erasmus+

Erasmus+ adalah program beasiswa milik Uni Eropa dan telah ada sejak 2014. Program ini tidak hanya memberikan pelatihan dan pendidikan, namun juga mendanai kegiatan yang berhubungan dengan pemuda dan olahraga

Orange Tulip Scholarship

Program beasiswa ini diberikan oleh Institusi Pendidikan Tinggi Belanda, perusahaan Belanda dan Pemerintah Indonesia untuk para siswa asal Indonesia.

Uniknya, beasiswa ini menawarkan program foundation yang merupakan sebuah program bimbingan untuk para siswa yang belum mahir berbahasa Inggris.

Beasiswa ini memberikan pendanaan pada jenjang studi S1 dan S2. Ada lebih dari 36 beasiswa dengan nilai total lebih dari EUR 656,000 untuk jenjang Foundation, Bachelor dan Master.

Pembiayaan program ini bersifat parsial dan hanya berlaku di beberapa universitas Belanda.

Setelah mengetahui berbagai program beasiswa kuliah di Belanda, kamu bisa mendaftarkan diri di salah satu atau beberapa program tersebut.

Semakin banyak kamu mendaftar di program beasiswa, semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkannya. Jadi, persiapkan diri mulai sekarang, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *