Universitas Katolik Parahyangan mempunyai komitmen yang kuat dalam membentuk kaum muda berkualitas dengan salah satu cara yakni memfasilitasi pendidikan. Perhatian Unpar khususnya kepada para pelajar dan mahasiswa yang berprestasi dengan niat belajar yang tinggi. Beasiswa Unpar bermaksud untuk mewujudkan keinginan studi mereka.

Tujuan dari pemberian beasiswa Unpar ada 3 yaitu:

  • Meringankan biaya studi
  • Bantuan biaya kuliah
  • Penghargaan terhadap mahasiswa berprestasi sehingga mereka semakin termotivasi dalam mengaktualisasi diri.

Berikut jenis-jenis beasiswa yang ada di Unpar:

1. Beasiswa Yayasan UNPAR

Yayasan Universitas Parahyangan memiliki beasiswa yang rutin diselenggarakan setiap tahun. Beasiswa dari yayasan Unpar diperuntukan bagi 4 kelompok yaitu calon mahasiswa unpar, mahasiswa D3 & S1, anak pegawai UNPAR, mahasiswa prestasi.

  • Beasiswa bagi calon mahasiswa

Beasiswa UNPAR ini diperuntukan bagi siswa lulusan SMA/SMK dan sederajat dari keluarga prasejahtera dengan kemampuan akademik dan berpotensi menyelesaikan kuliahnya dengan baik. Yayasan Unpar mendukung calon mahasiswa yang demikian dengan memberikan bantuan finansial berupa pengurangan biaya registrasi dan biaya pembangunan.

  • Beasiswa bagi mahasiswa D3 & S1

Bagi mahasiswa on going Unpar dari program D3 dan program S1 akan mendapatkan beasiswa berupa pengurangan biaya studi. Beasiswa ini menyasar kelompok mahasiswa dari kategori di atas dengan kemampuan akademis dan memiliki semangat untuk menyelesaikan studinya di Unpar. Yayasan Unpar menjamin ini sebagai bentuk dukungan terhadap prestasi mahasiswa.

  • Beasiswa bagi putra-putri pegawai Unpar

Perhatian yayasan Unpar pun diperuntukan kepada anak-anak dari pegawai resmi Unpar baik anak kandung maupun anak angkat yang sah. Beasiswa ini berlaku untuk putra/putri pegawai unpar yang mau kuliah di unpar ataau yang sedang kuliah di unpar.

  • Beasiswa bagi mahasiswa prestasi

Beasiswa dari yayasan Unpar juga akan diberikan kepada mahasiswa yang mendapatkan prestasi kurikuler dan prestasi ekstra kurikuler. Prestasi ini bisa diperoleh baik tingkat provinsi maupun tingkat nasional. Penghargaan yang diberikan berupa pengurangan biaya studi dengan besaran sesuai ketentuan.

2. Beasiswa yayasan Astra Honda Motor

Yayasan Astra Honda Motor bekerja sama dengan Unpar dalam pemberian beasiswa kepada mahasiswa prestasi Unpar. Beasiswa Unpar ini berupa bantuan biaya kuliah dan bantuan tugas akhir yang diberikan secara tunai langsung kepada mahasiswa. Sasaran beasiswa adalah mahasiswa prestasi yang berasal dari keluarga prasejahtera, mahasiswa prestasi yang berasal dari kota/kecamatan Jawa Barat dan dari wilayah Indonesia Timur.

3. Beasiswa yayasan Djarum Foundation

Beasiswa Unpar pun diperoleh dari kerja sama Unpar dengan yayasan Djarum Foundation. Beasiswa ini diperuntukan bagi mahasiswa prestasi dengan nilai minimum IPK 3.00. Selain nilai akademis, syarat lain yang perlu diperhatikan adalah keaktifan mahasiswa dalam berorganisasi. Mahasiswa Unpar yang masuk kategori bisa mengajukan pendaftaran serta mengikuti seleksi. Beasiswa ini berupa uang tunai langsung yang akan diterima oleh penerima beasiswa.

4. Beasiswa Yayasan pembangunan Jaya

Salah satu beasiswa prestasi di unpar ini berasal dari kerja sama dengan yayasan Pembangunan Jaya. Penekanan terhadap nilai akademis dibuktikan dengan persyaratan berupa nilai minimum IP sebesar 3.25. Mahasiswa juga harus aktif dalam berorganisasi kemahasiswaan dan organisasi yang diadakan oleh kampus. Untuk mendapatkan beasiswa ini, mahasiswa yang masuk kategori bisa mengajukan diri dan mengikuti seleksi. Penerima beasiswa akan mendapatkan dana tunai langsung jika terpilih sebagai penerima beasiswa.

Demikian jenis-jenis beasiswa Unpar yang setiap tahun diselenggarakan untuk mahasiswa dan calon mahasiswa Unpar. Untuk informasi detail menyangkut syarat pendaftaran dan tanggal buka bisa dilihat pada website resmi Unpar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *