Sesuai namanya, pendidikan dalam bidang Nursing akan mempelajari segala hal tentang bagaimana cara memberikan pelayanan kesehatan secara professional kepada orang yang sakit baik secara fisik, psikis atau sosial hingga mereka memiliki tingkat kesehatan yang baik.

Bidang keperawatan menjadi bidang yang menarik karena kamu harus berada di garis terdepan untuk menolong pasien dan menjadi perantara antara pasien dan dokter.

Mengenal Jurusan Nursing

Di jurusan ini, kamu akan mendapatkan ilmu pengetahuan yang dipadu dengan sosial. Di bidang Nursing, kamu akan belajar bagaimana memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien. Ilmu Nursing ini umumnya tersedia dalam dua jenjang studi, yaitu D3 dan S1.

Di jenjang D3, biasanya menekankan pada praktik keperawatan. Sedangkan, jenjang S1 akan menyeimbangkan antara pendalaman teori dan praktik. Pada mata kuliah yang bersifat teoritis selalu diiringi dengan praktikum, baik di dalam laboratorium atau lapangan seperti rumah sakit, puskesmas atau klinik.

Bidang Nursing, akan membuat kamu belajar teori dan praktik klinik, karena keperawatan merupakan profesi praktik langsung. Kamu akan terpapar dengan beragam bidang termasuk biosains manusia dan fisiologi, layanan kesehatan anak dan keluarga, disabilitas dan kesehatan mental.

Apa Saja yang Dipelajari?

Dalam dunia keperawatan, kamu akan belajar mengenai pemenuhan kebutuhan dasar manusia. Gak hanya sekadar sains, tapi juga kehidupan sosial. Kamu juga akan belajar mengenai cara berkomunikasi yang baik dan efektif, memberikan pelayanan kesehatan yang menunjang kesembuhan dan sebagainya.

Kuliah di bidang Nursing akan membuat kamu belajar mengenai ilmu biologi, biokimia, anatomi, fisiologi, fisika dan perilaku serta dasar-dasar keperawatan.

Mengapa Nursing?

Kuliah di bidang ini akan membeirkan kamu peluang untuk bisa melakukan kontribusi terhadap dunia pada bidang kesehatan. Kamu bisa membantu banyak orang dengan profesi ini.

Jika kamu menyukai dunia keperawatan, maka ini adalah jurusan yang tepat. Tidak ada banyak orang yang ingin menjadi perawat, sebab profesi ini mengutamakan pengabdian dibandingkan dengan mengambil keuntungan dari pasien.

Menjadi seorang perawat, berarti kamu akan memberikan keahlian kamu untuk merawat dan mendampingi orang-orang yang sakit. Di sisi lain, kamu akan merasakan kepuasan tersendiri karena menolong banyak orang.

Tak bisa dipungkiri bahwa semakin hari semakin banyak penyakit baru yang bermunculan. Hal tersebut membuat profesi perawat semakin banyak dibutuhkan. Hal ini membuat peluang kerja yang kamu miliki semakin besar.

Perkuliahan

Tidak semua orang mau memutuskan untuk belajar mengenai bidang ini, sebab ada banyak hal yang harus dipelajari secara lebih spesifik dan banyak bahasa medis yang harus dimengerti. Untuk itu, kamu perlu persiapan yang matang sebelum memasuki bidang perkuliahan Nursing.

Banyak universitas yang menawarkan jurusan keperawatan dengan kualitas pendidikan yang sangat baik. Dengan masuk ke jurusan ini, kamu bisa mendapatkan kualitas pendidikan terbaik di manapun pilihan universitas yang kamu tuju.

Prospek Kerja dan Karir

Banyak yang berpikir bahwa bidang Nursing hanya akan bekerja sebagai perawat, tapi ternyata ada beberapa prospek kerja yang bisa dijalani.

  • Perawat rumah sakit
  • Perawat homecare
  • Medical representative
  • Penulis buku kesehatan
  • Asisten dokter
  • Manajer data klinis
  • Paramedis
  • Teknisi medis gawat darurat

Kesimpulan

Pada jurusan ini, kamu akan belajar banyak hal secara mendalam seputar kesehatan. Kamu akan mendampingi mereka yang sakit secara fisik, psikis dan sosial. Sebagai seorang pendamping dokter, kamu perlu mengerti ilmu dan bahasa medis yang umumnya digunakan para dokter. Jurusan ini akan memberikan ilmu mendalam tentang hal tersebut.

Selain itu, kamu tak hanya akan menjadi seorang perawat namun juga dapat berkarir di berbagai bidang kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *