Dalam jurusan Operations Management, kamu akan mendalami berbagai pemahaman dan cara pandang yang lebih sistematik pada suatu proses menggunakan tools tertentu. Analisis yang menyeluruh juga diperlukan untuk dapat meningkatkan kreatifitas dan keefisinan suatu sistem produksi atau organisasi.

Banyak orang yang menganggap bahwa jurusan ini sedikit mirip dengan jurusan Teknik Industri. Padahal, Teknik Industri mempelajari proses operasi secara teknis, sedangkan di jurusan ini, kamu belajar mengenai sudut pandang manajerial.

Mengenal Jurusan Operations Management

Jurusan kuliah yang satu ini akan berfokus pada ilmu analisis produk yang meliputi proses pembuatan hingga pengiriman produk dari produsen ke konsumen.

Selama mendalami ilmu ini, maka kamu akan menumpai beberapa mata kuliah seperti Manajemen Proyek, Manajemen Logistik, Perencanaan dan Pengendalian Kualitas dan Seminar Manajemen Operasi.

Secara sederhana, jurusan ini akan menganalisa tentang cara peningkatan efektivitas dan efisiensi suatu sistem produksi.

Apa Saja yang Dipelajari?

Selama masa perkuliahan, maka kamu akan sering bertemu dengan banyak mata kuliah yang berhubungan dengan manajemen.

Selain mata kuliah yang disebutkan di atas, kamu juga akan bertemu dengan Seminar Manajemen Operasi, Perencanaan dan Pengendalian Kualitas, dan masih banyak lagi.

Para siswa akan memperoleh pemahaman tentang semua bidang bisnis. Kelas di jurusan ini akan mencakup beberapa bidang, yakni pemasaran, kauangan, kontrol kualitas, analisis statistik, etika, teknik peramalan, logistik dan masih banyak lagi.

Mengapa Operations Management?

Keterampilan dan pengetahuan yang diperoleh dalam jurusan ini sangat berguna dan membuka pint uke berbagai profesi di sektor publik dan swasta. Berbagai sektor bisnis akan membutuhkan para lulusan dari jurusan ini.

Beberapa bidang yang membutuhkannya, yakni layanan dan perhotelan industri, manufaktur, kesehatan, ritel, perbankan, logistik dan masih banyak lagi. Hal ini karena analisis dibutuhkan di bidang bisnis umum, proses dan dukungan pengguna akhir.

Perkuliahan

Berbagai penelitian seputar ekonomi dan operasi juga akan dihadirkan, dengan tujuan untuk memprediksi tren keuangan dan bagaimana perilaku manusia bisa mempengaruhi pasar. Kemampuan yang ditekankan dalam jurusan ini adalah kemampuan organisasi, analitis dan pengambilan keputusan.

Jurusan ini mengharapkan para siswanya agar mampu mengembangkan kemampuan analisis, merampingkan proses dan meningkatkan efisiensi untuk mencapai tujuan yang penting.

Umumnya, jurusan ini ditawarkan di banyak universitas terkemuka di seluruh dunia. Biaya yang harus dikeluarkan juga bervariasi dan disesuaikan dengan lokasi dan kurikulum.

Prospek Kerja dan Karir

Bidang ini menjadi salah satu jurusan yang memiliki prospek karir cukup cemerlang. Hal ini karena hampir semua sektor bisnis membutuhkan adanya manajer operasional demi menjaga proses produksi.

Berikut adalah prospek kerja dan karir di jurusan ini:

  • Manajer Operasional
  • Akuntan
  • Konsultan Bisnis
  • Entrepreneur
  • Manager Keuangan
  • Konsultan Perbankan
  • Manajer Trainee

Kesimpulan

Jurusan ini berfokus pada pemahaman dan cara pandang yang lebih sistematik pada suatu proses menggunakan tools tertentu.

Jurusan ini juga belajar mengenai ilmu analisis produk yang meliputi proses pembuatan hingga pengiriman produk dari produsen ke konsumen.

Karena hampir semua sektor bisnis membutuhkan posisi manajer operasi yang professional, maka peluang kerja di jurusan ini juga cukup baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *