Beasiswa kuliah di Turki selalu ada setiap tahun. Pemerintah Turki memberikan beasiswa penuh untuk pelamar internasional. Hal ini berlaku untuk pelajar Indonesia yang ingin kuliah S1, S2, dan S3 di berbagai Universitas Turki. Selain itu, beasiswa tersebut ada dalam berbagai pilihan bidang studi dan jurusan.

Beasiswa kuliah di Turki tidak perlu harus mengajukan pendaftaran secara terpisah sesuai universitas. Dengan formulir pendaftaran online, kamu bisa daftar langsung ke universitas yang kamu inginkan. Sehingga, ketika kamu dinyatakan sebagai penerima beasiswa, maka akan langsung diterima pada universitas di negara tersebut.

Walaupun mayoritas perkuliahan memakai bahasa Turki, beberapa program studi menyediakan bahasa Inggris, Arab, serta Perancis sebagai bahasa pengantar. Kamu juga bisa memperoleh kursus bahasa Turki dalam satu tahun sebelum perkuliahan. Tujuannya agar kamu lebih mudah berkomunikasi dan memahami penyampaian materi saat kuliah.

Berikut adalah durasi program beasiswa di Turki:

  • Undergraduate Program/S1 – 4 sampai 6 tahun tergantung masing-masing program studi, plus 1 tahun untuk belajar Bahasa Turki.
  • Master’s Program/ S2 – 2 tahun plus 1 tahun belajar Bahasa Turki
  • PhD Program/S3 – 4 tahun plus 1 tahun belajar Bahasa Turki

Sedangkan, informasi mengenai beasiswa kuliah adalah sebagai berikut:

Biaya kuliah gratis sampai lulus

Mendapatkan tunjangan sebesar 700 TL (sekitar 1,6 Juta Rupiah) untuk S1, 950 TL (sekitar 2,2 Juta Rupiah) untuk S2, dan 1400 TL (sekitar 3,2 Juta Rupiah) untuk S3 per bulan.

Tempat tinggal gratis

Asuransi kesehatan

Biaya perjalanan Indonesia-Turki untuk awal serta akhir masa studi

Gratis belajar Bahasa Turki satu tahun sebelum jadwal kuliah masuk

Penerima beasiswa akan memperoleh bimbingan sosial, budaya, serta akademik dalam bentuk seminar, kongres, serta akademi mahasiswa internasional. Kamu juga akan mendapatkan berbagai program olahraga, seni, peluang magang, pelatihan, serta pelatihan karier.

Syarat beasiswa adalah sebagai berikut:

Pelamar beasiswa adalah warganegara internasional (bukan warganegara Turki). Mahasiswa yang sebelumnya adalah warganegara Turki tidak bisa mendaftar program ini.

Belum pernah terdaftar menjadi mahasiswa di berbagai institusi pendidikan Turki sesuai level studi yang dilamar.

Menyelesaikan SMA/SMK/, juga S1 dan S2 sebelum September 2020. Pelamar beasiswa kelas 12 SMA/SMK atau mahasiswa lulus sebelum September 2020 juga boleh mendaftar.

Usia pelamar beasiswa program S1 maksimal 21 tahun, pelamar program beasiswa S2 maksimal berusia 30 tahun, dan program S3 maksimal usia 35 tahun.

Nilai rata-rata minimal 70 untuk beasiswa S1, minimal 75 untuk beasiswa S2 dan S3, serta minimal 90 untuk beasiswa program Kedokteran, Farmasi, dan Kedokteran Gigi.

Tidak ada syarat menguasai bahasa Turki. Seluruh penerima beasiswa akan mendapatkan pelatihan kursus Bahasa tersebut selama satu tahun secara gratis. Kursus dilakukan satu tahun sebelum masa perkuliahan.

Daftarkan Diri

Kamu bisa langsung mendaftar beasiswa kuliah di Turki dengan langsung mengunjungi web resmi: tbbs.turkiyeburslari.gov.tr dan lanjutkan dengan memilih Register. Kamu akan membuat akun baru, kemudian masukkan email serta password untuk login. Buka email untuk konfirmasi link.

Di situs tersebut, kamu juga bisa mempelajari apa saja catatan khusus serta persyaratan dokumen beasiswa. Isi formulir pendaftaran dan masukkan email serta password yang sudah kamu gunakan untuk mendaftar.

Isi formulir dengan data yang diminta. Kemudian, upload dokumen sesuai syarat dan pastikan dokumen-dokumen tersebut sudah diterjemahkan dalam Bahasa Turki atau Bahasa Inggris oleh penerjemah tersumpah.

Beasiswa ini terakhir tersedia pada tanggal 15 Januari 2020 dan sudah ditutup pada tanggal 20 Februari 2020. Pengumuman sudah diumumkan pada September 2020. Namun, kamu bisa langsung memeriksa situs official agar dapat mengikuti beasiswa pada periode berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *