Program beasiswa kuliah s2 dalam negeri kini semakin beragam. Ada berbagai institusi pemerintah maupun swasta yang membuka kesempatan beasiswa bagi para siswa yang ingin menempuh pendidikan S2.

Kamu memiliki peluang yang lebih besar untuk bisa melanjutkan di jenjang S2, karena berbagai institusi menawarkan program beasiswa yang beragam. Berbagai institusi menawarkan program kuliah yang mencakup berbagai program studi. Lantas, apa saja beasiswa kuliah S2 di dalam negeri yang kini tersedia?

LPDP

Beasiswa pemerintah ini menawarkan berbagai jenis beasiswa yang beragam, di antaranya adalah beasiswa regular, afirmasi, pendidik, dokter hingga spesialis. LPDP menawarkan program ini untuk tahun akademik 2021-2022. Program LPDP ini akan menanggung semua biaya kuliah kamu.

Kamu harus mendaftarkan diri pada April, Mei hingga Oktober.

GSEP

Global Sustainable Electricity Partnership (GSEP) menawarkan program beasiswa kepada anak-anak berprestasi di seluruh dunia. GSEP sendiri adalah organisasi non profit yang peduli terhadap pengembangan energi berkelanjutan di seluruh dunia.

Sasaran beasiswa ini adalah para siswa dari negara berkembang, seperti misalnya Indonesia.

GSEP memberikan bantuan pendidikan sebesar $21,000 per tahun untuk pelajar yang berhasil mendapatkan beasiswa. GSEP memberikan bantuan dana selama dua tahun. Proses pendaftaran berlangsung mulai bulan Januari.

IsDB

Indonesia merupakan salah satu negara anggota IsDB (Islamic Development Bank). IsDB sendiri secara rutin memberikan beasiswa bagi negara-negara anggotanya.

Program ini menawarkan program beasiswa penuh yang mencakup biaya kuliah, biaya hidup, pengobatan, tunjangan instalasi, tesis dan lain sebagainya. Kamu bisa mendaftar berasiswa ini untuk studi S2 di dalam negeri, namun kamu harus mendaftar di unversitas dengan peringkat yang cukup baik.

IsBD membuka proses pendaftaran pada bulan Desember.

PMDSU

Pendidikan Magister Menuju Dokter untuk Sarjana Unggul (PMDSU) menawarkan program beasiswa untuk lulusan S1 Fresh Gradute yang ingin menjadi seorang dosen.

Nantinya, para lulusan S1 akan menempuh pendidikan hingga gelar Doktor (S3) dengan durasi empat tahun dengan pembiayaan penuh. Program ini membuka pendaftaran pada Juni.

Bidik Misi

Program pendanaan yang satu ini adalah salah satu jenis beasiswa yang cukup populer. Beasiswa ini hadir untuk para pelajar yang berasal dari keluarga kurang mampu dan sebelumnya telah meraih beasiswa Bidik Misi 1.

Kemendikbud bersama LPDP menawarkan program ini untuk sejumlah studi di dalam maupun luar negeri. Proses pendaftaran berlangsung di laman LPDP pada April atau Mei. Beasiswa ini menawarkan bentuk pembayaran biaya kuliah secara penuh.

Wellcome

Wellcome menawarkan beasiswa S2 khusus dalam bidang kesehatan setiap tahunnya. Para pelajar internasional bisa melanjutkan pendidikan magister mereka di universitas terkemuka, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Pembiayaan akan dilakukan secara penuh dan mencakup biaya kuliah, biaya hidup, tiket perjalanan dan biaya penelitian. Pendaftaran dibuka dua kali dalam setahun dan batas akhir pendaftaran pada April atau September.

Wellcome sendiri adalah Yayasan amal yang berpusat di Inggris dan secara rutin menawarkan beasiswa.

Nah, untuk kamu yang berencana untuk melanjutkan pendidikan S2, beberapa daftar beasiswa kuliah s2 dalam negeri yang disebutkan di atas bisa menjadi kesempatan bagimu. Tak perlu ragu untuk mendaftar jika kamu memenuhi kualifikasi yang diberikan.

Kesempatan beasiswa tidak akan datang dua kali, kamu perlu mengusahakan beasiswa yang kamu inginkan dengan mendaftarkan diri sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *