Peluang kerja administrasi publik di masa sekarang tergolong cukup besar. Jurusan ini dinilai sangat penting karena menyangkut kehidupan dalam bernegara. Jurusan administrasi publik mempelajari cara pengelolaan organisasi publik. Mulai dari penyusunan, birokrasi, implementasi, sampai evaluasi kebijakan publik.

Administrasi publik termasuk jurusan yang masih jarang diketahui. Tidak heran jika orang akan bertanya tentang seberapa besar prospek kerjanya. Bagi kamu yang ingin berkuliah di jurusan administrasi publik, berikut peluang kerjanya yang harus kamu tahu.  

Sebagai Pekerja LSM

Salah satu profesi yang bisa kamu coba untuk lulusan administrasi publik adalah pekerja LSM. Seorang LSM harus menguasai ilmu kebijakan publik dan manajemen pemerintahan. Hal ini karena tugas dari LSM adalah mengawasi program yang akan membantu organisasi nirlaba dan lembaga pemerintah.

Biasanya seorang LSM akan sering melakukan kolaborasi bersama dengan tim PR. Tujuannya adalah untuk menjaga citra lembaga dan meningkatkan hubungan institusi dengan publik. Kamu juga akan diminta untuk memimpin acara penggalangan dana dan siaran pers.

Konsultan Pemerintah

Kamu suka profesi yang elit dengan gaji yang menggiurkan? Jika iya, maka kamu bisa memilih menjadi seorang konsultan pemerintah. Institusi pemerintah menjadi salah satu prospek kerja administrasi bisnis yang akan bertemu dengan banyak tantangan baru. Seorang konsultan pemerintah harus memiliki beberapa skill.

Mulai dari skill komunikasi sampai skill mengatur strategi. Karena tugas dari seorang konsultan pemerintahan adalah memberikan solusi jitu terhadap permasalahan. Selain itu, kamu juga harus menciptakan strategi yang bisa digunakan oleh petinggi.

Tenaga Pengajar

Siapa bilang jika lulusan administrasi publik tidak bisa menjadi seorang tenaga pengajar? Nyatanya, jurusan ini bisa membantu kamu yang mempunyai cita-cita menjadi guru. Sudah banyak lulusan dari administrasi publik yang merintis karier menjadi tenaga pengajar. Kamu bisa memilih ingin menjadi guru apa sesuai dengan ilmu yang dimiliki.

Melakukan transfer ilmu kepada orang lain terkait pemerintahan akan mempunyai tujuan untuk membangun secara bersama-sama. Hal inilah yang membuat tugas tenaga pengajar dinilai cukup menjanjikan.

Aparat Pemerintah

Salah satu peluang kerja yang bisa kamu coba untuk lulusan administrasi publik adalah aparat pemerintah. Profesi ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai pemerintahan dan aktif dalam organisasi. Profesi tersebut bisa dibilang menjadi pekerjaan inti dari lulusan jurusan administrasi negara.

Tugas dari aparat pemerintah adalah menetapkan kebijakan pemerintah sampai menyediakan solusi untuk permasalahan rakyat. Oleh karena itu, jurusan administrasi publik yang cocok bekerja di sini adalah administrasi negara.

Staf Legislatif Pusat atau Daerah

Kamu lulusan administrasi publik? Tidak ada salahnya jika kamu ingin menjadi seorang staf atau anggota legislatif. Seorang yang berkuliah di jurusan tersebut pasti paham bagaimana cara berpikir strategis untuk menentukan kebijakan pemerintahan. Selain itu, kamu pasti akan banyak belajar tentang strategi khusus untuk membentuk pemerintahan efektif.

Kamu bisa memilih menjadi staf legislatif di pusat atau pun di daerah. Karena ilmu yang kamu terima dalam bidang pemerintahan sudah cukup baik. Alhasil, kamu diharapkan untuk membawa rakyat ke lingkungan yang lebih sejahtera.

Asisten Peneliti

Salah satu peluang kerja administrasi publik yang menarik untuk dicoba adalah asisten peneliti. Profesi ini dibutuhkan lantaran dalam menjalankan pemerintahan, dibutuhkan solusi dari masalah yang dihadapi. Hal inilah yang membuat ahli pemerintahan melakukan riset atau penelitian dengan tujuan memecahkan masalah.

Seperti yang diketahui, cakupan pemerintah itu sangat luas. Mulai dari daerah, kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi, dan negara. Oleh karena itu, penelitian yang dilalukan harus besar-besaran dengan harapan roda pemerintahan bisa seimbang. Itulah kenapa profesi asisten peneliti dibutuhkan dari lulusan administrasi publik.

Partai Politik

Apakah kamu ingin terjun dalam dunia politik? Jika iya, maka profesi yang bisa kamu pilih adalah menjadi anggota partai politik. Dunia politik mempunyai peranan besar dalam pemerintahan. Karena melalui politik, masyarakat bisa menyalurkan aspirasinya jika sesuai dengan visi dan misi partai tersebut.

Jika kamu ingin menjadi seorang anggota partai politik, maka kamu harus paham dan tahu cara pola pemerintahan yang ada di Indonesia. Kamu bisa terlibat dalam mewujudkan visi fan misi melalui partai politik.

Bekerja di BUMN

Kamu pastinya sudah tidak asing dengan BUMN, bukan? BUMN adalah salah satu perusahaan milik pemerintah yang mempunyai banyak hubungan. Mulai dari pajak sampai hal lainnya. Lulusan administrasi publik sangat cocok bagi kamu yang ingin bekerja di perusahaan BUMN, entah di bagian pajak atau keuangan.

Bekerja di Lembaga Keuangan

Salah satu profesi yang bisa kamu coba adalah bekerja di lembaga keuangan. Prospek dan peluang di tempat ini cukup bagus. Kamu bisa memilih Bank Indonesia sebagai tempat kamu bekerja. Profesi ini juga akan terus dicari mengingat sektor keuangan akan terus berkembang seiring perkembangan zaman.

Itulah beberapa peluang kerja lulusan administrasi publik yang bisa kamu coba dari sekarang. Di antara itu semua, manakah profesi yang paling menarik dan menjanjikan bagimu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *