Pada dasarnya, semua jurusan memiliki kesempatan yang sama untuk bisa mendapatkan tempat terbaiknya, termasuk peluang kerja jurusan farmasi di Indonesia. jurusan ini masih bagian dari dunia medis yang berkaitan dengan obat-obatan. Jurusan ini sangat cocok untukmu yang ingin bekerja di rumah sakit, meski bukan sebagai dokter atau perawat.

Jurusan farmasi adalah salah satu bidang studi yang menjadi kombinasi antara ilmu kimia dan ilmu kesehatan. Keduanya sangat dibutuhkan di dalam dunia kesehatan. selama berkuliah di jurusan farmasi, kamu akan banyak bergelut dengan beberapa senyawa kimia yang akan dikembangkan sebagai obat. Bukan hal mustahil, di masa yang akan datang, kamu akan jadi salah satu penemu obat yang akan dibutuhkan oleh orang banyak.

Di bawah ini terdapat beberapa pilihan pekerjaan yang bisa kamu dapatkan ketika memilih jurusan farmasi.

Apoteker

Lulusan dari program studi Farmasi akan mendapatkan gelar Sarjana Farmasi (S.Farm.) yang kemudian bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan Apoteker. Ketika gelar Apoteker (Apt.) sudah didapat, kamu bisa mendedikasaikan diri untuk bekerja sebagai apoteker atau mendirikan usaha apotek di rumah.

Bekerja untuk BPOM dan Kemenkes

Prospek jurusan farmasi 5 tahun ke depan juga bisa memberikan posisi untukmu di lembaga pemerintahan seperti BPOM. Menjadi salah satu pengawas bahan makanan yang layak konsumsi untuk masyarakat akan menjadi pekerjaan penting di masa mendatang. Kemenkes juga memerlukanmu untuk menjadi salah satu sosok penjamin mutu atau peneliti dan peracik obat.

Farmasi Manajemen

Lulusan dari jurusan farmasi juga akan diberikan kesempatan berada di dalam Farmasi Manajemen. Banyak brand kosmetik lokal yang mempekerjakan seorang dari jurusan farmasi untuk menyeragamkan standar dan kadar aman sebuah kosmetik. Hal ini tentu akan sangat dicari oleh perusahaan besar yang mengembangkan bisnis di kanal satu ini.

Ahli Kecantikan (Aesthetic)

Menjadi seorang ahli kecantikan juga bisa menjadi peluang kerja untukmu yang mengambil jurusan Farmasi. Terlebih untuk klien yang mengalami permasalahan pada kulit wajah atau tubuhnya. Seorang ahli kecantikan akan memberikan tips dan trik untuk merawat kesehatan kulit secara alami sesuai dengan kebutuhan.

Karena kamu juga akan mendapatkan pelajaran mengenai hal tersebut, pekerjaan satu ini juga menawarkan penghasilan yang tidak sedikit. Kamu bisa bekerja di klinik kecantikan, pusat pelayanan kesehatan, atau di perusahaan kosmetik.

Dosen

Tak melulu berkaitan dengan rumah sakit dan medis, kamu juga bisa berpeluang mendapatkan pekerjaan sebagai dosen. Membagikan ilmu yang didapat dan menjadikan mahasiswamu sebagai calon kawan di dunia farmasi akan sangat menyenangkan. Peluang kerja jurusan farmasi ini cukup baik jika kamu menekuninya dengan hati gembira.

Ahli Bioteknologi

Seorang ahli bioteknologi adalah sebutan untuk seseorang yang berkecimpung di bidang pemanfaatan makhluk hidup seperti virus dan bakteri. Para ahli bioteknologi akan mengembangkan penelitian yang berguna untuk kehidupan manusia. Di dalamnya mencakup penelitian tentang makhluk hidup dan varietas lainnya yang bisa dikembangkan sebagai sarana obat dan sejenisnya.

Banyak bidang yang membutuhkan seorang ahli bioteknologi. Karena pekerjaannya juga berkaitan dengan pangan dan kesehatan. Bahkan bisa merambah pada bidang agrikultur untuk tumbuhan dan hewan ternak. Tak heran bidang medis (red biotechnology), juga perairan (blue biotechnology), energi terbarukan (white/grey biotechnology), pertanian dan peternakan (green biotechnology) sangat membutuhkan skill-nya.

Peneliti Bioteknologi

Salah satu peluang kerja lulusan jurusan farmasi yang lebih khusus dibandingkan Ahli Biotenologi adalah seorang Peneliti Bioteknologi. Pekerjaan ini akan lebih banyak meneliti gen pada tingkat molekuler dan mengembangkannya untuk kemaslahatan yang lebih besar.

Secara umum, sebuah gen terbentuk berdasarkan susunan DNA, kemudian peran peneliti bioteknologi adalah mengambil sampelnya dan mengembangkan menjadi produk baru dengan modifikasi senyawa di dalamnya.Dengan perhatian yang ekstra, sebuah produk akan menghasilkan manfaat yang lebih baik dengan mempertimbangkan kualitas gizinya untuk tubuh manusia, hewan, bahkan tumbuhan.

Bekerja sebagai Penyuluh Kesehatan (Health Educators)

Untuk kamu yang senang berada di dunia medis dan bersosialisasi, maka pilihan sebagai Penyuluh Kesehatan adalah pilihan yang tepat. Di antara tugas seorang Penyuluh Kesehatan antara lain sebagai berikut.

  • Mengembangkan program pendidikan dengan melakukan promosi kesehatan seperti workshop kesehatan, konferensi, pelatihan dan sejenisnya di sekolah dan komunitas.
  • Mengembangkan dan memelihata hubungan kooperatif dengan berbagai pihak di lembaga yang berkaitan dengan kesehatan dan beberapa lingkup lainnya yang mendukung pekerjaan ini.
  • Mengembangkan program yang menunjang info kesehatan kemasyarakatan, pemerintah daerah, dan lainnya sesuai lini yang diperlukan.
  • Melakukan pengawasan pada staf profesional agar sesuai dengan tujuan dan sasaran program kerja yang sedang dijalankan.

Pilihan dan peluang kerja jurusan farmasi cukup banyak dan menggiurkan. Kamu bisa menyesuaikan dengan spesifikasi yang ingin kamu kembangkan. Pastikan kamu juga nyaman saat bekerja di berbagai instansi yang tersedia. Maka, kamu juga akan lebih berdedikasi untuk melakukan banyak hal di dalam lingkup ruang kerjamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *