Peluang kerja lulusan matematika yang menjanjikan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk memilih jurusan. Mesti tidak terlalu populer seperti jurusan kedokteran, namun jurusan ini banyak diperlukan di berbagai perusahaan. Sehingga buat kamu yang senang dengan angka, maka jurusan matematika bisa dijadikan pilihan tepat.

Seperti yang diketahui, Matematika merupakan jurusan yang mempelajari tentang angka, seperti geometri, aljabar, dan analisis matematika. Selain itu, mahasiswa matematika juga akan mempelajari tentang statistika, komputasi, dan lain sebagainya. Terdapat berbagai prospek kerja bagi lulusan matematika, 8 diantaranya sebagai berikut.

Analis Keuangan

Kemampuan yang kamu miliki mengenai matematika bisa berpeluang menjadi seorang analis keuangan. Seorang analis keuangan bertanggung jawab untuk mengumpulkan data, mengatur informasi, menganalisis hasil keuangan, dan lain sebagainya. Pekerjaan ini banyak berhubungan dengan angka, hitungan dan analisis, sehingga bisa menjadi peluang kerja untul lulusan matematika yang sangat menjanjikan.   

Aktuaris

Peluang kerja bagi lulusan matematika yaitu menjadi aktuaris. Seorang yang berprofesi sebagai aktuaris biasanya bekerja di perusahaan asuransi. Aktuaris bertanggung jawab menetapkan harga produk asuransi menggunakan tingkat investasi, klasifikasi risiko, skala penjualan, dan lain sebagainya.

Selain itu, seorang aktuaris juga bertugas membuat proyeksi dan analisis teknis untuk perkembangan perusahaan. Pekerjaan ini sangat cocok bagi lulusan matematika, karena kebanyakan pekerjaan ini lebih banyak menggunakan hitungan dan analisis.

Akuntan

Peluang kerja lulusan matematika selanjutnya, yaitu menjadi seorang akuntan. Akuntan adalah seseorang yang memonitor dan mencatat alur keuangan perusahaan. Seorang akuntan memiliki peranan penting dalam perusahaan, karena bersinggungan langsung dengan keuangan perusahaan.

Jika seorang akuntan melakukan kesalahan dalam pencatatan keuangan, maka akan membuat perusahaan mengalami kerugian. Oleh karena itu diperlukan tanggung jawab besar untuk menjalani pekerjaan ini. Dalam pekerjaannya, seorang akuntan bertugas mencatat semua transaksi keuangan, baik transaksi keluar atau masuk.

Selain itu, akuntan juga melakukan pembukuan, memverifikasi laporan keuangan, mengevaluasi laporan perusahaan, dan memberikan konsultasi riset keuangan. Agar menjadi seorang akuntan profesional, maka kamu harus memiliki berbagai kemampuan, seperti teliti, lancar dalam berhitung, dan mampu berpikir sistematis.

Manajer Keuangan

Lowongan kerja lulusan matematika yaitu menjadi manajer keuangan. Seorang manajer keuangan bertugas dalam merencanakan bisnis untuk membantu perusahaan mengambil keputusan, sehingga bisnis bisa berjalan lancar secara finansial.

Pekerjaan ini sangat diperlukan di berbagai perusahaan, antara lain perusahaan asuransi, perusahaan IT, pemerintah daerah, otoritas kesehatan, dan lain sebagainya. Selain itu, seorang manajer keuangan juga bertanggung jawab penuh terhadap keuangan perusahaan.

Ada pun tanggung jawabnya antara lain mengkoordinasikan pengontrolan dana, mengelola fungsi akuntansi, merencanakan dan mengembangkan sistem keuangan, dan lain sebagainya.  

Peneliti Pasar

Peneliti pasar atau market researcher merupakan prospek kerja bagi lulusan matematika murni. Seorang peneliti pasar bertugas melakukan penelitian pasar untuk menyediakan analisis bagi klien, sehingga klien bisa menghasilkan produk sesuai kebutuhan pasar. Selain itu seorang peneliti pasar juga akan meneliti pasar, baik penelitian kualitatif maupun kuantitatif.

Seorang peneliti pasar juga bertanggung jawab mengumpulan, mengidentifikasi, membuat keputusan, serta menyusun rencana yang berkaitan dengan produk dan jasa pemasaran. Agar bisa menjadi penelili pasar yang profesional, maka kamu harus memiliki keterampilan analisis, berpikir kreatif, dan memiliki kemampuan memecahkan masalah.

Seorang analisis pasar biasanya bekerja di bawah agensi dengan gaya kerja yang fleksibel, baik waktu maupun tempat. Sehingga pekerjaan ini sangat cocok buat kamu yang senang bekerja tanpa aturan ketat.

Kriptografer

Prospek kerja bagi lulusan matematika selanjutnya yaitu menjadi kriptografer. Pekerjaan ini sangat cocok buat kamu yang tertarik dengan pengamanan informasi, persandian, sistem enkripsi, teori pengkodean, dan pemecahan masalah.

Seorang kriptografer bertanggung jawab dalam mengembangkan enkripsi dan sistem keamanan. Profesi ini berperan penting dalam dunia teknologi, karena kriptografer harus memastikan semua keamanan data, baik data bidang keuangan, bisnis, maupun militer.

Analis Investasi

Peluang kerja lulusan matematika selanjutnya yaitu sebagai analis investasi. Analis investasi atau investment analyst merupakan salah satu pekerjaan profesional keuangan yang ahli dalam mengevaluasi informasi keuangan serta investasi.

Sebagai seorang analis investasi, kamu akan memberikan rekomendasi dalam keputusan melalukan transaksi atau memegang saham dalam sekuritas. Seorang analis investasi bertanggung jawab dalam mengumpulkan informasi dan melakukan riset. Selain itu, analis investasi juga bertanggung jawab melakukan berbagai macam aset, seperti mata uang, saham, obligasi, dan komoditas.

Peneliti

Bekerja sebagai peneliti merupakan salah satu peluang kerja bagi lulusan matematika. Sebagai peneliti, kamu bisa meneliti berbagai persoalan yang harus menggunakan rumus atau bahasa matematika. Selain itu, kamu bisa menemukan rumus atau teori baru dalam setiap permasalahan.

Terdapat berbagai peluang kerja lulusan matematika yang bisa kamu pilih, mulai dari analis keuangan hingga peneliti. Matematika merupakan salah satu jurusan yang memiliki peluang kerja menjanjikan dengan gaji tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *