Peluang kerja teknik elektro yang luas di berbagai bidang membuat jurusan ini banyak diminati. Lingkup ilmu teknik elektro sangat luas, mulai dari mempelajari sumber listrik hingga pemanfaatannya. Setiap mahasiswa yang mengambil kuliah teknik elektro akan dibekali pengetahuan seputar teknik, mulai dari konsep hingga produksi perangkat listrik.

Selain itu, kamu juga diajarkan mengenai metode penyimpanan energi, metode menghemat energi, dan lain sebagainya. Selain lingkup pembelajarannya yang luas, jurusan ini juga memiliki prospek kerja menjanjikan. Ada pun prospek kerja lulusan teknik elektro, yaitu sebagai berikut.

PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Peluang kerja bagi lulusan teknik elektro yaitu sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil). Profesi sebagai PNS sangat diminati oleh hampir masyarakat Indonesia, karena jenjang karier mapan serta gaji yang stabil. Sebagai lulusan teknik elektro, kamu juga memiliki kesempatan menjadi PNS. Biasanya bagian yang diambil oleh lulusan elektro yaitu di bidang energi dan sumber daya mineral.

Kerja di BUMN

Selain bekerja sebagai PNS, peluang kerja bagi lulusan teknik elektro selanjutnya yaitu bekerja di BUMN. Biasanya lulusan elektro bisa bekerja di bidang telekomunikasi dan energi. Kelebihan jika bekerja menjadi pegawai BUMN teknik elektro antara lain gaji tinggi, jenjang karier, dan asuransi. Terdapat banyak perusahaan BUMN yang menerima lulusan teknik elektro, antara lain PT. PLN, PT. Telkom Indonesia, dan lain sebagainya.

Pengajar

Peluang kerja bagi lulusan teknik elektro yaitu bisa menjadi pengajar, baik guru maupun dosen. Sekarang ini banyak perguruan tinggi yang memerlukan tenaga dosen untuk mengajar teknik elektro.

Agar menjadi dosen, kamu bisa menyelesaikan pendidikan pascasarjana S2. Sedangkan jika ingin menjadi guru, kamu bisa mengajar di SMK sebagai guru jurusan listrik, elektronika industri, dan instalasi listrik.

Pengembang Perangkat Lunak

Pengembang perangkat lunak atau software developer merupakan salah satu peluang kerja teknik elektro yang bisa kamu pilih. Pengembang perangkat lunak merupakan seorang profesional yang membuat perangkat lunak di berbagai jenis komputer. Perangkat lunak atau aplikasi yang dibuat bisa berupa aplikasi mobile, aplikasi desktop, dan lain sebagainya.

Seorang yang berprofesi sebagai pengembang perangkat lunak bertanggung jawab dalam pengembangan, desain, dan implementasi produk. Pekerjaan ini sangat menjanjikan dan sangat cocok bagi lulusan teknik elektro.

System Engineer

Peluang kerja bagi lulusan teknik elektronika selanjutnya yaitu sebagai system engineer. Seorang yang berprofesi sebagai system engineer harus memahami teknik dan manajemen dengan baik. Selain itu, seorang system engineer bertugas melakukan implementasi sistem perangkat lunak, mulai dari analisis data hingga menyempurnakan sistem yang sudah tersedia.

Project Engineer

Bekerja sebagai project engineer merupakan salah satu pekerjaan yang cocok bagi lulusan teknik elektro. Agar bisa sukses menjadi seorang project engineer, maka kamu harus memiliki keterampilan dalam manajemen, pengetahuan teknik, dan kemampuan bekerja dalam tim.

Seorang yang berprofesi sebagai project engineer bertanggung jawab dalam mengembangkan dan memasang sistem teknik kelistrikan pada suatu proyek. Selain itu, seorang project engineer bertugas dalam mengembangkan desain, memberikan tugas kepada pekerja lain, dan menjalankan proyek sesuai anggaran.

Hardware Design Engineer

Peluang selanjutnya yaitu sebagai hardware design engineer atau insinyur desain perangkat keras. Semakin berkembangnya teknologi seperti sekarang, maka semakin besar pula permintaan pasar terhadap perangkat keras. Agar bisa menghasilkan desain perangkat keras yang terus berkembang, maka diperlukan hardware design engineer.

Seorang hardware design engineer bertugas merancang dan membuat komponen perangkat keras, seperti mikrochip, scanner, dan lain sebagainya. Selain terlibat dalam pembuatan hardware, seorang engineer juga bertugas mengawasi proses pemasangan hardware yang biasanya dilakukan di laboratorium penelitian.

Analis Sistem

Lulusan teknik elektro juga bisa menjadi analis sistem. Seorang yang berprofesi sebagai analis sistem bertanggung jawab dalam memelihara dan meningkatkan sistem organisasi.

Agar bisa menjadi seorang analis sistem yang profesional, maka kamu harus memiliki keterampilan dalam manajemen proyek. Selain itu, kamu juga harus memiliki kemampuan berpikir kritis serta bisa memecahkan masalah dengan baik.

Pengusaha

Peluang kerja selanjutnya yang menjanjikan yaitu sebagai pengusaha. Di era modern seperti sekarang, menjadi pengusaha adalah pekerjaan yang diminati oleh generasi muda. Dengan menjadi pengusaha, maka kamu bisa mampu menciptakan lapangan kerja nantinya. Terdapat banyak usaha yang bisa kamu pilih, seperti membuka bisnis instalasi listrik, mengembangkan bisnis startup, dan lain sebagainya.

Teknik elektro merupakan salah satu ilmu yang mempelajari tentang sifat-sifat elektron atau listrik dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Teknik elektro termasuk jurusan yang memiliki banyak peluang kerja menjanjikan. Terdapat banyak peluang kerja teknik elektro yang bisa kamu pilih, mulai dari menjadi PNS hingga menjadi seorang pengusaha. Dari peluang kerja di atas, manakah peluang kerja yang kamu inginkan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *