Peluang kerja teknik informatika di masa ini sangat menguntungkan. Hal ini karena era terus berkembang menjadi canggih dan digital. Tidak heran jika jurusan teknik informatika juga banyak diminati. Selain itu, jurusan ini mempunyai peluang kerja yang dinilai menjanjikan dan menguntungkan.

Namun, kamu harus pintar memilih profesi yang banyak dicari. Atau kamu juga bisa mencari profesi yang masih jarang ditemukan, tapi bayarannya tinggi. Bagi kamu yang lulusan teknik informatika, berikut peluang usaha menjanjikan di masa depan.

Front End Developer

Salah satu profesi yang dinilai cukup menjanjikan dan banyak dicari adalah Front End Developer. Secara sekilas, profesi ini masih terasa asing di telinga. Namun, kamu pastinya tidak akan asing setelah mengetahui job desk-nya. Seorang Front End Developer mempunyai tugas untuk mengerjakan program.

Nantinya, pengguna akan melihat secara langsung proses pengerjaan program. Meski sekilas terlihat keren, tapi profesi ini membutuhkan banyak pengetahuan. Kamu harus belajar tentang pemrograman Java Script, HTML, dan CSS. Ketiga aspek tersebut sangat penting dalam membuat website.

Selain itu, semakin tinggi profesi atau kinerja yang kamu lakukan, kamu harus menguasai salah satu jenis framework. Entah itu Angular, VUE, React, dan lain sebagainya. Seorang Front End Developer harus menguasai desain dan testing aplikasi.

Android Developer

Salah satu prospek kerja jurusan teknik informatika dan sistem informasi yang menjanjikan adalah Android Developer. Saat ini, banyak sekali aplikasi android yang digunakan oleh setiap penggunanya. Dengan kata lain, membuat program dan aplikasi android tidak akan sia-sia. Para pengguna saat ini pandai mencari tahu setiap kualitas dari aplikasi yang ada.

Seorang android developer harus menguasai bahasa program Java atau Kotlin. Selain itu, kamu juga harus melakukan kolaborasi dengan UX desainer. Tujuannya untuk mendapatkan aplikasi yang mudah dalam penggunaannya bagi user.

Web Designer

Jika kamu adalah lulusan teknik informatika, maka kamu bisa menjadi web designer. Hal ini karena teknik informatika belajar mengenai coding. Alhasil, kamu akan lebih mudah, terlebih jika menyukai bidang design website. Seorang web designer harus mengasah skill kreativitas agar nilainya semakin tinggi.

Selain itu, profesi ini dekat dengan UI dan UX. Kedua hal tersebut banyak dicari di era digital seperti ini. Web designer juga mempunyai tugas untuk membuat halaman website menjadi lebih menarik.

Network Administrator

Pekerjaan lulusan teknik informatika yang bisa kamu coba adalah network administrator. Tugas dari profesi tersebut adalah menjaga keamanan dan kontinuitas pada jaringan sistem yang digunakan. Contoh sederhana dari tugas network administrator adalah membuat komputer agar terkoneksi ke internet.

Ada lagi tugas lainnya, seperti membuat email server, DNS server, dan FTP server. Kamu juga akan mengelola dan menjaga seluruh sistem jaringan. Cara menjadi seorang network administrator adalah menguasai dasar komputer, menguasai hardware, dan routing theory. Selain itu, kamu juga harus teliti dan etos dalam bekerja.

Konsultan ERP

Peluang kerja teknik informatika yang banyak dicari adalah konsultan ERP. Profesi ini akan memberikan jasa konsultasi mengenai pengembangan sistem dan software database. Dengan kata lain, seorang konsultan ERP harus bisa memberi solusi agar perusahaan dapat bekerja maksimal.

Namun, seorang konsultan ERP juga harus bisa memperhitungkan dana pengeluaran. Kamu harus bisa membuat solusi yang sesuai dengan minim biaya. Selain itu, konsultan ERP biasanya dituntut untuk memberi solusi yang berkaitan pencarian data. Kamu harus mempunyai kemampuan menggunakan sistem database.

Semakin kamu tahu kemajuan sistem database, di situlah nilaimu akan meningkat. Tidak hanya itu saja, tapi kamu juga harus melakukan analisis permasalahan klien. Wajar saja jika profesi ini sangat dibutuhkan mengingat perkembangan teknologi yang semakin maju.

Game Developer

Selain android developer, seorang game developer juga banyak dicari saat ini. Hal ini karena semakin banyak pengguna yang memilih permainan online. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut. Terlebih permainan online terus bermunculan, seperti PUBG salah satunya yang menjadi game legendaris.

Seorang game developer harus membuat dan mengembangkan permainan. Mulai dari tahap membuat rancangan dasar sampai mengaplikasikan sistem tertentu. Menjadi seorang game developer, kamu harus menguasai berbagai macam OS. Kamu juga harus mengikuti perkembangan video games untuk tahu kemauan pasar saat ini.

System Analyst

Peluang kerja lulusan teknik informatika yang banyak diburu adalah system analyst. Profesi ini mengharuskan kamu menggunakan sistem khusus dalam mendesain arsitektur teknologi informasi. Kamu juga diwajibkan untuk memodifikasi dan mengoptimalkan sistem agar fitur berjalan efektif.

Biasanya, profesi ini akan terjun dalam proyek yang mengharuskan kamu memeriksa model bisnis. Selain itu, kamu juga harus menganalisis kebutuhan sistem dengan melakukan pengembangan, pengujian, dan pengaturan.

Itulah beberapa peluang kerja untuk lulusan teknik informatika yang bisa kamu pilih. Profesi di atas dinilai sangat menjanjikan, bahkan akan terus dicari di masa mendatang. Jadi, manakah profesi yang ingin kamu lakukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *