Suka naik panggung dan punya impian sebagai seorang penyanyi, penari, atau artis? Kamu bisa langsung mengambil jurusan Performing Arts di perguruan tinggi. Kamu bisa mengembangkan kemampuan, membangun rasa percaya diri, dan bahkan membangun karir.

Ada banyak artis dan aktor yang sudah sukses dan memiliki latar belakang pendidikan jurusan seni. Misalnya, Kristin Chenoweth, seorang aktris Amerika sekaligus penyanyi yang sangat terkenal di bidang drama musikal, film, dan televise. Sebelumnya, ia kuliah di Oklahoma City University.

Mengenal Jurusan Performing Arts

Dengan mengambil jurusan ini, maka mahasiswa akan lebih banyak melakukan  praktik seperti menampilkan performa tertentu. Sistem belajar pada jurusan seni seringkali disajikan dengan kombinasi perkuliahan secara teori dan praktik.

Jurusan ini juga mendidik mahasiswa untuk memiliki tingkat kesadaran diri yang baik, disiplin, manajemen waktu, belajar berorganisasi, presentasi, dan membangun rasa percaya diri.

Apa Saja yang Dipelajari?

Dengan mengambil jurusan performing arts, maka kamu akan mempelajari berbagai latihan di bidang drama, musik, dan tarian. Bahkan, sangat mungkin sekali lembaga perguruan tempat kamu belajar menawarkan tiga bidang tersebut dalam satu jurusan. Berikut adalah hal-hal yang akan kamu pelajari di jurusan seni:

  • Pentas seni
  • Drama
  • Tarian dan budaya
  • Drama musikal
  • Teknik menari

Mengapa Performing Arts?

Salah satu alasan mengapa harus mengambil jurusan seni adalah karena kamu punya peluang banyak pilihan pekerjaan. Ada banyak kesempatan di industry hiburan dan seni, bahkan di berbagai bidang.

Kamu bisa menemukan pekerjaan melalui mulut-ke-mulut atau berbagai iklan. Beberapa pekerjaan juga dapat ditemukan secara mudah melalui jaringan, menghadiri audisi, kolaborasi dengan artis lain, atau memulai sendiri dengan membuat pertunjukan.

Alasan lainnya adalah karena ada banyak aktivitas yang melibatkan kerjasama, baik dalam bentuk tulisan, atau penampilan. Mahasiswa yang mengambil jurusan seni memiliki kesempatan untuk mengambangkan kolaborasi kreatif.

Perkuliahan

Mahasiswa yang mengambil program S1 di jurusan seni akan belajar skill di atas panggung dan bahkan dapat memulai karir. Misalnya, kamu dapat mempelajari teknik audisi, serta praktek bisnis untuk pentas seni.

Biasanya, S1 jurusan seni dibekali dengan kurikulum yang menyediakan pemahaman mendalam dalam pentas seni serta pendidikan umum lainnya. Untuk mendaftar pada program studi ini, beberapa lembaga perguruan tinggi memberikan syarat ikut audisi agar dapat menempatkan mahasiswa sesuai bakat dan minat.

Selain itu, mahasiswa S1 juga dapat melanjutkan program S2 jurusan seni tanpa perlu training terlebih dahulu. Bahkan, kamu juga bisa mengambil program studi S3.

Prospek Kerja Dan Karir

Mahasiswa lulusan S1 performing arts memiliki kualifikasi yang cukup untuk memulai karir dalam industry seni dan hiburan. Tergantung kelas yang dipilih, gelar B.A. kamu bisa mengembangkan karir pada bidang berikut:

  • Bisnis industri hiburan
  • Manajemen bakat
  • Direksi film dan teater
  • Penari dan koreografi
  • Bintang film
  • Performer music

Kesimpulan

Jurusan performing arts akan belajar berbagai bentuk ekspresi dan bidang lain dalam seni, memperoleh pemahaman berbagai teknik dan mempelajari sejarah seni, musik, serta drama. Terdapat berbagai karir berbeda tersedia bagi mahasiswa jurusan ini.

Perolehan gajih seorang seniman tentu tergantung dari peran yang ia miliki dan seberapa besar produksi yang ia lakukan. Misalnya, seorang yang sering pentas di berbagai drama klasikal tentu mendapatkan gaji sesuai dengan  seberapa besar pentas tersebut ditampilkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *