Perguruan tinggi swasta di Jakarta tampaknya bersaing dengan perguruan tinggi negeri. Kedua tempat tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, tampaknya banyak yang menganggap perguruan tinggi swasta dengan pandangan negatif. Katanya, anak PTS adalah mahasiswa yang terbuang karena tidak lolos di PTN.

Namun, tidak semuanya berpendapat sama tentang hal tersebut. Bisa saja PTS memang menjadi pilihan seseorang dalam mendapatkan ilmu. Selain itu, dari segi harga, baik PTS dan PTN mempunyai harga yang tidak murah. Jadi, tidak ada salahnya untuk berkuliah di PTS jika kamu menginginkannya.

Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta yang Bisa Jadi Referensi

Apakah kamu tertarik untuk kuliah di universitas swasta? Jika iya, kamu bisa melihat beberapa rekomendasi pilihan di bawah ini. Kamu bisa menjadikannya sebagai referensi untuk tempat kamu kuliah. Karena tempat kuliah bisa menjadi penilaian saat kamu melamar kerja.

1. Universitas Bina Nusantara atau Binus

Salah satu perguruan tinggi di Jakarta yang populer adalah Universitas Bina Nusantara. Universitas ini berada di kawasan Jakarta Barat. Perguruan tinggi ini terkenal dengan bidang komputerisasi akuntansi. Ternyata, kampus ini sudah aktif selama kurang lebih 44 tahun dan menghasilkan banyak lulusan berprestasi.

Hal ini juga yang membuat Binus berada di posisi kedua dalam daftar universitas terbaik swasta di Jakarta. Akreditasi Binus juga adalah A yang sudah didapatkannya sejak tahun 2016. Di sini, kamu bisa menemukan 11 fakultas untuk program S1.

2. Universitas Trisakti

Universitas swasta di Jakarta Barat ini tentunya sudah tidak asing lagi. Universitas ini ada di kawasan Grogol. Biasanya universitas Trisakti dikenal dengan Usakti dan menjadi universitas terbesar swasta di Jakarta. Universitas tersebut sudah mendapatkan akreditasi A terhitung sejak tahun 2017.

Ada 9 fakultas yang bisa kamu pilih di Usakti, seperti Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Seni Ripa dan Desain, Fakultas Teknologi Industri, dan lain sebagainya. Berada di tengah ibu kota Jakarta, tidak heran jika universitas Trisakti banyak diincar mahasiswa.

3. Universitas Mercu Buana

Universitas swasta akreditasi A yang cukup populer adalah universitas Mercu Buana. Ternyata, universitas tersebut mempunyai tiga kampus: Kampus Menteng, Kampus Cibubur, dan Kampus Meruya. Universitas ini masuk urutan ke-73 dalam Peringkat 100 Besar Perguruan Tinggi Indonesia Non Vokasi Tahun 2018.

Posisi tersebut membuat Meecu Buana berada di peringkat ke-8 dalam daftar universitas terbaik swasta di Jakarta tahun 2019. Kamu bisa menemukan 6 fakultas dengan 14 program studi S1.

4. Universitas Gunadarma

Salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta yang sudah lama berdiri adalah Universitas Gunadarma. Kampus ini berada di wilayah Jakarta Barat, tepatnya di kawasan Depok. Sudah tidak diragukan lagi, Gunadarma mempunyai akreditasi A yang membuat mahasiswa mengincarnya.

Ada 16 jurusan kuliah yang bisa kamu pilih untuk program S1. 13 di antaranya sudah mendapatkan akreditasi A, sementara sisanya adalah akreditasi B. Jurusan yang akreditasi B adalah jurusan pariwisata, jurusan ekonomi syariah, dan jurusan agroteknologi.

5. Universitas Tarumanegara

Pernahkah kamu mendengar nama UNTAR? Jika iya, UNTAR adalah kependekan dari Universitas Tarumanegara. Universitas ini ada di wilayah Jakarta Barat dengan akreditas A sejak tahun 2017. Perguruan tinggi ini sudah ada sejak tahun 1959, lho. Tidak heran jika sudah banyak penghargaan yang diraih oleh kampus ini.

Hal ini juga yang membuat Universitas Tarumanegara berada di posisi ke-3. Terdapat 8 fakultas untuk program S1 yang bisa kamu pilih. Beberapa di antaranya adalah Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, dan lain sebagainya.

6. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta yang tidak kalah populer adalah Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Universitas uni sudah berdiri sejak tahun 1960. Wah, sudah tua, bukan? Kampus ini mempunyai tiga lokasi yang bisa kamu pilih sesuai keinginan.

Berada di urutan ke-30 dalam Peringkat 100 Besar Perguruan Tinggi Indonesia Non Vokasi Tahun 2018, Unika Atma Jaya berada si posisi pertama untuk universitas terbaik swasta di Jakarta. Kamu bisa menemukan 8 fakultas dengan 22 program studi di dalamnya.

7. Universitas Nasional

Universitas Nasional atau UNAS menjadi salah satu daftar yang masuk dalam universitas terbaik swasta di Jakarta. Kampus ini berada di posisi ke-7 untuk universitas terbaik swasta di Jakarta tahun 2019. Wilayah kampus UNAS ada si Jakarta Selatan, tepatnya di Jalan Sawo Manila, Pejaten, Pasar Minggu.

Di kampus ini, kamu bisa menemukan 23 program studi, seperti ilmu politik, ilmu hukum, sastra, manajemen, akuntansi, dan lain sebagainya. Universitas ini juga sudah mendapatkan akreditasi A di tahun 2017.

Itulah 7 perguruan tinggi swasta terbaik di Jakarta yang bisa kamu jadikan referensi. Kamu bisa mempertimbangkan segala aspek untuk memilih kampus terbaik menurutmu. Jadi, sudahkah kamu menentukannya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *