Mengetahui informasi terbaru tentang peringkat universitas di Indonesia sangat penting sebelum kamu daftar perguruan tinggi didalam negeri.

Dari 2.136 kampus Indonesia, Kemendikbud telah merilis informasi ranking terbaru dengan tujuan agar dapat membangun landasan bagi pemerintah dan lembaga pendidikan untuk melakukan evaluasi atau perbaikan secara lanjut. Sehingga, terdapat adanya peningkatan kesehatan dan performa organisasi.

Sesuai dengan keputusan pemerintah, berikut adalah daftar kampus terbaik tahun 2020 di Indonesia:

1. IPB – Institut Pertanian Bogor

Total skor 3,648 menjadikan IPB sebagai perguruan tinggi Jawa Barat, Bogor sebagai top kampus dan secara konsisten selalu masuk dalam peringkat universitas terbaik di Indonesia, karena selalu masuk urutan 10 besar.

Berdiri sejak tahun 1963, IPB menawarkan pendidikan yang fokus dalam bidang pertanian dan jurusann non-agrasis.

2. UI – Universitas Indonesia

Berada pada urutan kedua dengan total skor 3.414, Universitas Indonesia (UI) berada di perbatasan Depok dan Jakarta. Sebagai kampus negeri pertama yang ada di Jakarta, UI sudah ada sejak tahun 1849.

Lembaga pendidikan ini bahkan sering duduk di ranking 1 universitas paling favorit di dalam negeri. Bahkan, perguruan tinggi tersebut juga menjadi yang terbesar di Indonesia.

3. UGM – Universitas Gadjah Mada

Skor total UGM adalah 3.315, sekaligus membuat perguruan tinggi tersebut harus duduk di peringkat 3. UGM berada di Yogyakarta, dan sudah eksis sejak tahun 1949.

UGM juga memiliki konsistensi tinggi karena posisi 1 peringkat universitas di Indonesia, namun kali ini harus tergeser.

4. UNAIR – Universitas Airlangga

Dalam peringkat versi Kemendikbud, UNAIR berhasil menyabet skor total 3.299. Universitas yang terletak di Surabaya ini sekaligus menjadi yang terbaik di kota tersebut.

UNAIR juga unggul dalam hal moralitas dan kredibilitas, bahkan terbaik di Jawa Timur.

5. ITB – Institut Teknologi Bandung

Untuk kamu yang punya minat kuliah di ITB, tentu menjadi pilihan tepat. Lembaga pendidikan ini sudah memiliki reputasi sebagai universitas unggulan. Di tahun 2020 ini, Kemendikbud memberikan skor total 3.275 untuk ITB.

Institut Teknologi Bandung merupakan rumah bagi seluruh mahasiswa yang senang belajar tentang sains dan pengembangan teknik. Berdiri tahun 1959, ITB masih kokoh dengan kualitas pembelajarannya. Tidak heran jika lembaga pendidikan ini masuk dalam deretan PTN terbaik.

6. ITS – Institut Teknologi Sepuluh November

Selain UNAIR, ITS juga masuk sebagai peringkat universitas di Indonesia setelah berhasil mencapai skor 3.218. Peringkat tersebut juga membuat ITS duduk dalam top-10 terbaik di Indonesia.

Berada di Sukolilo, Surabaya, lembaga pendidikan ini sudah ada sejak tahun 1957. Tujuan lembaga pendidikan tersebut adalah untuk mendukung perkembangan teknologi dan maritim.

7. UNHAS – Universitas Hasanuddin

Masyarakat Makassar wajib bangga, karena UNHAS masuk dalam deretan kampus terbaik. Terletak di Provinsi Sulsel, UNHAS sudah ada sejak tahun 1956.

8. UB – Universitas Brawijaya

Tidak ingin ketinggalan, Universitas Brawijaya berhasil masuk dalam deretan top-10 universitas terbaik di Indonesia setelah berhasil mengumpulkan skor hingga 3.161.

Lembaga tersebut sudah berdiri sejak tahun 1963 di kota Malang.

9. UNDIP – Universitas Diponegoro

UNDIP berhasil menduduki top-10 karena telah memperoleh skor hingga 3.111. Terletak di Semarang, Universitas Diponegoro menjadi salah satu lembaga pendidikan terbaik di Jawa Tengah.

Selain itu, letak kampusnya juga strategis dengan pilihan jurusan lengkap.

10. UNPAD – Universitas Padjajaran

Skor UNPAD mencapai 3.007 dan meletakkannya pada urutan ke-10. Berada di Bandung, lembaga pendidikan ini sudah ada sejak tahun 1957.

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa saja peringkat universitas di Indonesia dari data top-10 terbaik versi kemendikbud. Apakah universitas favorit kamu ada didalam daftar tersebut?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *