Bidang ilmu Physics merupakan bidang ilmu yang fokus mempelajari gejala alam yang tidak hidup dalam lingkup ruang dan waktu. BIdang ini mempelajari perilaku dan sifat materi dalam bidang yang sangat beragam.

Jika memutuskan untuk masuk ke jurusan ini, maka kamu akan belajar mengenai partikel submikroskopis yang membentuk sebuah materi, hingga perilaku materi alam semesta.

Mengenal Jurusan Physics

Program studi Physics membekali para mahasiswa untuk mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau biasa disebut dengan materi dalam ruang lingkup ruang dan waktu. Tak sampai di situ, para mahasiswa akan mempelajari perilaku dan sifat materi dalam bidang yang sangat beragam.

Jurusan Fisika adalah rumah bagi pelajar yang ingin mendapatkan keahlian dan pengetahuan seperti mampu melakukan sebuah analisis ilmiah, mampu melakukan riset, serta mampu berpikir rasional. Ketelitian, melihat hal secara seksama, serta belajar untuk tekun adalah beberapa keahlian lain yang akan kamu dapatkan dari jurusan Fisika.

Apa Saja yang Dipelajari?

Seiring berkembangnya jaman, kini ilmu fisika juga berpengaruh terhadap perkembangan teknologi, industri, komunikasi, kimia hingga kedokteran. Beberapa mata kuliah yang akan kamu temui di jurusan ini mencakup Matematika, Kimia Dasar, Fisika Dasar, Mekanika, Elektronika, Fisika Matematik, Gelombang, Biofisika dan masih banyak lagi.

Jika memilih jurusan ini, tentu kamu juga harus memiliki pondasi kuat, terutama ilmu Matematika. Daya analisis tinggi serta Aljabar adalah prioritas utama.

Mengapa Physics?

Jika kamu memiliki ketertarikan terhadap ilmu pasti dan selalu ingin tahu bagaimana dunia di sekitar kamu bekerja, maka jurusan ini menjadi jurusan yang tepat. Jurusan ini juga sangat tepat untuk kamu yang memiliki daya analisa yang cukup kuat dan kemampuan dalam aljabar.

Di luar itu, kemampuan meneliti yang dimiliki oleh para lulusan di bidang ini sangat tinggi, sehingga banyak perusahaan dan instansi yang membutuhkannya demi memperkuat divisi research and development.

Bahkan, Fresh Graduate jurusan Fisika punya peluang kerja di industri pertambangan atau perminyakan. Sehingga karir sebagai seorang field engineer sangat mungkin untuk kamu miliki. Pada bagian teknologi informasi yang berkaitan dengan Fisika, lulusan bisa bekerja sebagai software developer atau analisis data sains pada berbagai perusahaan.

Perkuliahan

Masa perkuliahan yang berjalan selama 4 tahun atau 8 semester akan membuat kamu menghabiskan waktu untuk beberapa mata kuliah penting, seperti Mikrokontroler, Sensor, Sistem Instrumen dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga akan dibekali dengan mata kuliah yang didesain mengikuti perkembangan jaman agar bisa relevan dengan dunia kerja nantinya.

Menuju semester akhir, kamu bisa memilih satu bidang, seperti Fisika Teoretik dan Komputasional, Fisika Terapan atau Fisika Material Fungsional. Kamu bebas memilih fokus mana yang akan kamu teliti sesuai dengan minat kamu.

Prospek Kerja dan Karir

Dengan ilmu dan keterampilan yang kamu dapatkan selama kuliah, ada banyak bidang pekerjaan dan tidak terbatas untuk aktivitas penelitian. Itulah mengapa, mengambil jurusan physics pasti memiliki peluang karir menjanjikan.

Setelah lulus, kamu akan memegang gelar Sarjana Sains dan memiliki kesempatan untuk bekerja di berbagai bidang. Prospek kerja apa saja yang bisa kamu jalani?

  • Data Scientist
  • Teknisi Tambang, Minyak dan Material
  • Teknisi Listrik
  • Reseach and Development
  • Instruktur Pelatihan Kejuruan
  • Quality Assurance (QA)
  • Quality Control (QA)

Kesimpulan

Physics merupakan bidang ilmu yang fokus mempelajari gejala alam yang tidak hidup dalam lingkup ruang dan waktu. Para mahasiswa di jurusan ini akan mempelajari fisika secara fundamental dan modern, seperti Dinamika, Gaya Elektromagnetik, Mekanika Kuantum, Termodinamika dan lain sebagainya.

Physics sendiri merupakan salah satu bidang studi yang cukup rumit dan membutuhkan ketelitian. Sehingga para mahasiswa harus memiliki daya analisa yang kuat dan mengerti tentang matematika dalam lingkup aljabar.

Ilmu ini juga memberikan pengetahuan yang lebih rinci tentang bumi dan turut berpengaruh terhadap perkembangan teknologi. Beberapa lulusan fisika juga bahkan memiliki karir menjanjikan di perusahaan tambang atau industri lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *