Kuliah kedokteran termasuk salah satu jurusan dan program studi yang paling mahal di Indonesia. Anggaran kuliah seorang mahasiswa kedokteran rata-rata di atas 150 juta (minimal) hingga lulus profesi. Oleh karena itu, tidak semua orang bisa menempuh kuliah kedokteran ini. Padahal, salah satu cara menekan biaya kuliahnya yang tinggi dengan mengikuti program beasiswa kedokteran di Indonesia.

Selain mahal, fakultas kedokteran tidak tersedia di semua Perguruan Tinggi dalam Negeri. Berikut ini adalah beberapa kampus dan lembaga pendidikan yang menyediakan kuliah kedokteran sekaligus program beasiswa yang bisa kamu daftar bila hendak melanjutkan studi kedokteran.

Beasiswa LPDP kedokteran UGM

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan menyediakan beasiswa khusus untuk pendidikan Dokter Spesialis. Persyaratan utama untuk mendaftar beasiswa ini telah lulus S1 kedokteran dari Perguruan Tinggi terakreditasi BAN-PT dalam negeri. Pendanaan beasiswa ini teridiri atas biaya pendidikan (pendaftaran, SPP, non – SPP) dan biaya pendukung (transportasi, asuransi kesehatan dasar, biaya hidup bulanan, tunjangan keluarga). Salah satu PTN yang menerapkan program beasiswa ini adalah UGM.

Persyaratan: Usia maksimal 35 tahun dengan IPK minimal 3.00.

Beasiswa Prestasi UPH

Beasiswa kedokteran di Indonesia diberikan kepada calon mahasiswa kedokteran yang hendak melanjutkan studi Universitas Pelita Harapan, Tangerang. Persyaratannya berupa prestasi akademik siswa selama berada di sekolah (SMA jurusan IPA). Pendanaannya berupa biaya registrasi, biaya term dan kredit semester (selama 3 semester).

Beasiswa Paripurna untuk Bangsa UI

Salah satu beasiswa kedokteran di Indonesia ini berlaku bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Biasanya beasiswa ini hanya memiliki maksimal 5 kuota setiap tahun dan menjadikannya sebagai program beasiswa yang cukup prestisius di UI. Pendanaannya berupa tunjangan biaya hidup sebesar 12 juta rupiah per semester dan dana survey  terhadap pengembangan daerah asal penerima beasiswa (maksimal 5 juta rupiah).

Beasiswa Kedokteran UNAIR

Universitas Airlangga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa Fakultas kedokteran on going yang dananya berasal dari Dikti, perusahaan dan dana hibah. Beasiswa ini masuk dalam bantuan dana mahasiswa kurang mampu. Persyaratan untuk mendapatkan beasiswadi Fakultas Kedokteran adalah mahasiswa aktif dengan minum IPK 3.00.

Beasiswa Kedokteran Militer

Universitas Pertahanan menyediakan beasiswa kepada siswa kelas XII SMA jurusan IPA untuk melanjutkan studi S1 di kampus ini. Kuliah kedokteran di Universitas Pertahanan akan dilalui dengan pendidikan semi militer demi mencetak tenaga medis kompeten yang siap bekerja untuk pertahanan kesehatan nasional.  Pendanaan berupa tunjangan kuliah dan biaya hidup per bulan.

Beasiswa Kedokteran Atma Jaya

Unika Atma Jaya menyediakan beasiswa kedokteran di Indonesia bagi siswa/i SMA (jurusan IPA) untuk melanjutkan studi kedokteran di kampus ini. Pendanaan beasiswa ini berkisar dari 50% sampai 100% untuk biaya SPP, Biaya SKS dan Biaya Kuliah Pokok. Penerima beasiswa akan mendapatkan fasilitas dari program beasiswa ini selama 8 semester dengan tetap mengikuti perarturan yang keluar dari kantor beasiswa Atma Jaya. Persyaratan calon penerima beasiswa mencakup prestasi akademik, kesehatan tubuh dan mental serta berkelakuan baik di sekolah dengan membuktikan diri berupa rekomendasi dari Kepala Sekolah.

Beasiswa Kedokteran UII

Universitas Islam Indonesia menyediakan beasiswa Hafiz Al Quran kepada calon mahasiswa yang berasal dari SMA, SMK dan pesantren.  Salah satu program studi S1 yang mendapat pendanaan beasiswa adalah Kedokteran. Persyaratannya adalah berprestasi di sekolah serta berasal dari keluarga tidak mampu.  Pendanaan yang diperoleh penerima beasiswa kedokteran di Indonesia melalui kampus UII adalah pembiyaan kuliah secara penuh, pembebasan pembayaran Dana Catur Dharma serta tunjangan biaya hidup sebesar 450 ribu rupiah setiap bulan.

Program-program beasiswa di atas kemungkinan besar akan kembali dibuka pada tahun 2021 ini. Bagi kamu yang akan melanjutkan studi kedokteran,  harap selalu memantau berbagai informasi terkait baik melalui informasi di website kampus tujuan maupun pada laman sponsor beasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *