Program studi Political Science membekali para mahasiswanya dengan teori dan praktik politik. Para siswa di tuntut untuk terus melakukan riset dan terus bersikap kritis karena jurusan ini mengajarkan lebih banyak teori tentang bagaimana macam sistem politik yang ada di dunia.

Ilmu ini sendiri dikenal dengan kajian-kajian, seperti demokrasi, sistem politik, birokrasi, hak asasi manusia dan etika sosial politik. Jika memilih jurusan ini, kam harus bisa bersikap cerdas, tertata dan menggunakan ilmu untuk kepentingan rakyat.

Mengenal Political Science

Political Science seringkali merujuk pada keyakinan dan prinsip, serta bagaimana dampaknya pada masyarakat sosial. Ketika sebagian besar orang berasumsi bahwa politik bersumber pada pemerintahan. Pada kenyataannya, ada cakupan yang lebih luas dari politik yang dipelajari di perkuliahan.

Di sini, kamu akan belajar mengenai kebebasan berpolitik dan politik gender. Jurusan ini juga akan mengkaji gejala maupun fenomena sosial politik sehingga nantinya bisa menerapkan teori tersebut untuk menawarkan solusi dari masalah politik yang ada.

Jurusan ini tidak hanya mempelajari bagaimana politik di Indonesia, tapi juga politik di dunia.

Apa Saja yang Dipelajari?

Political Science secara garis besar mempelajari tentang teori, filsafat, ideologi, pemikiran hingga penerapan praktiknya. Umumnya, mata kuliah yang akan kamu temui di jurusan ini mencakup

  • Pengantar ilmu politik
  • Pengantar ilmu sosiologi
  • Metodologi ilmu politik
  • HAM dan perubahan politik
  • Hukum dan pembangunan
  • Perempuan politik
  • Nasionalisme dan resolusi konflik etnis
  • Politik kebijakan publik
  • Dan masih banyak lagi

Mengapa Political Science?

Bagi sebagian orang, memilih jurusan Political Science ketika kuliah adalah untuk mendapatkan peluang pekerjaan yang lebih banyak. Meski benar, jurusan ini membutuhkan minat yang kuat di bidang politik.

Perlu diketahui juga bahwa politik memiliki hubungan yang erat dengan jurusan lainnya seperti sejarah dan hukum. Kamu yang memiliki daya analisa cukup kuat bisa memilih jurusan ini ketika kuliah nanti.

Perkuliahan

Sebagian besar perkuliahan di Political Science membutuhkan waktu selama 3 tahun. Tidak seperti ilmu murni dan aplikasi lainnya, mayoritas perkuliahan dilakukan di kelas dan dinilai berdasarkan tugas tertulis serta ujian akhir semester. Di luar jam kuliah, kamu diharapkan mampu melakukan penelitian kritik politik yang akan menjadi dasar kepercayaan di dunia kerja nantinya.

Prospek Kerja dan Karir

Lulus dari jurusan ini, kamu akan akan memiliki peluang kerja yang sangat fleksibel. Kamu bisa bekerja dalam bidang politik sebagai politikus, anggota partai politik, atau bahkan anggota dewan.

Namun, kamu juga bisa masuk ke bidang akademis, seperti peneliti, dosen atau analis politik. Tidak tertarik dengan bidang-bidang yang disebutkan tersebut? Kamu tak perlu khawatir, kamu bisa memilih karir dalam bidang ekonomi, perbankan dan bisnis.

Kesimpulan

Program studi Political Science membekali para mahasiswanya dengan teori dan praktik politik. Jurusan ini juga akan mengkaji gejala maupun fenomena sosial politik sehingga nantinya bisa menerapkan teori tersebut untuk menawarkan solusi dari masalah politik yang ada.

Kamu akan memiliki peluang kerja yang cukup fleksibel jika memiliki ilmu politik ini. Kamu bisa berkarir di berbagai sektor karena memiliki dasar-dasar ilmu politik yang bisa digunakan di industri apapun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *