Beasiswa perguruan tinggi di Indonesia adalah sebuah bantuan finansial yang diserahkan kepada mahasiswa untuk digunakan bagi kelangsungan pendidikannya. Pemberian beasiswa bertujuan sebagai upaya pemerataan pendidikan dan agar para pemuda memiliki kesempatan mengenyam pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. 

Kini sudah banyak beasiswa yang ditawarkan baik bagi para mahasiswa maupun beasiswa kuliah untuk lulusan SMA. Program beasiswa tersebut bisa diselenggarakan oleh pemerintah, yayasan, maupun oleh perusahaan atau industri. Bagi Anda yang tertarik dan ingin mengetahui lebih lanjut beasiswa yang ada di perguruan tinggi, silahkan simak artikel berikut ini.

Program Beasiswa Perguruan Tinggi di Indonesia

Tidak dipungkiri bahwa kuliah pasti membutuhkan biaya yang cukup besar. Akan tetapi Anda tidak perlu cemas karena telah banyak jenis beasiswa perguruan tinggi di Indonesia yang bisa dimanfaatkan. Jenis pembiayaan dan lamanya pemberian beasiswa ini juga bermacam-macam. Berikut adalah beberapa jenis beasiswa yang ditawarkan di perguruan tinggi:

1. KIP Kuliah

KIP Kuliah berbeda dengan beasiswa 2020 untuk mahasiswa yang umumnya memiliki tujuan memberikan apresiasi bagi mahasiswa berprestasi. Program KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah bagi para lulusan SMA/SMK atau yang sederajat. Targetnya adalah para siswa yang berpotensi akademis baik namun memiliki keterbatasan dari segi ekonomi.

Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi bila ingin mendaftar dan mendapatkan KIP Kuliah sebagai beasiswa perguruan tinggi di Indonesia. Penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA atau SMK atau yang sederajat yang telah lulus pada tahun berjalan, atau maksimal telah lulus dua tahun sebelumnya.

Cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis KIP Kuliah adalah siswa harus memiliki potensi akademis baik namun memiliki keterbatasan dari segi ekonomi. Keterbatasan ekonomi bagi calon penerima KIP Kuliah ditunjukkan dengan kepemilikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) sebagai program bantuan pendidikan nasional, atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Apabila tidak memiliki KIP atau KKS, calon penerima tetap dapat mendaftar KIP Kuliah sebagai beasiswa perguruan tinggi di Indonesia. Syaratnya adalah melampirkan bukti keterbatasan secara ekonomi yang menunjukkan pendapatan kotor gabungan keluarga paling banyak Rp4.000.000,00 perbulan. Apabila dibagi dengan jumlah anggota keluarga, maka maksimal adalah Rp750.000,00 perbulan.

Pendaftaran KIP Kuliah untuk jalur SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri dilakukan secara online melalui situs resmi https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. Penerima KIP Kuliah akan dibebaskan dari biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi serta seleksi lain. Penerima KIP Kuliah juga bebas biaya kuliah dan mendapat bantuan biaya hidup yang disesuaikan dengan indeks harga lokal di wilayah universitas.

2. Beasiswa Djarum

Djarum Beasiswa Plus adalah beasiswa perguruan tinggi di Indonesia yang diselenggarakan oleh Djarum Foundation sejak tahun 1984. Beasiswa ini membidik para mahasiswa berprestasi dan memberikan dana beasiswa sebesar Rp750.000,00 per bulan selama satu tahun. Selain itu para penerima beasiswa juga mendapatkan aneka macam pelatihan untuk meningkatkan soft skill.

Calon penerima beasiswa Djarum adalah mahasiswa semester 4 program pendidikan Strata 1 atau Diploma 4 dari semua disiplin ilmu. Calon penerima memiliki IPK minimum 3,00 pada semester 3 dan mampu mempertahankannya hingga semester 4. Selain berprestasi secara akademis, calon penerima juga aktif dalam kegiatan organisasi, baik di kampus maupun di luar kampus.

3. Beasiswa BCA Finance

Beasiswa BCA Finance 2020 diselenggarakan untuk para mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia yang menempuh pendidikan Strata 1. Penerima beasiswa akan mendapat dana bantuan pendidikan sebesar Rp3.000.000,00 tiap semester yang akan diberikan hingga akhir perkuliahan di semester 8.

Syarat calon penerima beasiswa BCA Finance sebagai beasiswa perguruan tinggi di Indonesia minimal adalah mahasiswa semester 2 dan tidak lebih dari semester 8. Bagi mahasiswa PTN harus memiliki IPK minimal 3,20, untuk program IPS memiliki IPK minimal 3,00. Bagi mahasiswa PTS minimal memiliki IPK 3,40, untuk program IPS minimal 3,20.

Beasiswa BCA Finance ditujukan bagi mahasiswa berprestasi yang kurang mampu secara ekonomi. Oleh karena itu calon penerima harus melampirkan surat keterangan tidak mampu (SKTM) yang dikeluarkan oleh Kelurahan sesuai daerah asal KTP. Calon penerima juga tidak sedang menerima beasiswa dari tempat lain yang ditunjukkan oleh surat keterangan dari Fakultas masing-masing.

4. Beasiswa Bank Indonesia

Beasiswa Bank Indonesia juga diselenggarakan untuk para mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia yang menempuh pendidikan Strata 1. Penerima beasiswa tidak hanya mendapatkan dana bantuan pendidikan dan biaya hidup melainkan juga mendapat pelatihan yang berkala untuk meningkatkan kualitas.

Terdapat 2 macam skema beasiswa yang ditawarkan oleh Bank Indonesia, yaitu skema Reguler dan skema Unggulan. Mahasiswa penerima beasiswa skema regular akan mendapatkan dana bantuan sebesar Rp1.000.000,00 per bulan sedangkan skema Unggulan akan menerima dana bantuan pendidikan sebesar Rp1.500.000,00 per bulan.

Syarat penerima beasiswa Skema Reguler adalah mahasiswa yang telah menempuh minimal 40 sks atau duduk di semester 3. Calon penerima berasal dari keluarga yang tidak mampu secara ekonomi dan memiliki IPK minimal 3,00. Mahasiswa berusia kurang dari 23 tahun dan tidak sedang menerima beasiswa lsin atau menjalani ikatan dinas di tempat lain.

Adapun syarat penerima beasiswa skema Unggulan tentu lebih tinggi lagi. Calon penerima harus memiliki IPK minimal 3,50 dan skor TOEFL PBT/ITP minimal 500. Pendaftar beasiswa skema Unggulan harus melampirkan surat dalam Bahasa Inggris yang berisi motivasi dan rencana setelah menyelesaikan program studi sarjana.

Demikianlah 4 beasiswa perguruan tinggi di Indonesia yang populer dan sering dikejar oleh mahasiswa. Perlu kegigihan dan ketekunan agar dapat meraih nilai dan prestasi sebagai syarat untuk menjadi penerima beasiswa ini. Semoga artikel ini bermanfaat. Apabila ada hal yang kurang jelas silahkan menghubungi bagian kemahasiswaan universitas masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *